Ahad, 13 Februari 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Komnas HAM Bertemu TPM & Pelaku Penyerangan

Posted: 13 Feb 2011 11:10 PM PST

JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terus berupaya mengungkap kejahatan HAM di Cikeusik, Banten. Kali ini, mereka akan menggelar pertemuan dengan Tim Pembela Muslim (TPM) yang tak lain menjadi kuasa hukum para tersangka.  
"Kita akan rapat, dan sudah dijadwalkan untuk bertemu Mahendradatta (TPM). Kita akan bicarakan secepatnya," ujar Anggota Komnas HAM, Ridha Saleh, kepada wartawan di kantornya, Senin (14/2/2011).
 
Selain bertemu TPM, pihaknya juga akan mendengarkan keterangan dari pihak yang dituding sebagai pelaku kekerasan. Namun, Komnas HAM belum akan memeriksa para korban. "Kalau ada kaitannya baru kita periksa," tandas Rida.
 
Komnas HAM juga enggan menanggapi komentar Mantan Kapolda Banten Brigjen Polisi Agus Kusnadi yang mengaku tak mendapatkan laporan dari anak buahnya soal insiden Cikeusik.
 
"Itu versi mereka, biarkan saja. Kita harus lihat masalah ini secara proporsional," tukasnya.
 
Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli mengatakan tersangka insiden penyerangan jamaah Ahmadiyah di Cikeusik Pandeglang, Banten, Jawa Barat bertambah tiga orang.
 
"Sudah delapan tersangka, dalam pemeriksaan sejak kemarin. Kami berharap ada perkembangan hasil pemerksaan," ucapnya di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo No.1, Jakarta Selatan, Senin (14/2/2011).
 
Saat ini pihak kepolisian telah menahan tiga orang tersangka, sementara yang lima masih dilakukan pemeriksaan secara intensif.
 
"Tersangka yang dilakukan penahanan totalnya jadi tiga ya, dari lima tersangka dan kemudian penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap tiga tersangka lainnya. Di luar yang lima jika penyidik berkesimpulan alat bukti cukup akan dilakukan penahanan," ungkapnya.
 
(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

12 Warga Ahmadiyah Dipindah ke Lokasi Rahasia

Posted: 13 Feb 2011 11:07 PM PST

PANDEGLANG - Kapolres Pandeglang AKBP Edy Suseno memerintahkan anggotanya untuk memindahkan 12 anggota jamaah Ahmadiyah yang sempat tinggal di musalah Mapolres Pandeglang.

Warga Desa Umbulan, Cikeusik, ini dipindah ke sebuah lokasi yang masih dirahasiakan untuk alasan keamanan.

Edy menjamin lokasi penampungan mereka layak dan memiliki fasilitas layaknya rumah sendiri. Mereka mendapat air bersih, bisa mencuci, serta kebutuhan campuran susu formula untik anak balita.

Nayati, salah seorang warga Ahmadyah saat dihubungi, Senin (14/2/2011) mengatakan, penampungan saat ini lebih nyaman karena mirip rumah mereka sendiri.

Meski demikian, Nayati mengaku tetap ingin pulang ke rumah dan hidup seperti normal. Namun keinginan nayati terkendala kondisi yang belum aman.

Sementara itu kasus penyerangan terhadap warga Ahmadiyah kini ditangani Polda Banten. Meski demikian Edy mengaku pihaknya masih fokus menyelidiki kelompok penyerang yang berjumlah ratusan orang itu.
(Iskandar Nasution/RCTI/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan