Jumaat, 19 Oktober 2012

Republika Online

Republika Online


Golkar: Wiyogo adalah Salah Satu Gubernur Terbaik

Posted: 19 Oct 2012 11:33 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1987-1992 Wiyogo Atmodarminto menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit MMC Jakarta, pada Jumat (19/10) sekitar pukul 20.15 WIB. Beliau wafat di usianya yang ke-86 tahun.

Dalam masa hidupnya, Wiyogo telah meyumbangkan perbaikan positif pembangunan Indonesia khusunya Jakarta. Sehingga, wafatnya memberikan kesan mendalam pada berbagai politisi, utamanya politisi Golkar.

Untuk itu, Ketua Umum PG Aburizal Bakrie (Ical) turut berduka cita atas meninggalnya kader Golkar tersebut. Menurut dia, Wiyogo adalah sosok seorang pria yang memiliki kepribadian sangat tenang dan dapat dijadikan pedoman sebagai Gubernur,

"Sebagai seorang gubernur, (ia) membumi  tidak merasa angkuh," ujarnya dalam Syukuran Ultah PG ke-48 di Kantor DPP Golkar Jakarta, Sabtu (20/10).

Begitu juga dengan Ketua DPP Golkar Priyo Budi Santoso yang merasa duka mendalam atas wafatnya Gubernur hebat di masanya (Wiyogo-read). Sebab, menurutnya almarhum adalah Gubernur yang sangat populer pada zamannya.

"Pak Wiyogo adalah Gubernur yang sangat populer di zamannya waktu itu, dia yang bisa dikatakan menjadi pelopor pembangunan di Jakarta," ungkapnya.

Terlebih kata dia, putra beliau Bambang Wiyogo adalah salah satu teman terdekatnya yang telah bekerja sama dengan menjadi Pengurus harian di MKGR. Sehingga, Priyo mengatakan bahwa dirinya akan ikut mesemayamkan almarhum di TMP Kalibata siang ini.

"Putra beliau adalah sahabat kami. Jadi, saya turut berduka cita dan akan ikut melayat dan ikut ke pemekaman jenazah beliau,"jelasnya. 

Letjen TNI (Purn) Wiyogo Atmodarminto, lahir di Yogyakarta. Pria yang akrab dipanggil Bang Wi ini kelahiran Yogyakarta, 22 November 1926. Ia meninggalkan seorang istri Rubby Neta, seorang putri Widya Artini, serta dua orang putra, Rubiyanto dan Bambang Atmanto.
 
Dia juga dikenal sebagai pemimpin yang terbuka dan disiplin. Di awal kepemimpinannya, dia memutuskan untuk menerapkan konsep BMW: Bersih, Manusiawi, berWibawa di Jakarta.

Wiyogo pernah menjadi Duta besar RI untuk Jepang. Dia juga pernah menjabat Panglima Kowilhan II (1981-1983) dan Panglima Kostrad antara 19 Januari 1978 hingga 1 Maret 1980. Dia merupakan salah satu pelaku sejarah pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta.

15 Travel Haji Khusus Terancam Dicabut Izinnya

Posted: 19 Oct 2012 11:33 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sebanyak 15 penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) terindikasi telah melakukan pelanggaran. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, menegaskan, PIHK yang terbukti melangar aturan akan dicabut izinnya.

''Saat ini, kami sedang menyelidiki dan melakukan pemeriksaan terhadap 15 PIHK yang terindikasi melakukan pelanggaran itu,'' ujar Anggito seusai menggelar rapat dengan asosiasi PIHK, yakni Himpuh dan Amphuri di Kantor Misi Haji Indonesia, Jumat (19/10) malam waktu Arab Saudi.

Menurut Anggito, ada tiga modus pelanggaran yang telah dilakukan PIHK nakal. Pertama, PIHK tidak menyetor atau lambat menyetorkan ongkos haji yang telah dibayarkan jamaah. Akibatnya, kata dia, jamaah tak bisa berangkat ke Tanah Suci. Tindakan PIHK tersebut sangat merugikan jamaah.

Kedua, papar dia, ada PIHK yang menawarkan dan menjanjikan haji non-kuota kepada calon jamaah. Namun, karena Kedutaan Arab Saudi di Jakarta mulai memperketat pemberian visa haji non-kuota, PIHK tersebut tak bisa memberangkatkan jamaahnya.

''Modus ketiga, ada biro travel haji dan umrah tak terdaftar di Kemenag yang beroperasi,'' ungkap Anggito. Ia menilai penyelenggaraan haji khusus sudah banyak yang menyimpang dari tujuan awal. Menurut dia, PIHK bertujuan melayani jamaah haji yang mampu untuk melaksanakan rukun Islam kelima.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan