Isnin, 1 Oktober 2012

detikcom

detikcom


Indonesia & Filipina Secara Khusus Bahas Laut China Selatan di PBB

Posted: 01 Oct 2012 01:23 PM PDT

Selasa, 02/10/2012 03:23 WIB

Indra Subagja - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

New York, Menlu Marty Natalegawa dan Menlu Filipina Albert Del Rosario bertemu di markas PBB. Dalam pertemuan bilateral itu, keduanya membahas Laut China Selatan.

"Berbicara panjang lebar soal Laut China Selatan," kata Marty usai pertemuan di Markas PBB di New York, AS, Senin (1/10/2012).

Marty juga membicarakan mengenai pengaturan draf Laut China Selatan dengan Del Rosario. Draf itu dibuat Indonesia untuk menjaga Laut China Selatan kondusif.

Sejumlah negara memang tengah bersengketa terkait wilayah di Laut China Selatan, antara lain China, Jepang, Filipina, dan Vietnam.

"Filipina akan mempelajari draf itu," jelas Marty.

Dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai KTT ASEAN yang akan digelar bulan mendatang. Selain itu dalam kesempatan itu Filipina juga menyampaikan terima kasihnya atas bantuan Indonesia dalam konflik di Selatan Filipina.

"Filipina menyampaikan apresiasinya," tutur Marty.

(ndr/mpr)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Kru KRI Dewaruci Sempat Umroh dalam Pelayaran Opsail 2012

Posted: 01 Oct 2012 01:07 PM PDT

Selasa, 02/10/2012 03:07 WIB

Khairul Ikhwan - detikNews

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Medan, Rute keliling dunia yang dilayari KRI Dewaruci membuat para kru juga berkesempatan singgah ke berbagai tempat. Dalam pelayaran Opsail 2012, para awak kapal pun melaksanakan umroh.

Salah seorang perwira kapal KRI Dewaruci Mayor (P) Suroto menyebutkan, di Jeddah, Saudi Arabia, kapal sempat sandar selama tiga hari. Momen itu pun dimanfaatkan untuk menjalankan ibadah umroh.

"Bergantian pergi umrohnya. Ada tiga kali keberangkatan ke Mekkah," kata Suroto, Senin (1/10/2012), usai sandar kapal di dermaga Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Perjalanan umroh itu, menjadi kenangan berkesan bagi awak kapal. Begitupun ada juga sedihnya, saat Lebaran tidak bersama keluarga, tetapi di negara orang.

KRI Dewaruci baru tiba di Belawan, setelah melakukan perjalanan keliling dunia selama 277 hari atau sekitar sembilan bulan. Kapal yang membawa 77 awak ini lego jangkar di Belawan selama tiga hari, untuk selanjutnya akan menuju Jakarta dan berlabuh di markasnya di Surabaya, Jawa Timur.

Kapal itu semula berangkat dari Surabaya, kemudian Jayapura, Kwajalein (USA), Honolulu (USA), San Diego (USA), Manzanillo (Mexico), Panama, New Orleans (USA), Miami (USA), Savannah (USA), New York (USA), Norfolk (USA), Baltimore (USA), Boston (USA).

Kemudian lanjut ke St John (Kanada), Porto (Portugal), Cadiz (Spanyol), Malta (Malta), Port Said (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Shalala (Oman), Colombo (Sri Langka), dan Belawan.

(rul/mpr)

Tutup
 Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

loadingSending your message

Message has successfully sent


Sponsored Link

Tiada ulasan:

Catat Ulasan