Rabu, 31 Oktober 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


China Anggap Patroli Sekitar Senkaku Wajar

Posted: 31 Oct 2012 06:05 AM PDT

BEIJING – Pemerintah China menganggap kebijakannya untuk melakukan patroli rutin di sekitar wilayah kepulauan Senkaku adalah tindakan wajar. Pulau tersebut selama ini menjadi sengketa antara China dengan Jepang.

"Hal tersebut adalah aktivitas normal yang dilakukan pemerintah untuk menegakkan hukum di wilayah itu. Tidak ada yang pelu dikritisi," Ujar Juru bicara kementerian Luar Negeri China Hong Lei, seperti dikutip ABC News, Rabu (31/10/2012).

Pernyataan tersebut disampaikan setelah kapal patroli China sempat bentrok dengan kapal patroli Jepang di wilayah Kepulauan Senkaku. Kedua pihak saling merasa mereka berada di wilayahnya dan terjadi insiden kecil diantara dua kapal tersebut.

Hampir bersamaan dengan pernyataan jubir kemlu tersebut, China mengumumkan bahwa angkatan lautnya akan melakukan latihan disekitar perairan Pasifik Barat. Latihan tersebut akan diikuti setidaknya tujuh kapal dan satu kapal berjenis destroyer.

Pengamat melihat latihan tersebut lebih merupakan upaya China untuk memperlihatkan kemampuan militernya. Hal tersebut tidak ditujukan secara langsung kepada Jepang berkaitan dengan sengketa di Senkaku.(faj)

23 Tewas Tersengat Listrik di Pesta Pernikahan

Posted: 31 Oct 2012 05:23 AM PDT

RIYADH - Tembakan perayaan di saat perayaan pesta pernikahan mengubah perayaan bahagia itu menjadi bencana. Salah satu tembakan ternyata mengenai kabel listrik dan menyebabkan beberapa tamu undangan tersambar aliran listrik.

"Kabel listrik tersebut jatuh ke sebuah pintu besi dan 23 orang tewas akibat tersengat listrik," ujar petugas polisi Abdullah Khashman, seperti dikutip Telegraph, Rabu (31/10/2012).

Sebuah foto usai kejadian itu menunjukkan, sebuah ruangan besar dengan kursi yang berserakan karena tamu undangan berupaya berlari menyelamatkan diri. Sebuah tiang penyangga kabel, tampak roboh akibat tembakan yang dilepaskan oleh beberapa pria.

"Mereka yang terbunuh berasal dari suku yang sama. 30 orang lainnya terluka dalam insiden di dekat Abqaiq ini," imbuh Khashman.

Selama ini Pemerintah Arab Saudi sudah melarang tembakan saat pesta pernikahan. Umumnya, tembakan ke udara memang bisa dilakukan oleh suku-suku yang ada di Arab Saudi, bukan hanya pada perayaan pernikahaan tetapi juga peristiwa penting lainnya.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan