Rabu, 2 Mei 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Gingrich Segera Umumkan Mundur dari Kampanye Presiden AS

Posted: 02 May 2012 06:18 AM PDT

WASHINGTON - Bakal calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Newt Gingrich, dikabarkan akan mengumumkan dirinya mundur dari pertarungan kampanye capres Partai Republik. Pengumuman ini akan dilakukannya di Virginia.


"Semua dari kita memiliki kewajiban untuk mengalahkan Barack Obama," ucap Gingrich dalam video yang dirilis, seperti dikutip Yahoo News, Rabu (2/5/2012). 


"Saya ingin pastikan kepada kalian, saya akan terus berusaha untuk melanjutkan perjuangan (di luar kampanye). Callista (istri Gingrich) dan saya akan selalu berdialog, berkampanye, berpidato dan berbuat apapun untuk membantu mengalahkan Barack Obama," jelas Gingrich tanpa menyebutkan kandidat Partai Republik lainnya, Mitt Romney.


Meskipun saat ini Mitt Romney secara resmi belum meraih suara delegasi yang ditentukan untuk menjadi kandidat presiden dari Partai Republik. Dirinya dapat dipastikan akan memenangkan pertarungan bakal calon Partai Republik ini beberapa pekan lalu, saat Rick Santorum mengumumkan mundur.


Namun Gingrich saat itu tetap bersikeras untuk melawan Romney, di saat kampanyenya makin tergerus oleh utang dan peluangnya untuk memenangkan kampanye terus menyentuh hampir angka nol.


"Ada banyak kelinci yang akhirnya bisa berlari lari kencang. Tetapi saya hanya kura-kura. Saya melangkah dengan hati-hati," jelasnya menyuarakan pesimistis atas kampanye kandidasi Partai Republik.


Dengan hilangnya Santorum dan kemungkinan Gingrich, peluang Romney untuk menjadi kandidat utama Presiden AS dari Partai Republik makin terbuka lebar. Kini Romney hanya dihadapkan pada lawan yang relatif lemah, Ron Paul.

(faj)

Dialog HAM RI-UE Bergulir Lagi

Posted: 02 May 2012 04:10 AM PDT

JAKARTA - Dialog tahunan Hak Asasi Manusia antara Indonesia dan Uni Eropa (UE) kembali berlangsung. Dialog yang untuk ketiga kalinya berlangsung ini, menggali nilai-nilai bersama antara Indonesia dan UE.


Delegasi Indonesia dalam dialog ini dipimpin oleh Direktur Jendral HAM, Kementerian Hukum dan HAM RI Prof. Dr Harkristuti Harkrisnowo. Sementara dari UE diwakili oleh Kepala Divisi HAM dari Dinas Luar Negeri UE Rolf Timans.


Dialog ini merupakan peluang berharga untuk bertukar pandangan mengenai berbagai isu HAM yang menjadi keprihatinan bersama. Penghargaan terhadap HAM dan nilai-nilai demokratis, ditegaskan dalam Perjanjian Kemitraan dan Kerjasama (PCA) UE-Indonesia yang telah ditandatangani pada tahun 2009. 


Sementara untuk bahasan dialog termasuk aspek non-diskriminasi, penghargaan atas hak kaum minoritas, hak-hak perempuan, kebebasan menyatakan pendapat dan kerja sama melalui program-program bantuan bilateral dan forum internasional utama seperti Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa.


"Pertukaran pandangan secara konstruktif dan terbuka yang menjadi karakteristik Dialog HAM UE-Indonesia mencerminkan nilai-nilai bersama yang menjadi dasar dari hubungan kita. Indonesia dan Uni Eropa secara bertahap membangun hubungan bermanfaat di bidang HAM," menurut Rolf Timans dalam keterangan pers Uni Eropa yang diterima Okezone, Rabu (2/5/2012).


"Hubungan itu didukung oleh proyek-proyek HAM yang sedang berlangsung maupun baru. Baik Indonesia maupun UE menghadapi tantangannya sendiri di bidang HAM, termasuk juga dalam hal memastikan kelompok agama minoritas maupun minoritas lainnya mendapatkan perlindungan hukum dan norma-norma sosial," imbuh Timans.


Timans menambahkan, dialog HAM merupakan perangkat penting untuk bertukar keahlian dan pengalaman mengenai isu-isu penting dalam penegakan HAM. Dialog ini sebelumnya telah didahului konsultasi dengan masyarakat sipil di Jakarta dan Brussels, Belgia.

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan