Sabtu, 16 April 2011

Republika Online

Republika Online


Radioaktif di Laut Jepang Meningkat Tajam

Posted: 16 Apr 2011 10:54 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Jumlah kandungan radioaktif dalam air laut pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima I Jepang dari Jumat malam sampai Sabtu meningkat secara signifikan. Demikian kantor berita Kyodo Jepang berdasarkan informasi TEPCO.

Hal tersebut menunjukkan kemungkinan terjadinya kebocoran baru, kata pemerintah Jepang.
Jumlah partikel yodium radioaktif meningkat menjadi 260 becquerel per centimeter kubik, 6500 kali jumlah yang diizinkan dan lebih dari enam kali lipat  dibandingkan sehari sebelumnya.

Pada Jumat terukur empat kali lipat cesium. Menurut pakar nuklir Amerika Michio Kaku kemungkinan terjadi kebocoran bahan radioaktif dari sentral.

Gangguan sedikit saja bisa menyebabkan pelelehan, yang lebih parah dari bencana Chernobyl. "Singkatnya, kita menantikan bom waktu." demikian kata profesor yang berhubungan dengan sejumlah universitas Amerika.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Dua Tersangka Pembunuh Relawan Italia di Gaza Dibekuk

Posted: 16 Apr 2011 10:42 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA - Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Nasional Palestina mengatakan bahwa investigasi kasus pembunuhan relawan Italia di Gaza, Vittorio Arrigoni, terus dilakukan.

"Aparat keamanan telah menangkap dua tersangka dan kini mereka ditahan guna kepentingan penyelidikan. Aparat keamanan juga akan terus mengejar sisa kelompok yang terlibat dalam pembunuhan itu," demikian pernyataan kementerian tersebut, Sabtu (16/4).

Kepala Pemerintah Palestina di Gaza Ismail Haniyah menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pencarian terhadap Arrigoni sejak saat pertama kali ia diculik. Bahkan ia juga mengeluarkan perintah tegas untuk menjamin pembebasannya sesegera mungkin.

"Namun pembunuhan ini menunjukkan bahwa para pelaku kejahatan tanpa menunggu gencatan senjata yang mereka deklarasikan, telah berniat melakukan pembunuhan berencana," kata Haniyah.

Selama percakapan melalui sambungan telepon dengan ibu relawan Italia itu, Haniyah berjanji akan memburu semua pelaku dan membawa mereka ke pengadilan di Palestina secepat mungkin. Ia juga mengucapkan belasungkawa atas nama pemerintah dan rakyat Palestina kepada ibu korban, dan menekankan bahwa Gaza adalah tempat aman bagi semua warga dan tamu negara.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen