Jumaat, 16 November 2012

Republika Online

Republika Online


Hati-hati dengan Antibiotik

Posted: 16 Nov 2012 04:30 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Banyak orangtua, demi menjaga kesehatan anaknya, memberikan antibiotik untuk dikonsumsi si buah hati. Misalnya untuk menjaga tubuh anak dari ancaman flu dan batuk.

Antibiotik memang berfungsi menekan perkembangan bakteri jahat dalam tubuh. Namun, tahukah anda terlalu sering mengonsumsi antibiotik justru menyebabkan efek negatif bagi tubuh.

Ahli dari Health Protection Agency, Dame Sally Davies, menyarankan seseorang sebaiknya berhenti menggunakan antibiotik untuk mengatasi penyakit karena infeksi ringan. Misalnya untuk menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, sinusitis, hingga sakit telinga.

"Pasien harus berhenti menggunakan antibiotik untuk penyakit-penyakit tersebut," kata Davies, dikutip dari the Guardian, Sabtu (17/11). Kebanyakan orang justru bisa sembuh dari penyakit-penyaki ringan tersebut tanpa perlu mengonsumsi antibiotik.

Ahli mikrobiologi dari Health Protection Agency, Cliodna McNulty, juga menyarankan mengurangi penggunaan antibiotik. Sebab, pasien justru lebih banyak meninggal akibat prosedur medis yang rutin.

Inilah Buah-buahan yang Membangkitkan Tenaga

Posted: 16 Nov 2012 08:30 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Tubuh yang lemah, letih dan lesu tentunya dapat mengganggu aktivitas anda. Nah, anda perlu membangkitkannya melalui konsumsi makanan berenergi. Berikut adalah tujuh buah yang dapat membangkitkan energi seperti dikutip dari Times of India, Jumat (16/11):

1. Pisang
Pisang merupakan sumber karbohidrat. Tak hanya itu, makanan kesukaan monyet ini juga berada di peringkat teratas sebagai buah pembangkit energi. Tak heran, jika sebelum berolahraga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

2. Semangka
Buah ini kaya akan vitamin C yang dapat menambah semangat hidup anda. Kandungan airnya yang tinggi juga membuat tubuh anda terasa lebih fresh layaknya sebuah oasis di tengah padang pasir.

3. Apel
Apel merupakan sumber energi yang bersifat perlahan untuk dilepaskan. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin C, B dan potasium yang dapat membangkitkan energi.

4. Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C dan sumber energi bagi tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung fosfor, mineral dan serat yang sangat menyehatkan tubuh.

5. Pepaya
Buah ini dapat meningkatkan imunitas, membangkitkan energi dan bersifat anti-inflamasi.

6. Mangga
Mangga adalah rajanya buah-buahan. Buah ini kaya akan vitamin B, C, kalsium, kalium, seng, folat dan proteins. Tak hanya itu, buah ini juga sebagai sumber energi.

7. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah kaya akan lemak baik. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin, mineral, antioksidan. Alpukat sedikitnya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral. Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini juga kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), vitamin C dan dapat membangkitkan energi anda.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan