Isnin, 31 Disember 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Biak pesta kembang api masuki Tahun Baru 2013

Posted: 31 Dec 2012 07:32 AM PST

Pulau Biak (ANTARA/Indriani)

Berita Terkait

Biak (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Biak Numfor, Papua, Senin pukul 24.00 WIT melakukan pesta kembang api bersama serta membunyikan petasan untuk menyambut malam pergantian tahun baru 1 Januari 2013 yang dipusatkan di kawasan Jalan Imam Bonjol dan jalan Selat Makassar Distrik Biak Kota.

Acara pesta kembang api menyambut pergantian tahun baru 2013 di Kabupaten Biak Numfor berlangsung meriah karena menghadirkan tiga artis ibukota Neta Yolanda KDI, Fairuz Arafiq serta Galih Ginanjar yang dipelopori Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Biak.

Tepat pukul 00.00 WIT suara petasan, terompet, lonceng gereja dibunyikan serentak dan berbagai jenis kembang api dilepas ke udara sebagai tanda masuknya waktu pergantian tahun baru 1 Januari 2013.

Seratusan aparat Kepolisian Resort Biak, sejak pukul 20.00 WIT telah dikerahkan untuk menjaga pengamanan area tempat acara pesta warga Biak untuk penyambutan tahun baru 2013 di sepanjang Jalan protokol Imam Bonjol.

Beberapa warga Biak, dari anak-anak, remaja hingga orang tua berkumpul menyatu di arena tempat acara panggung hiburan menyambut malam pergantian tahun baru 2013 dengan mendengarkan berbagai alunan lagu dilantumkan tiga artis ibukota Neta Yolanda KDI, Fairuz Arafiq dan Galih Ginanjar.

Ketua Granat Biak Nehemia Wospakrik mengakui, pesta hiburan rakyat digelar Granat untuk menghibur masyarakat Biak dalam rangka menyambut malam pergantian tahun baru 1 Januari 2013.

"Artis ibukota Fairuz Arafiq dan kawan-kawan tampil di malam pergantian tahun baru 1 Januari 2013 diharapkan bisa memberikan hiburan kepada masyarakat di kota Biak," harap ketua Granat Nehemia Wospakrik.

Hingga Selasa dini pukul 00.05 WIT aktivitas warga kota Biak sekitarnya tampak masih ramai di berbagai tempat sedang melakukan pesta kembang api untuk melepas kepergian tahun 2012 serta menyambut kedatangan tahun 2013.

Bahkan, perkantoran pemerintah, satuan TNI/Polri serta cafe dan rumah-rumah penduduk membunyikan beraneka petasan dan pengeras suara menyambut malam pergantian tahun baru 2013,

Suasana kota Biak tampak meriah dan cuaca cerah sehingga mendukung kelancaran warga Biak menyambut malam pergantian tahun 2013.

(M039)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Gubernur Maluku pimpin pesta kembang api

Posted: 31 Dec 2012 07:17 AM PST

Dokumen foto pesta kembang api malam Natal 2012 di Kota Ambon. (ANTARA/Embong Salampessy)

"Ini merupakan yang terakhir kali dirayakan Gubernur Karel Albert Ralahalu."

Berita Terkait

Ambon (ANTARA News) - Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, memimpin pesta kembang api pada perayaan malam Tahun Baru 2013 bersama ribuan warga di Ambon, Senin malam hingga hingga Selasa dinihari.

"Pesta kembang api tahun baru ini merupakan yang terakhir kali dirayakan Gubernur Karel Albert Ralahalu selama masa kepemimpinannya 2008-2013," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Senin.

Menurut Louhenapessy, sebenarnya pesta kembang api tidak akan dilakukan pada tahun ini berkaitan dengan keprihatinan terhadap berbagai kondisi sosial yang melanda masyarakat Maluku.

Namun, ia mengemukakan, saat rapat koordinasi pada Senin (31/12) Gubernur Ralahalu meminta sendiri untuk digelar pesta kembang pada malam pergantian tahun sebagai wujud kebersamaannya bersama masyarakat yang terakhir kali di masa kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff.

"Saya ingin merayakan malam pergantian tahun 2012 ke 2013 dengan seluruh masyarakat di Ambon. Jadi gelar saja pesta kembang api sebagai wujud kebersamaan saya dan Wagub Said Assagaff bersama masyarakat di Maluku," ujar Louhenapessy, meniru permintaan Ralahalu.

Oleh karena itu, pihak Pemerintah Kota Ambon langsung berkoodinasi dengan berbagai komponen, termasuk tokoh agama, Panglima Komando Daerah Patimura, dan Kepaka Kepolisian Daerah (Kapolda) guna menyiapkan panggung hiburan yang dimulai pukul 22.00 WIT dengan puncak pesta kembang api pada pukul 00.01 WIT.

Menyangkut masalah keamanan di sekitar lokasi perayaan diserahkan sepenuhnya kepada Polda Maluku dibantu Kodam XVI/Pattimura.

Polda Maluku juga menjadikan kantor Polsek Sirimau atau Pos Kota sebagai pusat pengendali operasi malam pergantian tahun dan dipimpin langsung Kapolda Maluku, Brigjen Pol Mutiono. dan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Suharwiyono.

Panggung hiburan yang menampilkan sejumlah artis asal kota Ambon tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya.

"Jadi silakan saja datang ke lapangan Merdeka untuk menyaksikan panggung hiburan sekaligus menyaksikan pesta kembang api spektakuler saat pergantian tahun tanpa perlu merasa takut karena situasi dan kondisi keamanan semakin kondusif," ujarnya.

Richard menambahkan, dirinya bersama Gubernur Ralahalu, Wagub Said Assagaff, Wakil Wali Kota Sam Latukonsina didampingi tokoh agama dan Pangdam Patimura serta Kapolda Maluku bersiap meniup terompet bersama-sama menandai pergantian tahun di Ambon pukul 00.01 WIT.
(T.KR-JA/E005)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan