Selasa, 17 Julai 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Anwar Ibrahim: Indonesia Bisa Lepas Masa Lalu

Posted: 17 Jul 2012 06:03 AM PDT

JAKARTA - Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim menilai, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil dalam melangkah ke depan, serta melepaskan unsur-unsur yang tidak baik di masa lalu. Anwar pun mengingatkan, tidak mudah bagi sebuah negara untuk bergerak maju.

"Indonesia benar-benar bisa melepas masa lalu. Banyak upaya yang bisa dilakukan kita semua untuk melangkah lebih maju, namun hal itu sangat sulit dan tidak mudah dilakukan," ujar Anwar dalam The Strategic Review Forum, Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Anwar juga menceritakan banyak hal tentang proses politik di Malaysia yang diklaim menjadi penyebab masuknya Anwar ke dalam tahanan. Anwar pun mendambakan proses rekonsiliasi yang baik di negaranya dan pemilu yang jujur.

"Saya pernah ditahan dan mereka mengurung saya di 13 pintu baja. Saya yakin, dengan empati dan kasih sayang akan menciptakan Malaysia yang lebih aman, tentram dan damai," imbuhnya.

Selain itu, Anwar juga menyoroti masalah demonstrasi massal yang terjadi di Kuala Lumpur. Anwar menegaskan bahwa demonstrasi itu tidak ditujukan untuk menggulingkan pemerintahan. Sejauh ini, koalisi oposisi Malaysia hanya menginginkan proses pemilu yang adil.(rhs)

Thaksin: Yingluck Lebih Baik dari Saya

Posted: 17 Jul 2012 05:10 AM PDT

JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra menilai, peranan adiknya Yingluck di pemerintahan Thailand sangat baik. Thaksin pun menganggap adiknya lebih baik daripada dirinya.

"Sejauh ini dia sangat baik, dan lebih baik dari saya. Saya hanya insightclopedianya, bila dia membutuhkan konsultasi, dia bisa datang pada saya," ujar Thaksin di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Thaksin yang hidup dalam pengasingan juga terlihat pesimis dalam sikap Partai Demokrat Thailand dalam menyikapi rekonsiliasi nasional. Namun Thaksin siap mendesak setiap pihak di pemerintahan agar terus mendorong proses itu.

Selain berkomentar mengenai kiprah adiknya di pemerintahan. Pria yang digulingkan oleh militer itu juga berkomentar mengenai Indonesia.

"Saya cukup terkesan dengan bagaimana Indonesia berkembang. Perkembangan ekonomi, sosial,politik dan lainnya. Itu cukup mengesankan," imbuhnya.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan