Sabtu, 29 September 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Rumah panggung Woloan Tomohon dipesan hingga Dubai

Posted: 29 Sep 2012 07:07 PM PDT

Baru-baru ini ada sekitar 10 unit rumah panggung yang dipasarkan di Dubai."

Berita Terkait

Manado (ANTARA News) - Produksi perajin rumah panggung berbahan dasar kayu di Kelurahan Woloan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, tembus pasar Dubai, Uni Emirat Arab, serta beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.

"Baru-baru ini ada sekitar 10 unit rumah panggung yang dipasarkan di Dubai. Ini pertanda bahwa produksi rumah panggung Woloan sangat prospektif di luar negeri," kata Hen Kopalit, salah satu perajin rumah panggung, di Tomohon.

Dia mengatakan, harga satu unit rumah panggung di pasar luar negeri hampir dua kali lipat, dibanding dengan harga yang dipatok di Kota Manado, karena dibebani berbagai biaya perizinan serta mobilisasi ke negara tujuan.

Dia menjelaskan, harga satu unit rumah panggung, yang memiliki satu kamar berukuran enam kali enam setengah meter, biasanya dihargai sekitar Rp40 juta hingga Rp45 juta.

Sementara itu, untuk ukuran dua ruang kamar tidur ditambah dengan ruang tamu untuk pasar lokal dihargai sekitar Rp75 juta hingga 80 juta.

"Biasanya pemesan melihat lebih dulu bentuk atau motif yang diinginkannya. Selanjutnya para perajin mulai menyelesaikan pembangunannya kira-kira satu bulan untuk setiap unit," kata dia.

Selain menembus pasar Timur Tengah, dia mengatakan, produksi rumah panggung juga menembus pasar Asia Tenggara seperti Malaysia dan Filipina.

Dia menambahkan, harga yang dipatok juga bervariasi, namun tidak semahal dengan harga pada saat dipasarkan ke Dubai, sementara untuk pasar lokal Indonesia, sudah menyebar hampir ke seluruh provinsi.

"Memang kadang-kadang perijinan yang jadi kendala. Ke depan mudah-mudahan perlu diringankan sehingga akan semakin banyak lagi produksi rumah panggung khas Kota Tomohon yang dipasarkan ke luar negeri, maupun semua provinsi di Indonesia," kata dia.

(ANT-305)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Lion Air Bunaken Jazz Festival digelar di Manado

Posted: 29 Sep 2012 06:13 PM PDT

Manado (ANTARA News) - Sebuah festival musik jazz berskala nasional "Lion Air Bunaken Jazz Festival" untuk yang pertama kali akan digelar di Lapangan Megamas, Manado, 20 Oktober 2012.

Corporate Secretary Lion Air Adhitya Simanjuntak di Manado, Minggu mengatakan Lion Air menjadi "title" sponsor Bunaken Jazz Festival ini karena maskapai itu berkeinginan untuk menjadikan Kota Manado khususnya dan Sulut umumnya semakin dikenal di level dunia melalui musik.

Adhitya mengatakan Manado akan menjadi salah satu hubungan Lion Air dari Indonesia ke berbagai kota di belahan dunia. "Bandara Samratulangi Manado, akan menjadi hubungan Lion Air dari beberapa kota di dunia," katanya.

Adhitya mengatakan Lion Air mendukung sepenuhnya pengembangan pariwisata di Manado.

"Menjadi title sponsor Bunaken Jazz Festival juga, merupakan bagian dari dukungan penuh kami terhadap pengembangan pariwisata Manado dan Sulawesi Utara," katanya.

Pagelaran Lion Air Bunaken Jazz Festival ini merupakan yang pertama kali di Manado, dan akan berlangsung setiap tahun.

Musisi jazz nasional seperti Barry Likumahuwa Project, Syaharani and The Queen Fireworks, Ari Pramundito, Gugun Blues Shelter, Balawan akan ditampilkan panitia.

Sementara itu, Managing Director Lion Air Bunaken Jazz Festival, Tommy Bernadus mengungkapkan acara akan dimulai dari pukul 14.00 WITA dan akan berlangsung selama kurang lebih delapan jam.

"14.00 WITA sampai dengan 16.00 WITA akan diisi dengan penampilan band lokal Manado. Selanjutnya band dari Jakarta akan tampil dari pukul 17.00 WITA," kata Bernadus.

Dalam acara ini, panitia menyediakan tiket seharga Rp100.000 di "ticket box", dan Rp150.000 di lokasi acara atau on the spot. Bagi para pelajar dan mahasiswa, panitia memberikan harga khusus yakni Rp50.000 untuk pembelian di "ticket box" dan Rp75.000 "on the spot".

Penumpang Lion Air yang datang ke Manado dan beruntung, akan mendapatkan tiket gratis (compliment) untuk menonton Lion Air Bunaken Jazz Festival. "Kami berharap wisatawan yang datang dengan menggunakan Lion Air ke Manado, bisa menonton Lion Air Bunaken jazz Festival," kata Bernadus.

Dia mengatakan misi dari penyelenggaraan kegiatan musik ini adalah untuk memberikan hiburan berkelas kepada masyarakat Sulawesi Utara. Selain itu juga untuk mempromosikan Bunaken secara khusus, dan Kota Manado serta Sulawesi Utara kepada masyarakat dunia.

"Meski hanya menampilkan musisi nasional dan lokal, `event` ini gaungnya mendunia karena kehadiran social Media. Kami ingin, Sulawesi Utara nantinya akan menjadi destinasi atau tujuan wisata untuk menonton acara musik, apalagi Lion Air memiliki penerbangan diatas lima kali sehari dari dan ke Manado," katanya.

Penggunaan nama Bunaken di acara ini, ujar Tommy, karena Bunaken sudah menjadi ikon Pariwisata Sulawesi Utara. "Banyak sekali masyarakat yang mengenal Bunaken sebagai ikon pariwisata Sulawesi Utara," tandasnya.

Bagi warga masyarakat kota Manado yang ingin mendapatkan tiket masuk bisa mendapatkan di Bike4 Megamas, atau bisa menghubingi langsung panitia di nomor 085340004259. (A034/M026)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan