Jumaat, 16 November 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Petani Siap Musim Tanam

Posted: 16 Nov 2012 08:14 AM PST

Petani Siap Musim Tanam

Penulis : Erwin Edhi Prasetyo | Jumat, 16 November 2012 | 16:14 WIB

MERAUKE, KOMPAS.com -  Para petani mulai menyiapkan lahan sawah untuk menghadapi awal masa tanam padi musim rendengan tahun 2012/2013 di Kabupaten Merauke, Papua. Petani berharap masa tanam musim rendegan akan memberikan hasil memuaskan seperti pada masa tanam gadu dan musim rendengan sebelumnya.

Sugiyanto, petani yang juga pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Merauke mengungkapkan, persiapan lahan sudah mulai dilakukan dengan membersihkan sisa panen musim gadu . Ia memperkirakan awal masa tanam akan dimulai Desember-Januari. Pihaknya berharap masa tanam musim rendengan nanti akan memperoleh hasil yang baik seperti dua masa tanam sebelumya.

Menurut Sugiyanto, pada musim gadu mampu meraih hasil panen mencapai 100 sak gabah kering panen di lahan seluas 2 hektar. Kualitas beras bagus. "Harga beras juga cukup stabil Rp 6.100-6.300 per kg tergantung kualitas dan jenisnya," ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merauke Bambang Dwiatmoko, produksi padi pada masa tanam musim gadu di Merauke berkisar 4 - 4,7 ton gabah kering panen per hektar. Luas luas penan gadu mencapai 13.000 hektar atau diatas target yang ditetapkan yaitu 10.249 ha.

 

Tim Mawardi-Herson Klaim Kemenangan

Posted: 16 Nov 2012 08:08 AM PST

Pilkada Kapuas

Tim Mawardi-Herson Klaim Kemenangan

Penulis : Dwi Bayu Radius | Jumat, 16 November 2012 | 16:08 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Tim kampanye pasangan calon kepala daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah yang mengusung Muhammad Mawardi-Herson Barthel, mengklaim kemenangan. Klaim itu berdasarkan penghitungan yang tercantum pada formulir C1 atau rekapitulasi di tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Edy Fahriansyah, ketua Tim Kampanye Pasangan Calon Kepala Daerah Kapuas Muhammad Mawardi-Herson Barthel Aden saat dihubungi dari Palangkaraya, Kalteng, Jumat (16/11/2012), penghitungan dilakukan berdasarkan pesan singkat melalui telepon seluler yang dikirimkan para saksi di TPS.

Penghitungan kami sudah final dari semua TPS di Kapuas yang tersebar di 891 lokasi. "Berdasarkan penghitungan, kami unggul," ujarnya. Edy menjelaskan, Mawardi-Herson mendapatkan 76.486 suara. Sementara, perolehan suara kedua terbanyak yang diperoleh pasangan lain, lebih kurang 72.000 suara.

Namun Edy tak menjelaskan pasangan kepala daerah yang dimaksud. Ia menyatakan tidak mengurus pasangan lain. Pasangan calon bupati dan wakil bupati lain yang mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kapuas yakni Ben Brahim S Bahat-Muhajirin dan Surya Dharma-Taufiqurahman.

Edy tak mengetahui pasti jumlah pemilih pada Pilkada Kapuas yang memberikan suaranya, namun lebih kurang sebanyak 160.000 orang. Hingga pengumuman hasil penghitungan suara yang akan dilakukan antara tanggal 18-21 November 2012, tutur Edy, pihaknya berharap kondisi tetap berlangsung aman.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan