Isnin, 19 November 2012

Republika Online

Republika Online


Mau Tahu Karaktermu? Yuk, Intip Via Parfum Ini

Posted: 19 Nov 2012 02:19 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Parfum adalah sesuatu yang dapat memercikan aroma wangi bagi tubuh anda. Namun, tak banyak orang tahu ternyata parfum juga dapat membaca karakter seseorang. Hal tersebut terungkap dalam studi yang dilakukan Dr Alan Hirsch, ahli rasa dan aroma.

Penelitian ini dilakukan kepada sekitar 18 ribu orang. Para peneliti memberikan tes psikologi untuk mempelajari tipe kepribadian dan tingkat kesukaan makanan para peserta studi. Berdasarkan tingkat kesukaan makanan, peneliti dapat menentukan bau yang berkorelasi dengan kepribadian peserta studi.

Berikut adalah lima aroma parfum dan karakternya seperti dikutip dari menshealth:

1. Vanilla
Tim Dr Hirsch menemukan korelasi tarik-menarik antara aroma dan kepribadian. Misalnya, seorang bertipe flamboyan tak akan memakai aroma ini. ''Hanya orang-orang energik, selalu bahagia, dan tak pernah hambar yang memakai aroma vanila,'' katanya.

2. Rempah
''Aroma ini umumnya digunakan oleh seseorang yang ingin merasa diinginkan dan menyenangkan orang lain di dekatnya,'' kata Renee Bukowski, manajer produk senior untuk pengembangan Fragrance Tru. Sementara itu, Dr Hirsch mengatakan orang-orang yang menyukai aroma rempah-rempah umumnya suka kondisi aman, hubungan dekat, dan tak ingin menyakiti orang di sekitarnya.

3. Floral
Aroma floral akan memancarkan aura feminim seorang wanita. ''Wanita yang memakai aroma ini berarti dia memiliki sifat percaya diri, mandiri dan sedikit lebih canggih,'' kata Bukowski.

4. Segar
Penelitian Dr Hirsch menunjukkan aroma menyegarkan dapat ditemukan pada bedak bayi dan lavender. Orang yang memakai bau itu berarti lebih ambisius dan berorientasi prestasi. Aroma alami menyegarkan ini umumnya ditemukan pada Girl Next Door.

5. Buah-buahan
''Cara untuk mengambil hati pria adalah melalui aroma yang lebih hangat," kata Bukowski. Wanita yang menggunakan aroma ini biasanya menyenangkan, genit, dan santai.

Waspadai Tiga Penyakit Ini saat Banjir (2-Habis)

Posted: 19 Nov 2012 04:45 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Memasuki musim penghujan, ada beberapa penyakit yang patut diwaspadai masyarakat. Penyakit ini kerap menyerang mereka yang kebanyakan bermukim di wilayah berpotensi tinggi banjir.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama kepada Republika, Senin (19/11) mengatakan ada tiga penyakit yang patut diwaspadai saat banjir melanda. Berikut adalah lanjutannya:

3. Leptospirosis 

Penyakit lain yang mengancam saat banjir yakni leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri Leptospira. "Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis karena ditularkan melalui hewan," ucap Tjandra. 

Di Indonesia hewan penular utamanya adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya. Pada musim hujan terutama saat terjadi banjir, maka tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri. 

Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia dimana kotoran dan air kencingnya akan bercampur dengan air banjir tersebut. Tjandra mengatakan seseorang yang mempunyai luka, apabila luka tersebut terendam banjir yang sudah tercampur kencing tikus, maka berpotensi terinfeksi dan akan jatuh sakit. 

Dia menjelaskan langkah-langkah antisipasi untuk menghindari timbulnya penyakit leptospirosis yaitu  menekan dan hindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar dengan selalu menjaga kebersihan. Hindari juga bermain air saat terjadi banjir, terutama jika mempunyai luka.

"Gunakan sepatu apabila harus ke daerah banjir," katanya. Bila merasakan gejala panas tiba-tiba, sakit kepala dan menggigil, Tjandra menyarankan agar segera berobat ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan