Jumaat, 1 Jun 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Jabar gelar Festival Wayang Dunia

Posted: 01 Jun 2012 04:22 AM PDT

Wayang Golek Minang (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)

West Java Wayang Festival 2012

Berita Terkait

Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi tuan rumah Festival Wayang Dunia pada 2013 yang akan dihadiri oleh para seniman wayang dari mancanegara.

"Jabar rutin menggelar Festival Pewayangan yang menampilkan dalang-dalang yang ada di Jabar, namun pada 2013 Jabar akan menggelar festival bertaraf internasional dengan melibatka peserta para seniman wayang dari luar negeri," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Nunung Sobari di Bandung, Jumat.

Dukungan dari berbagai elemen untuk menggelar festival wayang bertaraf internasional cukup besar dan akan menguatkan wayang sebagai warisan budaya non benda yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

Sebagai persiapan, Jabar kembali menggelar "West Java Wayang Festival 2012" yang akan menjadi ajang seniman pedalangan menampilkan keahliannya dalam forum yang berskala besar, sekaligus untuk kembali meningkatkan animo masyarakat untuk mengapresiasi pewayangan.

Kegiatan "West Java Wayang Festival 2012" akan digelar di Gedung Sunan Ambu STSI Bandung, 12-13 Juni 2012. Pagelaran delapan jenis wayang tersebut akan dinilai tiga orang pengamat yang berkompeten, mulai dari grup penampil terbaik satu, dua hingga tiga.

Delapan pagelaran wayang yang akan ditampilkan adalah Wayang Cepak (Kota Cirebon), Wayang Kulit (Indramayu), Wayang Babad (Kabupaten Cirebon), Wayang Catur (Kabupaten Bandung), Wayang Keroncong (Kota Bandung), Wayang Kulit Bekasi (Kabupaten Bekasi), Wayang Bambu (Kota Bogor) dan Wayang Dalang Rampak (SMK 10 Bandung).

Selain pagelaran wayang juga akan ditampilkan pameran wayang, demo pembuatan wayang, diskusi wayang, dan pertunjukkan musik tradisi.

"`West Java Wayang Festival` ini sebagai salah satu kegiatan untuk menumbuh kembangkan kesenian tradisional khususnya wayang yang ada di Jawa Barat, disamping untuk mempersiapkan Festival Wayang Dunia 2013," kata Nunung.

Ia menyebutkan, Wayang di Jawa Barat cukup beranekaragam, mulai dari yang klasik hingga bersifat eksperimen atau kontemporer dan kesemuanya itu tersebar di kabupaten dan kota.

(S033)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Zhang Ziyi bantah dituding melacur

Posted: 31 May 2012 09:47 PM PDT

Zhang Ziyi (FOTO reuters/Grafis)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Salah satu bintang dalam film "Crouching Tiger, Hidden Dragon"  Zhang Ziyi, membantah tudingan yang menuduhnya melakukan praktek prostitusi, sebagaimana yang diberitakan The Sun.

Ziyi juga menuntut surat kabar Apple Daily, yang menudingnya menjadi simpanan Bo Xilai, seorang pejabat negara yang kini sedang dalam proses investigasi oleh pihak otoritas China, karena dugaan kasus korupsi.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Ziyi telah meraup lebih dari 70 juta poundsterling sebagai simpanan para pejabat.

"Kami membaca berita yang dikabarkan oleh Apple Daily, dan ini sangat menyinggung perasaan kami," ujar juru bicara Ziyi.

Juru bicara Ziyi juga mengatakan bahwa kerabat-kerabatnya  memberikan saran agar dia segera mengeluarkan pernyataan dan tidak menganggap ini sebagai persoalan serius.

"Semakin kami berargumentasi, maka kami akan semakin dibantai. Akan lebih baik menghilang untuk sementara waktu sampai masyarakat kehilangan minat akan pemberitaan ini dan melupakannya," ujar juru bicara Ziyi.

Beberapa media melaporkan bahwa Ziyi yang tidak menghadiri Cannes Film Festival, karena sibuk oleh promosi film terbarunya 'Dangerous Liaisons'.

Namun beberapa media lain justru melaporkan bahwa sebenarnya ini merupakan permintaan pihak otoritas Beijing, yang mencegah Ziyi melarikan diri, sementara saat ini pihak otoritas masih melakukan investigasi terhadah tuduhan tersebut.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan