Ahad, 10 Jun 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Rangkaian Bom Guncang Myanmar

Posted: 10 Jun 2012 04:05 AM PDT

YANGON - Lima ledakan bom terjadi di wilayah perbatasan Myanmar pada Sabtu 9 Juni malam waktu setempat. Meski ledakan cukup keras, dilaporkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


Ledakan di kota Muse ini berlangsung di saat kondisi jalan raya tidak ramai. Pihak berwenang Myanmar belum bisa menentukan siapa otak di balik ledakan ini. 


Kota Muse selama ini dikenal sebagai wilayah jalur perdagangan darat yang masih aktif di Myanmar hingga saat ini. April lalu, sebuah bom sempat meledak di wilayah ini dan menewaskan seorang petugas imigrasi.


Meski proses reformasi tengah berlangsung cepat di Myanmar saat ini, insiden kekerasan seperti masih terus terjadi. Kini perhatian pemerintah tertuju pada konflik sekterian yang terjadi antara masyarakat Budha dan Muslim Myanmar.


Peristiwa terakhir melibatkan aksi pembakaran pemukiman warga Budha yang menewaskan tujuh warga di wilayah Rakhine. Sebelumnya, 10 orang warga Muslim Myanmar tewas dalam sebuah insiden yang melibatkan etnis Rakhine. 


Melihat terbukanya peluang terjadinya aksi brutal antar etnis, media Myanmar memperingatkan warga untuk tetap menahan diri. Mereka memperingatkan aksi brutal yang terjadi bisa membuat proses reformasi tertunda.


"Kebencian, kesalahpahaman atau konflik apa pun yang terjadi di wilayah pinggiran tidak menguntungkan siapa pun. Ini hanya bisa mengundang tindakan brutal, stagnasi, dan situasi di mana hukum tidak dihormati. Hal ini bisa mempengaruhi laju demokrasi," tulis New Light of Myanmar, seperti dikutip NDTV, Minggu (10/6/2012).


Aksi kekerasan ini memicu kekhawatiran  banyak pihak. Kelompok pemerhati HAM internasional, Human Rights Watch (HRW), menilai hal ini terjadi karena kebijakan diskriminatif yang terjadi selama ini.

(faj)

Ditangkap Karena Bersembunyi di Koper

Posted: 10 Jun 2012 03:10 AM PDT

OREGON - Seorang perempuan tertangkap basah melakukan ulah konyolnya sendiri saat bersembunyi di apartemen milik pacarnya. Perempuan itu ditangkap setelah bersembunyi di dalam koper yang dibawanya sendiri.


Kola J McGrath ditangkap atas tuduhan memasuki bangunan apartemen pacarnya tanpa izin. Perempuan yang memiliki berat 43,5 kilogram ini memang dilarang memasuki apartemen tersebut tahun lalu oleh pihak pengelola gedung. Demikian diberitakan Emirates247, Minggu (10/6/2012).


Larangan yang diterapkan kepada perempuan berusia 50 tahun itu bukan tanpa alasan. Dirinya dilarang memasuki gedung karena merusak sistem pemadam kebakaran saat terjadi pertengkaran.


Sementara penangkapan dari McGrath diawali oleh laporan adanya seorang pria yang menculik perempuan. Laporan itu ditambah dengan perempuan itu dipaksa masuk ke dalam sebuah koper dan memasuki sebuah apartemen.


Ternyata saat diperiksa, laporan itu keliru. Polisi justru menemukan McGrath yang tengah bersembunyi di ruang apartemen Curtis T.Lowe dalam sebuah koper. McGrath pun ditahan karena dianggap melanggar perintah yang diarahkan kepada dirinya. 

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan