Rabu, 9 Mei 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Pemkab Sleman gelar lomba karawitan

Posted: 09 May 2012 05:44 AM PDT

ilustrasi Gamelan Jawa. (FOTO ANTARA/Andika Betha)

Berita Terkait

Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, menyelenggarakan lomba karawitan antarkecamatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-96 Kabupaten Sleman.

"Lomba karawitan ini diikuti 11 kecamatan di Kabupaten Sleman, sedangkan maksud lomba ini adalah untuk menggali kembali semangat kebersamaan dalam iklim kompetisi di kalangan seniman karawitan," kata Kepala Humas Pemkab Sleman Endah Sri Widiastuti di Sleman, Rabu.

Ia menjelaskan, tujuan lomba karawitan menggali potensi seniman dan seniwati karawitan yang berbakat di wilayah kecamatan se-Kabupaten Sleman.

"Selain itu juga sebagai salah satu upaya dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan pelestarian kesenian daerah, khususnya seni karawitan," katanya.

Ia mengharapkan, lomba itu dapat mendorong kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi yang adiluhung khususnya seni karawitan yang mengarah kepada pembentukan jati diri bangsa yang saat ini dirasa semakin luntur.

"Lomba ini juga untuk mendukung kecamatan sebagai pusat pengembangan seni budaya dan sosialisasi Hari Jadi Ke-96 Kabupaten Sleman," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo saat membuka lomba tersebut mengatakan, kegiatan itu bisa menggali potensi di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sleman.

"Potensi kesenian karawitan ini agar nanti tetap dijaga dan dilestarikan, dihidup-hidupkan bahkan nanti juga bisa berkembang. Lebih-lebih nanti bisa muncul yang muda-muda karena saat ini yang muncul masih tua-tua, maka ini dipertahankan dulu baru nanti ditularkan pada yang muda-muda," katanya.
(U.V001/M029)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

ISI-Bali Film Center rintis prodi televisi

Posted: 09 May 2012 05:39 AM PDT

ilustrasi Siwa Nataraja dance of ISI Denpasar. (www.isi-dps.ac.id/profile-umum)

Berita Terkait

Denpasar (ANTARA News) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggandeng Yayasan Bali Film Center untuk merintis Program Studi Film dan Televisi.

"Kami bersinergi dengan Yayasan Bali Film Center untuk penerimaan mahasiswa baru Prodi Film dan Televisi," kata Humas ISI Denpasar, Ni Ketut Dewi Yulianti, Rabu.

Jalinan kerja sama itu saat ini sedang dibicarakan dalam pertemuan antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S dengan pihak Yayasan Bali Film Center yang diwakili oleh Debora Gabinetti.

Yayasan yang didirikan sejak 2007 itu setiap tahun menyelenggarakan ajang Balinale untuk mewadihi kreativotas insan perfilman.

Ajang itu biasanya diisi oleh pemutaran dengan materi 60 persen film lokal dan 40 persen film internasional. Kegiatan itu juga diisi dengan lokakarya yang mengundang tokoh-tokoh film lokal, nasional maupun internasional.

Prof Rai berharap kerja sama ISI dan Yayasan Bali Film Center mampu mendorong tumbuhnya perfilman lokal di daerah itu.

Demikian pula Debora Gabinetti menyambut baik adanya jurusan baru film dan televisi di ISI Denpasar, sehingga mampu mendukung perkembangan perfilman di Bali.

Selain itu, prodi tersebut diharapkan dapat mendorong pasar untuk mengirimkan film-film tentang Bali sehingga seniman perfilman diharapkan mampu menghasilkan karya-karya bermutu yang bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Mudah-mudahan prodi ini dapat memacu semangat para mahasiswa dalam karya yang sanggup bersaing dan mendapat perhatian masyarakat," ujar Debora.
(T.I006/M038)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Komen