Sabtu, 11 Jun 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Gaji TKI di Malaysia Harus di Atas 600 Ringgit

Posted: 11 Jun 2011 10:50 PM PDT

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meminta agar gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia harus diatas 600 Ringgit.
 
Muhaimin mengatakan, Pelaksana Pengiriman TKI Swasta (PPTKIS) tidak boleh asal mengirimkan tenaga kerja ke Malaysia dengan gaji yang rendah. Tidak boleh juga menerapkan pengiriman dengan azas gaji rendah daripada menganggur di dalam negeri. Saat ini gaji TKI di negeri jiran tersebut berkisar 600 Ringgit.
 
 "600 Ringgit itu setara dengan Rp1,8 namun harus dinaikkan menjadi 700 Ringgit. Kalau masih memakai 600 Ringgit itu adalah hal yang paling memalukan," katanya di gedung Kemenakertrans, Minggu (12/6/2011).
 
Dia meminta agar seluruh PPTKIS khusus TKI ke Malaysia agar kompak meminta kenaikan gaji ini kepada agensi di Malaysia. Pasalnya, pemerintah Indonesia tidak dapat menyatakan sikap tersebut ke pemerintah Malaysia karena tidak ada peraturan gaji minimal bagi pekerja asing di negara itu.
 
Para TKI tersebut sebelum berangkat juga harus membaca kontrak dengan teliti sehingga tidak ada pemotongan. Selain itu untuk menghindari pungutan, maka gaji wajib ditransfer melalui bank.  "Harus kompak mendorong kenaikan gaji itu sehingga ada rasa bangga TKI kita digaji dengan layak. Kami juga mendorong agar gaji di Saudi naik menjadi 1200 Real," tegas Muhaimin.
 
Lebih lanjut, Muhaimin mengatakan pemerintah akan membuka kembali pengiriman TKI ke Malaysia paling lambat akhir bulan ini. Saat ini lembaganya masih menunggu kesiapan sistem dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), kesiapan dan kesepakatan antar PPTKIS yang intinya mensejahterakan TKI serta rapat dengan KBRI di Malaysia.   
 
Diketahui, pada 30 Mei lalu di Gedung Sate Bandung amandemen nota kesepahaman tentang Penempatan dan Perlindungan TKI domestic worker di Malaysia telah ditandatangani. Penandatanganan ini dilakukan Menakertrans Muhaimin Iskandar dan Menteri Sumber Manusia Malaysia, Datuk DR. S Subramaniam.
 
Beberapa perubahan yang telah disepakati ialah adanya satu hari libur dalam sepekan, paspor tidak ditahan majikan, pembayaran gaji melalui perbankan, dan cost structure. MoU juga mewajibkan para agensi untuk mengurus TKI yang kabur dari majikan. Namun, jika kabur karena pelanggaran hukum dan HAM maka gugus tugas bersama kedua negara yang akan mengurusnya. 
 
Secara terpisah anggota Komisi IX DPR Chusnuniah mengatakan, pengiriman gaji TKI akan diatur secara khusus pada draf revisi UU No 39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri. "Proses pengiriman harus diawasi dari pihak-pihak yang ingin ikut campur dalam pengurusannya," katanya.
 
Sementara Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Jasa TKI (Apjati) Rusdi Basalamah mendukung upaya Muhaimin untuk menaikan gaji TKI tersebut. Pasalnya, kenaikan itu sesuai dengan standar hidup yang layak di negara penempatan. "Oleh karena itu semua pihak harus mendorong upaya Menakertrans agar cepat terealisasi," jelasnya.
 
Rusdi mengatakan, tidak hanya di Malaysia yang harus dinaikkan namun juga di negara lain seperti Saudi Arabia harus juga mendapat perhatian.

(Neneng Zubaidah/Koran SI/abe)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Video Asusila Mirip Pak Bupati Tersebar

Posted: 11 Jun 2011 10:20 PM PDT

AMBON - Video mesum yang diduga pelakunya mirip salah seorang bupati di Maluku ini beredar luas di masyarakat. video berdurasi satu menit empat puluh dua detik ini sebetulnya terdengar dari mulut ke mulut beberapa bulan lalu. Namun baru beredar secara terbuka di masyarakat melalui telpon genggam dalam beberapa hari terakhir ini.
 
Adegan panas pasangan wanita yang wajahnya mirip dengan salah seorang pegawai negeri sipil yang pertugas di Pemkab Seram bagian barat Maluku. Sementara pelaku pria mirip dengan wajah Bupati Seram bagian barat.
 
Dalam video ini pasangan wanita sengaja merekam hubungan mereka dengan telepon genggam. Namun pasangan laki -laki tidak melarang wanita ini merekam hubungan intim ini.
 
Pelaku adegan mesum yang diduga mirip dengan seorang bupati Jacobus Putileyhalat ini terlihat dari cincin yang terlilit di jari manisnya sebelah kiri.
 
Menurut warga, isu soal video mesum ini sebenarnya sudah lama terdengar baik di Kabupaten Seram bagian barat maupun wilayah lainnya di Maluku.
 
Namun , video ini mulai beredar dan menghebohkan warga setelah Bupati Seram bagian barat terpilih kembali dalam Pilkada Seram bagian barat Mei lalu. Hingga kini, baik bupati maupun tim suksesnya belum bisa dihubungi soal video panas tersebut.
 
Saat ini sang Bupati sedang menjalani sidang di Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pemilukada Kabupaten Seram bagian barat yang dimenangkan kembali olehnya.

(Insyani/SUN TV/teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan