Sabtu, 8 Jun 2013

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


PVMBG evaluasi Gunung Lokon selama sebulan

Posted: 08 Jun 2013 07:35 AM PDT

Manado (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badang Geologi Bandung, akan mengevaluasi aktivitas vulkanik Gunung Lokon, di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, selama satu bulan.

"Evaluasi ini bisa saja dalam kaitannya untuk menurunkan status dari siaga level III menjadi waspada level II," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Farid Ruskanda Bina, Sabtu.

Untuk saat ini menurut dia, sebagaimana arahan Kepala PVMBG Badan Geologi Bandung, Surono, statusnya belum diturunkan.

Farid menjelaskan, aktivitas vulkanik Gunung Lokon semakin menurun meskipun tremor masih terus terekam setelah sempat beraktivitas terakhir kalinya 4 Mei lalu.

"Kalaupun ada material vulkanik yang naik, kemungkinan akan membentuk sumbat lava. Namun setelah terbentuk sumbat lava dan ada energi besar yang bisa mendorongnya, material tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk letusan," jelasnya.

"Karena itu data perkembangan setiap enam jam, kami laporkan ke Bandung. Mudah-mudahan aktivitasnya akan terus menurun," katanya.

Status Gunung Lokon dinaikkan menjadi awas level IV pada 10 Juli 2011, kemudian kembali diturunkan menjadi siaga level III pada 27 Juli beberapa hari kemudian.

Status siaga ini kemudian dipertahankan PVMBG hingga sekarang karena masih terjadi letusan.
(KR-KAP/M031)

Kapolri angkat Brigjen Satriya sebagai Kapolda Jambi

Posted: 08 Jun 2013 07:30 AM PDT

Jambi (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo telah menunjuk Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya menjadi Kapolda Jambi yang baru mengantikan pejabat lama Brigjen Pol Ade Husen Kartadipura yang mendapat jabatan baru di Lemdikpol Polri.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, di Jambi, Sabtu membenarkan telah terjadi mutasi besar-besaran di tubuh Polri termasuk pergantian Kapolda Jambi.

Sedikitnya ada 10 Kapolda yang diganti, termasuk Kapolda Jambi, Brigjen Pol Ade Husen Kartadipura.

Kapolda Jambi yang baru akan dijabat oleh Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya, yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Renmin Bareskrim Mabes Polri.

Sementara itu Brigjen Pol Ade Husen Kartadipura, selanjutnya akan ditugaskan dan mendapat tempat menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

"Rencananya sertijab akan dilaksanakan 12 Juni 2013 di Mabes Polri," kata Almansyah.

Sementara itu sebelumnya beberapa orang pejabat utama di lingkungan Polda Jambi juga sudah dimutasi, seperti Direktur Reserse Kriminal Umum dan Direktur Reserse Narkoba.

Beberapa orang Kapolres juga ikut diganti, di antaranya Kapolresta Jambi dan Kapolres Merangin.
(N009/E003)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan