Isnin, 12 November 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Israel Lancarkan Serangan Udara Balasan ke Gaza

Posted: 13 Nov 2012 04:30 AM PST

JERUSALEM, KOMPAS.com - Pesawat Israel tiga kali menyerang Jalur Gaza, Selasa (13/11) dini hari. Serangkaian serangan itu menghantam instalasi penyimpanan senjata serta dua lokasi peluncuran roket yang digunakan gerilyawan, kata militer di dalam satu pernyataan.

Saat krisis yang meningkat di Jalur Gaza memasuki hari kelima. Militer Israel menyatakan telah mengenai sasaran serangannya. Tak ada laporan mengenai korban jiwa dalam serangan tersebut, yang mengakibatkan ledakan keras. Israel memperingatkan akan melancarkan serangan keras terhadap gerilyawan Palestina yang meluncurkan roket ke dalam wilayah negara Yahudi itu.

Gerilyawan menyatakan pada Senin larut malam bahwa mereka siap bagi gencatan senjata tapi tak ada tanggapan dari Israel. Para pemimpin Hamas, faksi gerilyawan yang menguasai Jalur Gaza, bertemu dengan Jihad Islam dan kelompok lain serta menyatakan mereka akan menanggapi sejalan dengan cara Israel bertindak, rumus yang digunakan dalam pergolakan sebelumnya untuk menawarkan gencatan senjata.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dijadwalkan mengadakan pertemuan forum sembilan menteri senior, Selasa sore, untuk memutuskan jalur tindakan. Radio Israel menyatakan Netanyahu telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Ehud Barak dan Kepala Staf Militer Letnan Jenderal Benny Gantz pada Senin malam untuk mengajukan skenario serangan yang mungkin.

Ketegangan meningkat tajam pada Sabtu, ketika empat prajurit Israel yang berpatroli di perbatasan Israel-Jalur Gaza cedera. Israel menanggapi dengan tembakan tank dan serangan udara dan menewaskan enam orang Palestina, termasuk empat warga sipil, dan sedikitnya 30 orang lagi cedera. Militer Israel menyatakan gerilyawan Palestina telah menembakkan 12 roket pada Senin, dan sebanyak 119 roket telah diluncurkan sejak Sabtu.

Seorang pejabat Palestina, yang tak bersedia menyebutkan namanya, mengatakan Mesir telah berusaha menengahi gencatan senjata, dan kendati tak ada gencatan senjata resmi yang diberlakukan, Hamas memahami perlunya ketenangan.

Peluncuran roket pada Senin diklaim oleh beberapa kelompok lebih kecil, termasuk satu organisasi Salafi yang menolak pemerintahan Hamas.

Israel tak memperlihatkan keinginan besar bagi perang baru di Jalur Gaza, yang dapat membuat tegang hubungan dengan pemerintah baru Mesir. Kedua negara itu mencapai perdamaian pada 1979. Namun Netanyahu mungkin enggan untuk terlihat lemah sebelum pemilihan umum pada 22 Januari, sementara jajak pendapat saat ini meramalkan ia akan menang.

Editor :

Egidius Patnistik

Air Kencing Jadi Bahan Bakar Generator Listrik

Posted: 13 Nov 2012 04:16 AM PST

Air Kencing Jadi Bahan Bakar Generator Listrik

Selasa, 13 November 2012 | 12:16 WIB

Flicker

Remaja Afrika yang mengembangkan sebuah generator listrik yang dijalankan dengan menggunakan air kencing atau urine.

LAGOS, KOMPAS.com - Empat remaja Afrika mengembangkan sebuah generator listrik yang dijalankan dengan menggunakan air kencing atau urine. Quartet ilmuwan muda berbakat itu, yaitu Duro-Aina Adebola, Akindele Abiola dan Faleke Oluwatoyin yang berusia 14 tahun,  serta Bello Eniola berumur 15 tahun, melakukan debut untuk alat bertenaga air kencing itu di Maker Faire Afrika di Lagos, Nigeria, lapor CNET.

Blog milik Maker Faire meringkas cara kerja alat itu sebagai berikut: urine dimasukkan ke dalam sebuah elemen elektrolitik, yang memecahkan urea itu menjadi nitrogen, air, dan hidrogen. Hidrogen masuk ke sebuah filter air untuk proses pemurnian, yang kemudian akan didorong ke dalam tabung gas. Tabung gas itu mendorong hidrogen ke dalam silinder boraks cair, yang digunakan untuk menghilangkan kelembaban gas hidrogen. Gas hidrogen murni ini didorong ke generator... 1 liter urine menghasilkan listrik hingga 6 jam.

Dalam rangka mengurangi risiko ledakan terkait dengan hidrogen itu, tim menggunakan katup satu arah, meskipun CNET menunjukkan bahwa hal itu mungkin masih bisa berbahaya.

Generator listrik mengalami permintaan yang jauh lebih besar di Afrika ketimbang di Amerika Serikat, kata majalah Forbes. Meskipun menjadi pusat Nigeria dan kota terkaya, Lagos sering mengalami pemadaman listrik, lapor majalah Time.

Walaupun jelas inovatif, listrik dari air kencing mungkin tidak efisien dalam skala yang lebih besar, laporan NBC News. "Ini merupakan sebuah proyek sekolah menengah atas, jadi jangan menganggapnya (begitu serius)," kata Gerardine Botte, seorang insinyur kimia di Ohio University yang menemukan proses elektrolisis urea, kepada NBC.

Botte menyarankan para siswa itu "bekerja dengan seorang insinyur untuk memahami teknologi dan aplikasi yang sesuai, yang menurut pendapat dia, merupakan cara untuk membuat proses pengolahan air limbah jadi lebih hemat energi".

Editor :

Egidius Patnistik

Tiada ulasan:

Catat Ulasan