Khamis, 10 Mei 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Massa Gerakan Indonesia Tanpa FPI Geruduk Mabes Polri

Posted: 10 May 2012 12:47 AM PDT

JAKARTA - Puluhan orang yang menamakan dirinya Gerakan Indonesia Tanpa FPI Maraknya menggeruduk gedung Baharkam Mabes Polri. Mereka memprotes aksi kekerasan atas nama agama yang dilakukan oleh beberapa kelompok ormas keagamaan.

Gerakan ini juga mengkritisi lemahnya perlindungan hukum dari aparat kepolisian terhadap warga negaranya, yang merupakan sebuah cerminan buruk penegakan hukum dan HAM di Indonesia. Ormas keagamaan yang bersikap arogan ini berpotensi mengancam kebebasan beribadah dan berkeyakinan di Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 pada Pasal 28, 29 dan 30.

Gerakan ini mendeklarasikan diri melalui situs jejaring sosial Twitter, dengan akun yang diberi nama #IndonesiaTanpaFPI. Salah satu tokohnya, yakni Jajang C. Noer, mengkritisi pembubaran kegiatan diskusi Irshad Manji, tokoh Feminisme yang menerbitkan buku Allah, Liberty and Love yang digelar di Jakarta dan Yogyakarta.

"Orang-orang yang enggak bertanggung jawab justru orang-orang yang merasa bahwa orang yang berpendapa lain dan beda agama adalah ancaman dan tidak beriman, malah kafir. Mereka itu Forum Penghianat Indonesia, bukan hanya penghianat Islam," ujar Jajang kepada wartawan di depan gedung Baharkam Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (10/5/2012).

Gerakan Twitter ini telah mengumpulkan 1.210 orang dan menyampaikan somasi kepada kepolisian. Mereka menuntut selambat-lambatnya dua minggu semenjak hari ini, agar pihak kepolisian segera melakukan reformasi dalam tubuh internalnya serta menjalankan tugas sesuai fungsi yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

"Jika dalam dua minggu ke depan masih terjadi pembiaran atas kasus-kasus kekerasan dan intimidasi atas nama agama, maka kami akan menempuh jalur penuntutan hukum baik secara perdata maupun pidana," tegas Bagah, salah satu anggota gerakan tersebut.
(put)

Dahlan Iskan Tak Tertarik Jadi Presiden

Posted: 10 May 2012 12:44 AM PDT

Dahlan Iskan Tak Tertarik Jadi Presiden

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan hanya dapat menggerakan kedua tangannya saat ditanya wartawan soal persiapannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.  

"Saya itu ga punya partai, yang kedua saya ini Menteri BUMN jadi harus mengurusi perusahaan dan aset yang begitu besar. Saya harus kerja. kerja," kata Dahlan di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (10/5/2012).

Dahlan menuturkan dirinya sama sekali tidak tertarik dengan jabatan orang nomor satu di negeri ini.

"Kalau saya pikirkan itu nanti saya enggak kerja," tegasnya.

Ia juga membantah bahwa pernah ada tawaran soal pencalonannya untuk bertarung di pemilu presiden 2014 mendatang.

"Saya harus bekerja," pungkasnya sambil berlalu. 

Sebelumnya Partai Demokrat dikabarkan tengah melirik beberapa nama yang berasal dari luar internal partai untuk diusung dalam pemilu presiden 2014 mendatang. Salah satu Ketua DPP Partai Demokrat, Ikhsan Modjo membenarkan hal tersebut.

"Ya Pak Dahlan termasuk yang masuk dalam kriteria. Pak Dahlan, Sri Mulyani, Pak Mahfud juga masuk kriteria yang sedang ramai di masyarakat," ungkapnya

(crl)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan