Khamis, 6 Oktober 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Landasan Bandara Hasanuddin Diperpanjang

Posted: 06 Oct 2011 07:50 AM PDT

Infrastruktur

Landasan Bandara Hasanuddin Diperpanjang

Aswin Rizal Harahap | Nasru Alam Aziz | Kamis, 6 Oktober 2011 | 14:50 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — PT Angkasa Pura I akan memperpanjang landasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, dari 3.100 meter menjadi 3.500 meter. Hal tersebut dilakukan agar penerbangan langsung menuju Jeddah, Hongkong, dan Australia yang menggunakan pesawat Boeing 747 dan Airbus dapat dilakukan.

General Manager PT Angkasa Pura I Rachman Syarief mengemukakan, dengan landasan yang lebih panjang, jemaah haji asal Sulsel tidak lagi transit di Batam, Kepulauan Riau. Begitu pula tenaga kerja Indonesia dapat langsung menuju Hongkong.

Otoritas Bandara Sultan Hasanuddin, M Sidabutar, mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan langkah-langkah untuk pembebasan lahan di sekitar bandara. "Kami membutuhkan lahan seluas 2 hektar agar panjang landasan dapat ditambah 400 meter," ungkap Sidabutar, Kamis (6/10/2011).

Sidabutar menambahkan, proses penambahan panjang landasan akan didiskusikan lebih lanjut dengan PT Angkasa Pura I dan Dinas Perhubungan Sulsel. "Kami berharap Pemprov Sulsel membantu pembebasan lahan sehingga proses renovasi bisa segera dilakukan," katanya.

Jemaah Haji Kloter I Banjarmasin Berangkat

Posted: 06 Oct 2011 07:48 AM PDT

Haji

Jemaah Haji Kloter I Banjarmasin Berangkat

Defri Werdiono | Marcus Suprihadi | Kamis, 6 Oktober 2011 | 14:48 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Sebanyak 325 anggota jemaah calon haji, pendamping, dan tenaga medis asal Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang masuk dalam kelompok terbang pertama, Kamis (6/10/2011), diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru.

Pelepasan jemaah calon haji dilakukan oleh Gubernur Kalsel Rudy Arifin di Asrama Haji Banjarmasin sekitar pukul 14.30. Para anggota jemaah akan diterbangkan sekitar pukul 16.30 dengan pesawat Garuda Indonesia.

Tahun ini, jumlah anggota jemaah calon haji asal Kalsel mencapai 4.046 orang yang terbagi dalam 16 kloter. Jemaah sisanya yang masuk kloter 17 akan digabung dengan daerah lain. Usia anggota jemaah tertua mencapai 95 tahun dan termuda 19 tahun. Sebelumnya ada lima calon jemaah yang diinformasikan berumur 111 tahun, tetapi mereka tidak melunasi pembayaran.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan