Rabu, 2 Mei 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Usai Pesta Miras, Pria Ini Tewas di Lokasi Kerja

Posted: 02 May 2012 01:30 AM PDT

MALANG - Usai menggelar pesta minuman keras, Misbaqul Arif (31), warga Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tewas di tempatnya bekerja. Korban tewas diduga akibat mengonsumsi minuman keras jenis Trobas bersama enam orang temannya.

"Jasad korban ditemukan terbujur kaku di tempat pembuatan batu bata tempatnya bekerja," kata Kapolsek Gondanglegi, Kompol Badriyah, Rabu (2/5/2012).

Badriyah menjelaskan, dari pengakuan rekan korban, mereka menghabiskan tiga liter miras pada Selasa dinihari di pangkalan ojek yang tak jauh dari PT Pindad. Usai berpesta, mereka pulang ke rumah masing-masing, dan korban dibonceng oleh rekannya.

"Kata teman-temannya, korban sampai jatuh berulang kali ketika dalam perjalanan pulang hingga mengalami luka di kepala dan kaki," ujarnya.

Jasad korban kemudian dibawa ke RSSA Malang untuk menjalani autopsi.

(ris)

Trik Hemat Energi di Rumah Saat Musim Panas

Posted: 02 May 2012 01:29 AM PDT

BERKONTRIBUSI dalam menekan global warming dapat dilakukan dari agenda sehari-hari. Inilah beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan.

 
Menghemat listrik bukan saja menekan bujet bulanan Anda, tetapi turut serta dalam meminimalisir pemanasan global. Agar kebutuhan listrik di rumah Anda tetap terpenuhi tanpa memberikan imbas buruk pada lingkungan, lakukan tip-tip di bawah ini, seperti dilansir Womansday.

AC
 
Jika Anda memakai AC sentral, sewa ahli AC berlisensi untuk melakukan pemeriksaan pramusim. Ia akan melakukan pemeliharaan rutin yang dapat mencegah AC bermasalah di kemudian hari dan membuat tagihan listrik melambung. Setiap dua atau tiga tahun sekali, periksa pipa AC agar tidak terjadi kebocoran yang dapat menghemat listrik sebanyak 20 persen. Bersihkan filter sebulan sekali dan ganti setidaknya setiap tiga bulan. Untuk kamar ber-AC, bersihkan selang agar aliran udara dapat masuk banyak serta bersih atau mengganti filter setiap bulan.

Atur termostat Anda
 
Instal program termostat di rumah. Sewa petugas instalasi profesional jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri atau jika sistem termostat di rumah Anda sudah berusia lebih dari 10 tahun. Untuk penghematan, atur termostat Anda ke suhu 29-30 derajat Celcius jika Anda bepergian, 25-26 derajat Celsius saat Anda di rumah, dan 28 derajat Celcius saat Anda tidur.

Berhenti menggunakan oven
 
Menggunakan oven memang cara paling mudah untuk memasak makanan, namun juga dapat membuat dapur Anda menjadi panas. Pertimbangkan menggunakan microwave, oven toaster, atau slow cooker untuk memasak. Microwave, misalnya, menggunakan energi 80 persen lebih sedikit daripada oven dan tidak membuat dapur panas sama sekali. Jika Anda memanggang sesuatu, gunakan lampu oven untuk mengecek makanan Anda. Membuka pintu oven untuk mengecek makanan yang dipanggang dapat menurunkan suhu oven dan membuang energi lebih banyak.

Pasang kipas angin untuk bekerja
 
Kipas angin kualifikasi Energy Star dapat membuat udara 6-8 derajat lebih dingin pada kulit, sehingga Anda dapat menghemat uang dari pemakaian AC. Atur bilah kipas angin agar berputar berlawanan dengan arah jarum jam untuk mendorong udara ke arah Anda. Jalankan kipas hanya saat Anda ada di ruangan.

Blokir sinar matahari yang masuk


Solar film dapat memblokir panas sinar matahari yang masuk ke dalam rumah hingga 70 persen (99 persen sinar UV) tanpa menghalangi cahaya. Anda dapat menghemat biaya pendinginan sampai 30 persen dan menjaga furnitur Anda agar tidak memudar. Pilihan lain, gunakan gorden atau tirai untuk menutup jendela di siang hari. Untuk investasi jangka panjang, Anda dapat menanam pohon yang di depan jendela untuk menghalangi sinar matahari. (ind)
(tty)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan