Sabtu, 15 September 2012

Republika Online

Republika Online


Cegah Osteoporosis, Inilah Cara yang Mudah

Posted: 14 Sep 2012 07:58 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, ''Pencegahan terbaik adalah yang dilakukan sedini mungkin,'' tegas dokter Siti Annisa Nuhonni SpRM K. Pencegahan osteoporosis terbaik adalah sejak dari kandungan ibu. Seorang ibu harus cukup kalsium sebagai bahan bangunan untuk membentuk tulang.

Tapi jika seorang bayi sudah dilahirkan dan disusui, ibunya pun harus banyak makan kalsium, karena dia harus bagi untuk dirinya dan bayinya melalui ASI. Namun jika Anda tidak melakukan pencegahan osteoporosis sejak dini, bukan berarti tidak ada harapan lagi. Annisa memberikan tips yang pastinya akan sangat membantu. Jika dilaksanakan dengan konsisten, tips di bawah ini pasti akan membantu pencegahan osteoporosis. 

* Kalsium 

Cukupi asupan kalsium, yang merupakan bahan bangunan tulang. Kalsium bisa diperoleh dari susu. Jika tidak menyukai susu, bisa mengonsumsi susu dari bahan kemasan lain seperti yoghurt, keju, atau es krim yang mengandung susu. Banyak remaja tidak menyukai susu karena khawatir gemuk. Asupan kalsium bisa juga diperoleh dari kalsium berbentuk tablet. Beberapa orang menjadi sakit perut karena minum susu. Sebenarnya yang ditolak bukan kalsium tapi proteinnya. Jadi lebih baik perkecil dosis atau encerkan susu. Perlu juga diingat, protein yang keluar dari dalam tubuh akan menggandeng kalsium. 

* Hidup aktif 

Yang dimaksud aktif adalah bergerak. Bergerak tidak selalu harus mengikuti senam. Tapi juga bisa berupa jalan kaki atau melakukan permainan-permainan yang aktif. Permainan seperti galah asin, engklek, dan lompat tali sebenarnya sangat bagus karena merupakan stimulan. 

* Obat steroid 

Hindari obat-obatan yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis seperti obat-obatan steroid maupun obat untuk asma. Kalau Anda harus mengonsumsi obat itu, konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Konsumsi obat-obatan steroid terlalu banyak akan mengakibatkan pengeroposan tulang. Biasanya dokter memang mempertimbangkan kemungkinan ini. Tapi langkah terbaik tentu dengan mencegah munculnya osteoporosis. 

* Sinar matahari 

Berjemur di bawah sinar matahari penting sekali. Sinar matahari dengan ultravioletnya, akan mengubah provitamin D di bawah kulit menjadi provitamin D3 yang sangat penting untuk metabolisme kalsium. 

* Kebiasaan buruk 

Hindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol, merokok, dan minum minuman bersoda. Remaja banyak yang mengonsumsi minuman bersoda. Sebaiknya kurangi minuman bersoda karena akan mempengaruhi asupan kalsium. 

Bayi Sulit Makan? Ini Dia Masalahnya (2)

Posted: 14 Sep 2012 07:44 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Memberi makan pada bayi ternyata tidak selalu gampang. Mungkin ada ibu yang tidak menemui masalah berarti dalam memberi makan bayinya. Tapi sebaliknya, ada ibu lain yang menemui banyak kesulitan. Untuk membantu Anda, simak saja paparan tentang lima masalah makan pada bayi berikut tips mengatasinya. 

Hari ini banyak makan, besok sebaliknya 

Anak-anak berusia 12 bulan hingga tiga tahun banyak mengalami hal ini. Jika anak Anda pun demikian, tak perlu terlampau cemas. Sebab, dibanding orang dewasa, anak-anak justru memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memonitor rasa lapar. Tak seperti orang dewasa yang segera akan makan begitu ada makanan di depan matanya, tak demikian halnya dengan anak-anak. 

Ketika merasa tidak tertarik dan tidak lapar, ia tak akan melahap makanan yang disajikan. Napsu makan yang tidak tentu (fluktuatif) ini umumnya akan membaik seiring dengan bertambahnya usia. Jadi Anda tak perlu merisaukan hal ini. Karena itu pula, Anda tak perlu memaksa-maksa si anak untuk makan kalau ia sedang tak berselera. 

O ya, Anda perlu tahu juga bahwa napsu makan anak bisa juga dipengaruhi oleh kebiasaan minumnya. ''Terlalu banyak minum susu atau jus juga bisa mengurangi napsu makan anak,'' kata Kathleen Zelman, ahli gizi dari American Dietetic Association. Jadi, kalau anak Anda termasuk gemar minum jus buah, jangan biarkan ia minum jus sepanjang hari. Batasi hanya dua atau tiga kali sehari. Upaya pembatasan ini mungkin tak selalu gampang. 

Untuk mengakalinya, coba saja encerkan minuman jusnya dengan menambahkan air putih. Lakukan terus, sampai ia terbiasa untuk minum air putih kapan pun merasa haus. Bagaimana dengan susu? Tentu saja ini minuman yang baik dan bergizi buat si kecil. Tapi ingat, pemberian susu ini hendaknya tidak sampai mematikan napsu makan si anak. 

Pilih-pilih makanan 

Kadang-kadang, anak pun punya beberapa makanan favorit. Begitu favoritnya, sampai-sampai ia tak mau makan yang lain. Pada orang dewasa, terpaku hanya pada satu jenis makanan selama berbulan-bulan tentu sangat membosankan. Tapi pada anak-anak, menikmati makanan kegemarannya setiap hari justru akan mendatangkan rasa aman dan nyaman. ''Bersikukuh pada satu jenis makanan dan menolak yang lainnya juga merupakan cara anak-anak untuk menegaskan posisinya pada orangtua,'' kata Zelman. 

Jika anak Anda pun demikian, berusahalah untuk tidak bersikap berlebihan. Hindari memaksa atau memarahinya. Tapi jika Anda cemas akan asupan gizinya, cobalah catat apa saja yang dimakan anak Anda selama sepekan atau dua pekan. Kemudian, tunjukkan catatan ini pada dokter anak Anda. Dari catatan ini, dokter akan bisa menentukan apakah anak Anda mendapat asupan makanan dan gizi yang cukup atau tidak. 

Untuk memperbaiki kebiasaan makan anak Anda, cobalah untuk mengenalkan beberapa jenis makanan baru dalam menu makan hariannya. Ingat, Anda tak perlu memaksa. Jadi, buatlah suasananya sesantai mungkin. Makanan baru itu pun, tak perlu diberikan dalam jumlah banyak. Sedikit saja, dan tempatkan dalam satu piring bersama makanan kegemarannya. Tak perlu berkecil hati, andaikan ia tak mau menyentuhnya. Tapi, rasa ingin tahu yang ada pada anak-anak, lama-lama akan membuat dia mau mencicipi makanan baru itu. Percayalah! 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan