Sabtu, 15 September 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Warga Karawang ramaikan "mancing bersama" irigasi

Posted: 15 Sep 2012 07:25 AM PDT

Karawang (ANTARA News) - Ratusan warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memadati bantaran saluran irigasi dari KW-4 hingga KW-6 atau dari wilayah Johar-jembatan Kodim, untuk mengikuti kegiatan "mancing bersama" menyambut Hari Jadi Kabupaten Karawang ke-379, Sabtu.

Warga dari berbagai wilayah Karawang yang mempunyai hobi memancing itu sudah datang ke lokasi mancing bersama di saluran irigasi sejak Sabtu pagi sambil membawa berbagai jenis alat pancing.

Setelah berbagai jenis ikan disebar pihak panitia pelaksana di sepanjang saluran irigasi KW-4 hingga KW-6, warga langsung memilih tempat memancing. Umumnya, mereka sudah menyiapkan tempat memancing beberapa hari sebelum mancing bersama digelar.

Beberapa hari sebelum digelar mancing bersama, cukup banyak warga yang membuat tempat berteduh di sepanjang titik saluran irigasi mancing bersama.

Warga mendirikan tenda sederhana, dengan menggunakan bambu dan terpal atau bahan-bahan sisa spanduk untuk atap tenda itu. Warga juga ada yang hanya menggunakan payung dan memilih tempat memancing di bawah jembatan agar tidak terlalu panas.

"Beberapa hari sebelum mancing bersama ini digelar, kita sudah membuat tempat untuk memancing," kata Roy, seorang peserta mancing bersama, di Karawang, Sabtu.

Salah seorang panitia, mengatakan, kegiatan "mancing bersama" itu rutin digelar setiap tahun dalam meramaikan Hari Jadi Kabupaten Karawang yang jatuh setiap 14 September.

Mancing bersama itu sendiri digelar sebagai salah satu sarana hiburan gratis bagi masyarakat Karawang.

Pihak panitia sebelumnya telah menebar puluhan kantong plastik berisi ikan di sejumlah titik saluran irigasi sepanjang KW-4 sampai KW-6. Setelah itu, baru warga dipersilakan mencari tempat memancing di sepanjang saluran irigasi tersebut.
(KR-MAK/A035)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Nyoman Sura ikut Mapfest di Malaysia

Posted: 15 Sep 2012 07:23 AM PDT

Denpasar (ANTARA News) - I Nyoman Sura, S Sn. Msn, koreografer dan dosen Institut Seni Indonesia Denpasar ikut kegiatan internasional "Malaka art Performance and Festival (Mapfest)" di Malaysia, 21--23 September 2012.

"Kegiatan internasional tersebut melibatkan duta seni dari berbagai negara, antara lain Belanda, Jepang, Amerika Serikat, India, Indonesia dan tuan rumah Malaysia," kata I Nyoman Sura di sela-sela melakukan persiapan menjelang keberangkatannya, di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya tampil seorang diri dengan menyuguhkan karya kontemporer berjudul "Ngayah", yakni bekerja secara tulus iklas untuk menyukseskan kegiatan ritual.

"Tari yang ditampilkan itu diringi rekaman musik yang telah dipersiapkan sedemikian rupa berdurasi selama sepuluh menit," ujar Nyoman Sura yang sebelumnya sukses tampil dalam ajang Indonesia Dance Festival (IDF), sebuah festival tari tingkat internasional di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Jakarta.

Nyoman Sura menambahkan, selama kegiatan festival berlangsung juga akan melakukan kolaborasi seni dengan sejumlah seniman mancanegara yang akan ditampilkan pada acara penutupan tersebut.

Oleh sebab itu pihaknya berangkat ke Malaysia lebih awal, 18--24 September dengan harapan dapat merancang dan mempersiapkan pementasan kolaborasi seniman antarnegara tersebut.

Nyoman Sura menjelaskan, dari Indonesia tercatat sekitar tiga orang ikut ambil bagian tersebut, selain dirinya juga dua seniman dari Yogyakarta.

Ia mengaku tertarik mengikuti kegiatan bertaraf internasional itu, selain meningkatkan wawasan juga mampu memperluas kerja sama dan jaringan internasional, karena mereka yang tampil dalam kegiatan tersebut, umumnya seniman-seniman yang sudah mapan yang memiliki jaringan luas di masing-masing negaranya.

(I006/M008)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan