Selasa, 11 Disember 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Berantas Serangga, Burung Pipit Gunakan Rokok

Posted: 11 Dec 2012 05:19 AM PST

MEKSIKO - Para peneliti di Meksiko mulai mengamati sarang burung pipit yang dipenuhi dengan banyaknya puntung rokok. Mereka pun berkesimpulan bahwa koloni burung-burung itu sengaja menaruh rokok di sarangnya untuk mengusir serangga.
 
Nikotin dan sejumlah bahan kimia lainnya ternyata sanggup menjadi suatu zat yang menyerupai pestisida. Dan saat ini, banyak burung-burung pipit di Meksiko yang sarangnya dipenuhi dengan rokok.
 
Burung itu akan selamat dari invasi serangga bila mereka menaruh rokok dalam jumlah yang banyak di sarangnya. Di samping itu, puntung rokok juga bisa menjadi isolasi untuk memperkuat sarang burung tersebut.
 
Salah seorang peneliti dari National Autonomous University di Meksiko menulis jurnal mengenai biologi. Mereka pun mulai membahas aktivitas burung-burung pipit itu yang sering mengumpulkan rokok.
 
Menurut hasil dari pengamatan mereka, ada sekira 10 puntung rokok yang tertancap di sarang burung yang terletak di pohon. Selain berguna sebagai pengusir serangga, puntung rokok itu juga bisa menghangatkan tubuh burung-burung itu. Demikian, seperti diberitakan Orange, Selasa (11/12/2012).
 
(AUL)

Israel: Sikap Eropa terhadap Kami seperti Era Holocaust

Posted: 11 Dec 2012 04:04 AM PST

YERUSALEM - Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengkritisi Uni Eropa atas sikap diamnya terhadap ucapan Pemimpin Hamas Khaled Meshal yang menyuarakan kehancuran Israel. Lieberman menilai, sikap Eropa sama seperti di era Holocaust.

Lieberman menuduh Uni Eropa tidak memperdulikan keamanan Israel dan tidak mengecam ucapan Meshal. Israel menganggap Uni Eropa sudah menampar wajahnya sendiri atas peristiwa itu.

"Sekali lagi, Eropa mengabaikan seruan tentang kehancuran Israel. Kita sudah melihat sikap yang sama pada akhir dekade 1930an dan awal dekade 1940an, ketika Eropa mengetahui peristiwa yang terjadi di kamp konsentrasi dan mereka tidak melakukan apa-apa," ujar Lieberman, seperti dikutip EU Business, Selasa (11/12/2012).

"Ketika warga Yahudi dikorbankan, kalian (Eropa) harus mengatakan pada diri kalian sendiri, siapa yang akan menjadi korban selanjutnya. Di Toulouse (penembakkan Yahudi Prancis), teroris itu membunuh bocah Yahudi dan seorang pasukan Prancis," imbuhnya.

Lieberman juga mengkritisi Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang tidak mengkritisi ucapan Meshal dan justru memilih rekonsilasi Fatah dan Hamas. Kritik itu dilontarkan Lieberman usai Uni Eropa mengecam proyek pembangunan pemukiman Israel.

Selain Lieberman, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu juga merasa kecewa karena komunitas internasional tidak mengecam Hamas. Bahkan Netanyahu mengatakan, dunia ini sudah menerapkan kebijakan standar ganda terhadap Israel.

"Minggu ini pemimpin Hamas datang ke Gaza, Pria yang memuja Osama bin Laden tersebut berkata akan menghancurkan Israel dalam kunjungannya itu. Mana kecaman dunia? Mana resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hamas?," ujar Netanyahu.

"Kenapa negara-negara Eropa tidak memanggil Duta Besar Palestina untuk memberikan protes resmi," tambah pria yang sering dipanggil Bibi itu.(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan