Sabtu, 16 Jun 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Semen Gresik Dukung Ekspansi Tonasa V di Sulawesi

Posted: 16 Jun 2012 12:54 AM PDT

SURABAYA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mendukung anak usahanya Tonasa V, untuk melakukan ekspansi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Pembiayaan akan dilakukan secara grup. Ekspansi tersebut berupa pendirian pabrik baru dengan kapasitas 2,5 Juta ton dan pembangkit listrik 70 mw.

Menurut Direktur utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soejipto, dengan pabrik baru ini tentu mampu meningkatkan produksi semen Tonasa hingga 7,0 Juta ton. Dia menambahkan, proyek tersebut akan membuat penetrasi pasar Semen Tonasa semakin kuat.

Selain itu, Dwi mengungkapkan, meski penyeleseian pembangunan pabrik baru Semen Tonasa mengalami keterlambatan dari jadwal semula, namun perkembangannya mengalami kemajuan yang sang sangat progresif.  "Proyek Tonasa V direncanakan akan dapat diselesaikanpada kuartal IV 2012," kata Dwi di Surabaya, Sabtu (16/6/2012).

Komitmen dukungan terhadap proyek Tonasa V adalah dikirimkan sejumlah tenaga ahli dari Semen Padang dan Semen Gresik  untuk membantu penyelesaian proyek pabrik baru Tonasa V agar selsei sesuai target. Semen Gresik juga membantu fleksibilitas pembayaran deviden untuk memperkuat cashflow anak perusahaan.

"Semen Tonasa selama ini telah mencatatkan kinerja finansial yang sangat menggembirakan. Dengan ekspansi yang terukur, performa Semen Tonasa akan semakin meningkat di masa mendatang," paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, kinerja Semen Tonasa sendiri ditopang oleh laju kenaikan pendapatan yang signifikan. Pada 2011 lalu, pendapatan Semen Tonasa mencapai Rp3,040 triliun, tumbuh 12 persen dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan laba pabrik semen kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu juga meningkat menjadi Rp545 miliar dari sebelumnya Rp543 miliar.

Dwi Soetjipto menuturkan, kinerja positif Semen Tonasa tersebut tak lepas dari komitmen seluruh stakeholder. "Kinerja positif ini tak lepas dari komitmen seluruh pemegang saham. Dan kami berharap akan semakin meningkat pada masa mendatang," ujarnya. (mrt)

Bus Masuk Jurang, 32 Peziarah Tewas

Posted: 16 Jun 2012 12:44 AM PDT

NEW DELHI - Setidaknya 32 peziarah dilaporkan tewas ketika bus yang mereka tumpangi masuk jurang di sebuah jembatan di bagian barat India. 20 orang pun dilaporkan terluka akibat insiden ini.

"Para peziarah ini baru saja kembali dari perjalanan mereka ke Candi Saibaba Shirdi yang dibangun untuk menghormati salah seorang pemuka agama di India. Kecelakaan terjadi pada dini hari waktu setempat di Negara bagian Maharashtra, Distrik Osmanabad," ujar salah seorang polisi India kepada Trust of India yang dikutip AFP Sabtu, (16/6/2012).

Hingga saat ini proses evakuasi pun dilaporkan masih terjadi mengingat lokasi terjadinya kecelakaan yang cukup sulit.

"Kami harus berjuang untuk mengevakuasi korban yang selamat dan mengambil jenazah korban tewas dari jurang," tutur otoritas setempat.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) India selama ini diketahui memiliki jumlah kecelakaan jalan raya yang tertinggi di dunia. Sebagian besar penyebab kecelakaan adalah pengemudi yang ceroboh serta kondisi jalan yang buruk.
Biro Kejahatan Nasional India bahkan menyebutkan, hampir 135 ribu orang tewas pada 2010 akibat kecelakaan di jalan raya.

Pada Mei lalu saja 24 peziarah Hindu dilaporkan tewas ketika bus yang mereka tumpangi bertabrakan dengan sebuah truk di bagian India utara.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan