Selasa, 4 Oktober 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Pekan ini upacara adat "tunggul wulung" Sleman

Posted: 03 Oct 2011 11:45 PM PDT

Air suci tersebut kemudian diarak dan disemayamkan di Balai Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir,"

Berita Terkait

Video

Sleman (ANTARA News) - Masyarakat Dusun Tengahan, Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali akan menggelar Upacara Adat "Tunggul Wulung", Jumat 7 Oktober 2011.

"Prosesi Upacara Adat `Tunggul Wulung` diawali pada pukul 14.30 WIB dengan kirab prajurit dan pusaka dari Balai Desa Sendangagung, Minggir menuju rumah juru kunci Makam Ki Ageng Tunggul Wulung sejauh kurang lebih dua kilometer," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Wasita, Selasa.

Menurut dia rangkaian Upacara Adat "Tunggul Wulung" mulai digelar sehari sebelumnya yakni pada Kamis 6 Juli 2011 pukul 20.00 WIB dengan pagelaran "uyon-uyon" dari warga masyarakat setempat, dilanjutkan dengan kirab pengambilan air suci dari Sendang Beji.

"Air suci tersebut kemudian diarak dan disemayamkan di Balai Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir," kata Wasita.

Ia mengatakan, pada Jumat 7 Oktober pukul 13.00 WIB dilakukan persiapan upacara adat, yaitu  prajurit melakukan pamitan kepada juru kunci menuju ke Balai Desa Sendangagung untuk mengambil air suci yang akan dikirab.

"Kirab akan dimulai dari Balai Desa Sendangagung menuju rumah juru kunci dilanjutkan ke petilasan Ki Ageng Tunggul Wulung. Selesai ritual kemudian dilanjutkan dengan seni tayub `Sontet Kawilujengan`," katanya.

Wasita mengatakan, pada malam harinya dilaksanakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon "Sri Mulih" oleh dalang Ki Sucipto Bawono.

"Upacara Adat Tunggul Wulung dilatarbelakangi legenda Ki Ageng Tunggul Wulung pada waktu Kerajaan Majapahit mengalami masa surut," kata Wasita.
(V001)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Elizabeth Hurley bertunangan

Posted: 03 Oct 2011 07:49 PM PDT

Aktris dan model Inggris Elizabeth Hurley bertunangan dengan mantan pemain kriket Australia Shane Warne (Reuters)

Berita Terkait

Los Angeles (ANTARA News) - Aktris dan model Inggris Elizabeth Hurley bertunangan dengan mantan pemain kriket Australia Shane Warne. Pasangan itu mengkonfirmasi pertunangan mereka melalui akun Twitter.

Elizabeth diambil gambarnya oleh harian Inggris, sedang memakai cincin pertunangan pada Sabtu (1/10) dalam turnamen golf Dunhill Links Championship di Skotlandia. Shane ikut dalam turnamen tersebut.

Elizabeth (46 dan Shane (42) mengucapkan terima kasih kepada orang yang mengucapkan selamat pada Sabtu melalui Twitter dan Shane pada Ahad mentweet ia mengajukan pinangan "secara pribadi" dan itu "sangat romantis".

Pasangan tersebut berkencan secara diam-diam sejak penghujung 2010, setelah Elizabeth berpisah dari suaminya selama empat tahun, penguasa tekstil India Arun Nayar. Mereka bercerai pada Juni.

Aktris "Gossip Girl" itu terkenal karena mengencani aktor Inggris Hugh Grant selama lebih dari 10 tahun, dan juga memiliki putra dari hubungan sebelumnya dengan produser film Steve Bing.

Shane, mantan bintang kriket internasional dan ahli pelempar bola berputar, sudah bercerai dari pasangannya dan memiliki tiga anak.
(C003)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan