Rabu, 12 Jun 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Demonstrasi Sambut Rencana Pertemuan G8

Posted: 12 Jun 2013 05:02 AM PDT

Queen visits the BBC

2013/06/10 WIB

The BBC gets a royal visitor. Queen Elizabeth officially opens the BBC's new headquarters.

Sepenggal Kisah Bisnis & HAM di Kolombia

Posted: 12 Jun 2013 04:21 AM PDT

DUNIA

Rabu, 12 Juni 2013 18:21 wib

Aulia Akbar - Okezone

JAKARTA - Mantan Pelapor Khusus untuk HAM dan Bisnis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) John G. Ruggie bercerita mengenai  praktik investasi dari salah satu perusahaan yang berinvestasi di Kolombia. Perusahaan itu kerap menyewa jasa militer untuk mengamankan asetnya, namun keputusan itu justru menimbulkan pelanggaran HAM.

"Perusahaan besar itu menyewa pasukan Kolombia untuk mengamankan aset-aset mereka. Muncul pula reaksi masyarakat mengenai kebijakan perusahaan ini, dan timbulah bentrokan yang cukup serius," ujar Ruggie, dalam kuliah umum UN Guiding Principles on Business and Human Right, di Kemlu RI, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Ruggie sebelumnya mengimbau, sebuah perusahaan yang menanamkan modalnya di suatu negara harus menjamin hak masyarakat sekitar dengan baik. Mereka pun akhirnya mulai menyadari hal itu dan sepakat untuk mengubah sikapnya.

Lewat proses-proses dialog, perusahaan tersebut mulai menjalankan sejumlah program pelatihan HAM kepada pasukan-pasukan Kolombia agar mereka memahami nilai-nilai kemanusiaan. Program pelatihan itu diikuti oleh para pejabat tinggi militer Kolombia.

Dalam program tersebut, pasukan diimbau agar tidak melepaskan tembakan ke arah demonstran. Mereka juga diajarkan cara berhadapan dengan sekerumunan warga yang berunjuk rasa.

Seperti diketahui, Ruggie sempat mengatakan negara memiliki kewajiban untuk menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warganya sendiri. Apapun harus mereka lakukan, termasuk di antaranya adalah mengatur regulasi investasi bagi suatu perusahaan agar tidak merugikan warga.

Pada awal kuliah umumnya, Ruggie pun menegaskan, tidak akan pernah ada pasar tunggal yang berhasil tanpa adanya perhatian pada masyarakat setempat. Warga juga harus merasakan hasil dari investasi perusahaan itu. (ade)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Tiada ulasan:

Catat Ulasan