Ahad, 10 Jun 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


SBY Bunyikan Okokan Tanda Dimulainya Pawai Seni di Bali

Posted: 10 Jun 2012 12:14 AM PDT

DENPASAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membunyikan alat musik tradisional Okokan, sekaligus menandai dimulainya pawai dalam rangka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34.

Pelaksanaan pawai yang dimajukan sehari itu dipusatkan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Lapangan Nitimandala, Renon.

Pawai dilepas secara resmi oleh Presiden SBY, Minggu (10/6/2012) sekira pukul 14.10 Wita setelah membunyikan Okokan, alat musik yang biasa dipakai para petani di Kabupaten Tabanan dan Gianyar. Pawai budaya diikuti peserta dari sembilan kota/kabupaten di Bali, serta partisipan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, dalam sambutannya, mengatakan bahwa PKB sudah menjadi tradisi di Bali sejak lama.

Hajatan kesenian terbesar di Bali itu mengambil tema "Paras Paros" atau dinamika dalam kebersamaan yang merepresentasikan potensi kekayaan keseniaan dan perkembangan masyarakat Bali, serta keragaman kesenian nusantara.

"Untuk memberi nuansa baru, PKB kali ini telah dikemas dalam suasa berbeda. Dari kepesertaan dari duta kesenian sembilan kota/kabupaten di Bali dan daerah lain dengan nuansa baru berupa atraksi seni di atas panggung berjalan," jelas Pastika.

Selain daerah di Bali, peserta juga datang dari Nusa Tenggara Barat, Maluku, Sumatra Utara, dan Pemuda Konghuchu.

Atraksi seni yang dipentaskan di panggung berjalan mencerminkan ciri khas tiap-tiap-tiap daerah.

Rangkaian PKB secara resmi akan dibuka di Taman Budaya Ardha Candra Art Center di Denpasar nanti malam sekira pukul 20.00 Wita.

Selain memberi sambutan, SBY diijadwalkan mengikuti deklarasi World Hindu Summit yang dilanjutkan dengan pemukulan kentongan Lanang Wadon sebagai tanda dibukanya PKB ke-34.

SBY, Ibu Negara, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II juga akan menyaksikan pagelaran tari Pelangi Nusantara Purusada Santha yang dibawakan para mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Bali.

(ton)

11 Karyawati Korban Tabrakan Beruntun Dipindah

Posted: 09 Jun 2012 11:28 PM PDT

MEDAN - Sebanyak 11 karyawati korban tabrakan beruntun di tol Amplas, Medan, Sumatera Utara, dipindah ke empat rumah sakit lain. Mereka sempat dirawat di Rumah Sakit Estomihi, Jalan Sisingamangaraja.
 
Pemindahan rumah sakit bertujuan agar para korban mendapat perawatan medis yang lebih optimal. Pasalnya, sebagian besar korban menderita patah tulang.

Murni, seorang korban, Minggu (10/6/2012), tampak masih meringis kesakitan saat dipindah dari bangsal menuju ambulans yang akan membawanya ke Rumah Sakit Bunda Thamrin, Jalan Sei Batang Hari. Murni merupakan karyawan PT Delta Atlantik Indah, salah seorang penumpang minibus nahas.

Delapan karyawati lainnya dipindah ke RS Boloni, RS Methodist, serta RS Colombia Asia. Hanya Heriyaman, pengemudi minibus, yang masih dirawat di RS Estomihi.

Korban lainnya ialah Aldi Hasan Siregar, pengemudi Xenia yang terlibat dalam tabrakan beruntun. Nyawa Aldi tidak tertolong setelah mendapat perawatan di RS Medistra, Deliserdang. Dia sempat terhimpit badan mobil.

Seperti diketahui, tabrakan beruntun terjadi melibatkan minibus Isuzu Elf yang mengangkut karyawati, Daihatsu Xenia, serta Suzuki Katana. Pengemudi Katana selamat dalam kecelakaan yang terjadi Sabtu siang kemarin itu.

(Yasir Nasution/Sindo TV/ton)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan