Sabtu, 16 Jun 2012

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Jangan Jadikan Papua Ladang Densus 88

Posted: 16 Jun 2012 06:06 AM PDT

Papua

Jangan Jadikan Papua Ladang Densus 88

Imam Prihadiyoko | Marcus Suprihadi | Sabtu, 16 Juni 2012 | 19:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle Syahganda Nainggolan menegaskan, pemerintah tidak layak menjadikan Papua sebagai daerah operasi Detasemen Khusus (Densus) 'Anti Teror' 88 Polri.

"Langkah itu hanya akan membuat kemelut persoalan Papua semakin keruh di samping menyebabkan masa depan situasi keamanannya malah tidak terkendali," katanya di Jakarta, Sabtu (16/6/2012). Pernyataan itu disampaikan untuk menanggapi rencana pemerintah menjadikan Papua sebagai daerah operasi Densus 88 Anti Teror.

Syahganda melanjutkan, kalau Presiden SBY menginginkan kondisi dan rasa aman masyarakat Papua terpulihkan, pilihannya jangan mengirim pasukan Densus 88. Sebab, ini bukan ladang tepat untuk operasi peperangan bagi Densus 88, yang karakternya spesifik hanya untuk memerangi para teroris.

Persoalan di Papua, menurut Syahganda, bersifat kompleks dengan akar utamanya adalah kesejahteraan dan pemenuhan aspek keadilan. "Jadi dengan ribuan aparat keamanan yang kini ada di Papua, baik Polri maupun TNI, sebenarnya terbilang cukup memadai sejauh langkah-langkahnya terfokus secara profesional pada pengupayaan damai warga Papua," ujarnya.

Dahlan Iskan: Jadi Capres Rusak Kerja Saya

Posted: 16 Jun 2012 04:17 AM PDT

Dahlan Iskan: Jadi Capres? Rusak Kerja Saya

| Laksono Hari W | Sabtu, 16 Juni 2012 | 18:06 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menilai bahwa mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2014 hanya akan merusak semua pekerjaannya saat memimpin kementerian tersebut.

"Saya ingin bekerja. Saya ini Menteri BUMN, tidak boleh berpolitik, tidak boleh berpartai," katanya seusai kuliah umum "Penguasaan Sains dan Teknologi untuk Kemanusiaan Bangsa dan Pengentasan Kemiskinan" di Universitas Diponegoro, Semarang, Sabtu (16/6/2012).

Dalam berbagai kesempatan, Dahlan juga telah menyatakan untuk tidak membicarakan masalah pencalonan dirinya sebagai presiden pada pemilu mendatang. Meski demikian, sejumlah pihak menilai Dahlan pantas dijadikan presiden. "Bukan apa-apa. Begitu saya ngomong mau mencalonkan diri sebagai presiden, padahal mungkin belum tentu ada yang mau mencalonkan, maka akan rusak semua kerja saya," katanya.

Dahlan berpendapat, jika ia mencalonkan diri sebagai presiden, maka orang lain akan mencurigai setiap langkahnya dalam kementerian sebagai tindakan yang ditunggangi kepentingan politik menuju 2014. "Nantinya tidak akan ada lagi yang percaya dengan saya. Akhirnya ketika saya mengajak jajaran kementerian untuk mari kita melakukan ini pasti berpikiran maksudnya apa. Saya tidak ingin seperti itu," ujarnya.

Dahlan percaya bahwa apa pun jabatan yang akan diembannya di masa datang merupakan bagian dari takdir. Untuk itu, ia menyerahkan hal itu kepada Yang Maha Kuasa.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan