Selasa, 11 Disember 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


China damprat Korea Utara atas peluncuran roketnya

Posted: 11 Dec 2012 09:10 PM PST

Lokasi uji nuklir dekat Punggye-ri di Korea Utara tertangkap kamera satelit DigitalGlobe yang diambil Minggu (1/4) lalu dan diperoleh Reuters, Selasa (10/4). Korea Utara yang terisolasi dan miskin mengatakan mereka siap untuk melanjutkan usulan peluncuran roket jarak jauh, sebuah pernyataan yang menimbulkan kutukan segera dar Korsel dan Rusia dan permohonan dari Cina, sekutu utama mereka untuk tetap tenang. (REUTERS/DigitalGlobe/Handout)

... Pyongyang harus ... mematuhi resolusi-resolusi terkait Dewan Keamanan PBB... "

Berita Terkait

Beijing (ANTARA News) - China pada Rabu menuntut Korea Utara mematuhi resolusi PBB tentang penggunaan peluru kendali balistik. Korea Selatan juga mengecam keras aksi Korea Utara itu. 
China, sebagai sesama negara komunis, selama ini memberi banyak bantuan kepada Korea Utara. Namun tidak pelak, peluncuran roket berisikan satelit Unha-3 itu membuat Beijing gerah. 

"Pyongyang harus ... mematuhi resolusi-resolusi terkait Dewan Keamanan PBB ... yang menuntut Korea Utara tidak melakukan suatu peluncuran dengan menggunakan teknologi rudal balistik, dan mendesak untuk menangguhkan semua kegiatan berhubungan program rudal balistik," kata Xinhua, dalam satu komentar.

Bagi Seoul, peluncuran roket Korea Utara pelanggaran mencolok dari resolusi PBB dan ancaman bagi stabilitas di semenanjung Korea serta dunia pada umumnya.

"Pemerintah kami sangat mengutuk Korea Utara, bersama dengan masyarakat internasional, karena mengabaikan peringatan berulang-ulang dan permintaan untuk membatalkan peluncuran serta melakukannya dengan provokasi," kata Menteri Luar Negeri Kim Sung-hwan.

(H-AK)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Korea Selatan kecam keras roket Korea Utara

Posted: 11 Dec 2012 09:04 PM PST

Seorang tentara berjaga di depan roket Unha-3 (Bima Sakti 3) di atas landasan di Situs Peluncuran Satelit Laut Barat, di sebelah barat laut Pyongyang, Korea Utara, Minggu (8/4). Korea Utara telah siap meluncurkan roket dari lembah hutan di daerah terpencil di barat laut minggu ini yang akan menunjukkan kemampuan negara tertutup itu untuk meluncurkan rudal dengan kapasitas untuk menghantam Amerika Serikat. (REUTERS/Bobby Yip)

... Korea Utara akan semakin dikucilkan di percaturan dunia... "

Berita Terkait

Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan mengecam keras peluncuran roket Korea Utara, yang Seoul nyatakan sebagai pelanggaran mencolok terhadap resolusi-resolusi PBB serta mengancam kestabilan di Semenanjung Korea serta dunia secara keseluruhan.

"Pemerintahan kami, bersama masyarakat internasional, mengecam keras Korea Utara karena mengabaikan peringatan dan permintaan yang telah berulangkali diutarakan untuk membatalkan peluncuran serta tindakan-tindakan yang memprovokasi," kata Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kim Sung-hwan, kepada para wartawan.

Ia mengatakan peluncuran itu adalah "pelanggaran nyata" terhadap resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang uji coba peluru kendali balistik.

Kim memperingatkan, "Korea Utara akan semakin dikucilkan di percaturan dunia." 

Ia mendesak negara miskin itu untuk mengalihkan sumber dayanya yang sedikit itu dari pembangunan nuklir dan peluru kendali menuju penekanan upaya meningkatkan standar hidup warganya.

Sambil bersumpah bahwa Korea Utara harus mempertanggungjawabkan tindakannya, Kim mengatakan, Seoul akan bekerja sama secara erat dengan masyarakat internasional untuk mengambil "langkah-langkah yang sesuai".

(T008/C003)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan