Rabu, 18 Julai 2012

Republika Online

Republika Online


Ini Dia Chef Terkaya di Amerika Serikat

Posted: 18 Jul 2012 11:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gordon Ramsay berada pada posisi teratas dalam daftar chef terkaya di Amerika Serikat versi Forbes.com dengan estimasi penghasilan total 38 juta dolar AS dari 24 restauran di seluruh dunia, 11 bintang Michelin, serta banyak buku masak dan acara televisi.

Pendapatan chef kelahiran Skotlandia yang terkenal dengan program memasak di televisi seperti "Master Chef" dan "Hell's Kitchen" itu melampaui penghasilan pembawa acara televisi lainnya Rachel Ray. 

Hingga akhir Juni 2012, Rachel Ray memperoleh pendapatan total 25 juta dolar AS dari beberapa acara televisi yang dia pandu, majalah dan buku masakan.

Sementara chef Austria, Wolfgang Puck, yang memiliki 20 restoran berada pada posisi ketiga dalam daftar chef terkaya Amerika Serikat dengan penghasilan total 20 juta dolar AS.

Pada urutan keempat dan kelima daftar chef terkaya Amerika Serikat ada Paula Deen dan Mario Batali. 

Deen, yang pernah dikritik karena resep masakannya yang mengandung mentega dan menjadi juru bicara perusahaan farmasi setelah mengidap diabetes, punya penghasilan total 17 juta dolar AS.

Mario Batali, yang ikut memiliki lebih dari selusin restauran dan membintangi acara televisi "The Chew", pendapatannya sebanyak 13 juta dolar AS.

"Nama-nama dalam daftar ini sangat bervariasi. Tidak ada yang hanya punya restoran. TV adalah faktor besar yang sangat memengaruhi daftar ini, karena mereka mendapatkan uang lebih banyak dari acara televisi dibandingkan dari restoran mereka," kata Dorothy Pomerantz dari Forbes.com

Ia menambahkan, usaha perdagangan dan buku masak juga ikut mendongkrak penghasilan mereka. 

Kurma Impor Banjiri Pekanbaru

Posted: 18 Jul 2012 11:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU -- Memasuki bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah, buah kurma impor berbagai merek asal Arab Saudi mulai membanjiri sejumlah pasar tradisional di Pekanbaru, Riau, dengan tawaran harga yang beragam.

Hampir seluruh pedagang buah yang berjualan di sisi jalan raya dan pasar tradisional "Kota Bertuah" tersebut menjual buah kurma yang diimpor langsung dari Arab Saudi.

Seorang pedagang, Kamala (33) menyatakan harga yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per kilogramnya. "Saat ini harganya memang masih murah, tapi biasanya saat bulan puasa, harganya bisa mencapai Rp 25.000 hingga Rp 45.000 per kilonya. Buah kurma ini memang asli impor dari Arab Saudi namun kami memasoknya dari Kota Dumai yang sudah dikemas dalam bentuk kotak," katanya.

Buah kurma impor asal Tunisia dan Arab Saudi sebelumnya juga tampak membanjiri pasar dan toko swalayan di Kota Dumai, Riau, menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1433 Hijriyah.

Penjualan buah kurma selalu marak dan hampir terjadi setiap tahun menjelang masuknya bulan puasa sebagai hidangan pembuka puasa, demikian pengakuan Ahmad, seorang pedagang di Dumai.

Di Kota Dumai selaku daerah dengan pelabuhan internasionalnya, perdagangan buah khas gurun pasir itu banyak dijual dalam bentuk kemasan dan curah, dengan harga yang bervariasi dimulai dari Rp8.000 per kemasan.

Pantauan di salah satu pusat perbelanjaan modern Dumai juga menyebutkan bahwa penjualan kurma impor berbagai kemasan ini dipajang dengan khusus di salah satu sudut ruang pertokoan tersebut.

Juga tidak sedikit, kurma yang baru datang lewat kapal-kapal besar yang singgah di pelabuhan di sana, kemudian di transit ke dalam truk untuk di pasarkan di sejumlah wilayah luar kota termasuk Pekanbaru bahkan sejumlah wilayah luar provinsi.

Di Kota Dumai, untuk buah kurma asal Arab Saudi dengan kemasan 100 gram dijual seharga sekitar Rp 8.000. Sedangkan kurma dari Negara Tunisia berbagai kemasan dijual dengan harga hingga Rp43 ribu untuk ukuran 500 gram.

Adapun harga kurma curah lebih murah dibanding kurma impor, yakni Rp 18.238 per kemasan berat 628 gram. Jenis curah ini yang juga kebanyakan di pasarkan di Ibu kota Riau, Pekanbaru.

Tiada ulasan:

Catat Komen