Sabtu, 6 Oktober 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Gembong Teroris "Bom Sepatu" Segera Diadili

Posted: 05 Oct 2012 09:29 PM PDT

WASHINGTON - Amerika Serikat akan segera mengadili gembong teroris Hamza al-Masri. Sosok yang radikal ini, memiliki catatan kejahatan yang cukup panjang.

Hamza merupakan tokoh yang kontroversi sebab penampilannya seperti bajak laut. Salah satu matanya tidak berfungsi dan dia tidak memiliki tangan. Tangannya itu digantikan dengan cungkil yang biasa digunakan ikon bajak laut.

Pengadilan ini merupakan penantian panjang setelah dia ditahan selama delapan tahun. "Ini merupakan sebuah perjalanan yang panjang, di mana semuanya memiliki kepentingan dengan Hamza. Dia akan segera diberangkatkan secepatnya untuk diberangkatkan ke Amerika lalu akan segera di adili di sana," ujar salah satu pejabat Inggris, kepada ABC News, seperti dikutip Sabtu (6/10/2012).

Pria yang dikenal dengan julukan si bom sepatu ini ditangkap oleh Pemerintah Inggris pada 2004. Dia dituding terkait dengan jaringan Al Qaeda dan Taliban. Dia dituduh sebagai pendiri kamp pelatihan teroris di Oregon. Hamza juga diduga memberikan dukungan material kepada Al Qaeda dan Taliban.

Dia yang berkewarganegaraan Amerika ini lalu dikembalikan ke Negeri Paman sam melalui mekanisme ekstradisi oleh pengadilan dan Pemerintah Inggris.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan