Rabu, 12 Jun 2013

Republika Online

Republika Online


Israel Terus Merangsek ke Tepi Barat, Rencanakan Perumahan Baru

Posted: 12 Jun 2013 11:22 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM--Israel benar-benar memenuhi ucapanya untuk meneruskan penggusuran dan pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat sebagai balasan atas sikap Palestina maju menjadi anggota pengamat PBB.

Israel kini sedang mengupayakan persetujuan untuk membangun ratusan rumah bagi pemukim di utara permukiman Itamar dan Bruchin di Tepi Barat, kata laporan media Israel pada Kamis (13/6).

Surat kabar Jerusalem Post mengatakan pemerintah berencana membangun 538 rumah baru di Itamar dan melegalkan 137 unit yang ada diserahkan kepada otoritas perencanaan daerah pada pekan ini. Harian Haaretz menyebut angka 537 dan 130 dalam laporannya.

Keputusan itu menimbulkan pernyataan "keprihatinan" dari kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton.

Upaya pembangunan permukan terkini terjadi pada saat Amerika Serikat bekerja untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdamaian aktif antara Israel dan Palestina di mana pembangunan permukiman Israel menjadi masalah utama.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah diperkirakan akan mengunjungi Israel dan para pemimpin Palestina pekan ini, tetapi Departemen Luar Negeri mengatakan dia menunda perjalanan untuk fokus pada pembicaraan tentang Suriah.

Para pejabat AS bersikeras Kerry tetap sepenuhnya terlibat dalam upaya itu, dan mengatakan bahwa ia berencana untuk menjadwal ulang perjalanannya sesegera mungkin.

Hanya saja menteri luar negeri AS telah memperingatkan bahwa dia tidak siap untuk membuat perjalanan sia-sia. Karea itu ia mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu serta Presiden Palestina Mahmud Abbas membuat "keputusan-keputusan sulit itu" yang dibutuhkan guna memulai kembali pembicaraan perdamaian yang dibekukan sejak 2010.

Cara Mudah Bersihkan Noda di Dapur

Posted: 12 Jun 2013 11:12 PM PDT

Kamis, 13 Juni 2013, 13:12 WIB

amin madani/republika

REPUBLIKA.CO.ID, Sampah dan peralatan kotor. Itu yang sering kita hadapi saat mengakhiri kerja di dapur. Acapkali kita tak punya cukup kesabaran untuk membersihkan peralatan dapur sebersih-bersihnya. Alhasil, noda-noda akan berakumulasi semakin banyak yang membuat penampilan alat-alat dapur menjadi kumuh. Berikut beberapa tips seputar membersihkan peralatan dapur dari noda, utamanya dari air dan telur yang biasanya membandel seperti dilansir situs hintsandthings:

* Jangan gunakan air panas untuk membersihkan sisa telur atau susu pada panci. Mengapa? Air panas bisa 'memasak' bahan-bahan ini dan malah membuatnya menempel pada panci. Jalan keluarnya, lebih baik Anda mencuci dengan air keran yang dingin sebelum digosok dengan sabun.

* Permukaan lantai atau apapun yang terkena telur pecah akan ternoda. Sebab, putih telur dalam waktu singkat akan menempel pada permukaan tersebut. Untuk mempermudah membersihkannya, segera taburkan garam di atasnya, tinggalkan beberapa menit. Garam yang ditaburkan itu akan memperkeras telur dan mempermudah kita untuk membersihkannya.

* Penampilan panci aluminium akan berantakan begitu banyak noda yang menempel. Air seringkali menyebabkan panci atau teko aluminium dipenuhi warna putih. Noda ini bisa dibersihkan dengan merebus tomat di dalamnya.

* Nah, bagaimana untuk mencegah noda putih dari air pada panci setelah memasak puding, telur, dan lain-lain? Anda bisa membubuhkan sedikit cuka pada air saat mencucinya. 

Harta itu lezat dan manis, siapa yang menerimanya dengan hati bersih, ia akan mendapat berkah dari hartanya tersebut(HR Muslim)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan