Ahad, 4 Mac 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Siapa Melaju ke Perempat Final?

Posted: 04 Mar 2012 10:47 PM PST

DALAM dua pekan ke depan, hasil laga babak 16 besar Liga Champions bakal diketahui. Tim mana sajakah yang akan lolos ke babak perempat final?

Jika merujuk pada hasil pertemuan pertama, ada tiga tim yang berpeluang besar lolos ke delapan besar. Ketiga tim tersebut adalah AC Milan, Barcelona dan kuda hitam Napoli.

Milan bahkan hampir bisa dipastikan lolos menyusul kemenangan telak 4-0 atas Arsenal pada pertemuan pertama, medio Februari lalu. Skuad besutan Massimiliano Allegri hanya membutuhkan hasil imbang atau kalah dengan selisih tidak lebih dari empat gol saat menyambangi markas The Gunners, Emirates Stadium pada leg kedua, Rabu (7/3/2012) dini hari nanti.

Meski punya peluang besar untuk lolos, Milan tak lantas bisa jumawa. Memori kelam Liga Champions 2003-2004 menjadi rujukannya. Kala itu, Milan yang sempat unggul 4-1 pada leg pertama di San Siro, harus menyerahkan tiket semi final ke tangan klub Spanyol Deportivo La Coruna yang membantai Ricardo Kaka dkk. di Estadio Riazor dengan skor mencengangkan, 4-0!

Di partai lain, tim juara bertahan Barcelona juga hampir dipastikan lolos menyusul kemenangan 3-1 atas tuan rumah Bayer Leverkusen di leg pertama. Barca yang belum terkalahkan dalam satu tahun terakhir di Liga Champions, sepertinya akan dengan mudah mengganyang Leverkusen di Camp Nou, Kamis (8/3/2012) dini hari WIB.

Terakhir, Napoli. Tim yang baru kali ini tampil di ajang sekelas Liga Champions, langsung membuat gebrakan mencengangkan. Setelah bersaing memenangkan persaingan dengan Manchester City dan Villarreal di fase grup, utusan Italia ini kembali melanjutkan sensasinya di babak 16 besar.

Berhadapan dengan klub sebesar Chelsea, Napoli justru mampu memetik kemenangan meyakinkan 3-1 pada leg pertama di San Paolo. Kini, anak-anak asuh Walter Mazzari hanya butuh menghindari kekalahan 0-2 saat bertamu ke markas The Blues di Stamford Bridge, Kamis (15/3/2012) dini hari WIB.

Mimpi Napoli untuk lolos ke perempat final semakin terbuka lebar, menyusul situasi yang tidak kondusif di kubu Chelsea, setelah sang pelatih Andre Villas Boas dipecat. Kini, The Blues ditukangi asisten pelatih Roberto Di Matteo yang dipercaya sebagai caretaker.

Selain ketiga klub di atas, lima jatah tiket lainnya masih cukup sulit untuk diprediksi tim yang akan mendapatkannya.

Real Madrid, tim dengan catatan sebagai penguasa Eropa dengan sembilan titel juara ini masih belum aman. El Real dipaksa bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas klub Rusia, CSKA Moskow pada leg pertama.

Untuk lolos, armada Jose Mourinho memang hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 di Santiago Bernabeu. Namun, Mourinho dipastikan tidak akan puas jika anak asuhnya lolos hanya karena unggul produktivitas gol tandang. Kemenangan pasti dibidik El Real.

Sementara itu, dua tim raksasa Eropa Bayer Munich dan Inter Milan dipastikan harus bekerja ekstra keras bila ingin mengamankan tempat di babak delapan besar.

Bayern misalnya, skuad besutan Jupp Heynckes dituntut meraih kemenangan 2-0 atau dengan dua gol atau lebih saat menjamu FC Basel di Allianz Arena pada leg kedua, Rabu (14/3/2012) dini hari WIB. Hasil ini tak lepas dari kekalahan 0-1 yang dialami skuad FC Hollywood saat bertamu ke kandang tim yang sebelumnya menyingkirkan tiga kali juara, Manchester United di penyisihan grup.

Setali tiga uang, Inter Milan juga wajib menang dengan selisih dua gol saat menjamu Olympique Marseille di Giuseppe Meazza, Rabu (14/3/2012) dini hari WIB. Sama seperti Bayern, I Nerazzurri juga dipaksa tertunduk oleh Marseille dengan skor tipis 0-1 di leg pertama.

Berikut hasil leg pertama 16 besar:
Olympique Lyon 1 – 0 APOEL Nicosia
Bayer Leverkusen 1 – 3 Barcelona
Zenit St Petersburg 3 – 2 Benfica
AC Milan 4 – 0 Arsenal
CSKA Moskow 1 – 1 Real Madrid
Napoli 3 – 1 Chelsea
FC Basel 1 – 0 Bayern Munich
Olympique Marseille 1 – 0 Inter Milan

Jadwal leg kedua 16 besar:
Rabu (7/3/2012) dini hari WIB:
Benfica vs Zenit St Petersburg
Arsenal vs AC Milan (Live RCTI Pukul 02:30)

Kamis (8/3/2012) dini hari WIB:
APOEL Nicosia vs Olympique Lyon
Barcelona vs Bayer Leverkusen (Live RCTI Pukul 02:30)

Rabu (14/3/2012) dini hari WIB:
Bayern Munich vs FC Basel
Inter Milan vs Olympique Marseille

Kamis (15/3/2012) dini hari WIB:
Real Madrid vs CSKA Moskow
Chelsea vs Napoli (acf)

AVB Dipecat, Mata Akui Berat

Posted: 04 Mar 2012 10:23 PM PST

A. Firdaus - Okezone

LONDON - Andre Villas-Boas (AVB) akhirnya dipecat dari kursi kepelatihan Chelsea Minggu 4 Maret kemarin. Hal ini membuat Juan Mata mengaku sulit menerima keputusan dari pemilik Chelsea, Roman Abramovich itu.
 
Mata menjadi perekrutan anyar sejak AVB menjadi pelatih Chelsea, pada musim jendela transfer musim panas lalu. Mata direkrut setelah bermain cemerlang bersama klubnya terdahulu, Valencia. Musim ini, kehadirannya sangat menonjol, bahkan sempat mengancam posisi Frank Lampard di lini tengah The Blues.
 
Pemain Internasional Spanyol itu mengakui ini bukan perkara mudah setelah AVB dipecat dari Chelsea. Dia juga mendesak kepada rekan setimnya untuk memperbaiki situasi di Stamford Brdige.
 
"Ini bukan hari yang mudah bagi mereka, seperti saya yang merupakan bagian dari Chelsea," ungkap Mata, seperti disitat Goal, Senin (5/3/2012).
 
Pemain 23 tahun ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pelatih asal Portugal tersebut, karena telah membawanya ke Stamford Bridge. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih (AVB) dan semoga dia beruntung," ungkap Mata.
 
Chelsea untuk sementara bakal dipegang oleh Roberto Di Matteo, yang sebelumnya menjabat sebagai asisten AVB. Mata pun berharap para pemain untuk tetap bisa bekerja keras dan menemukan hasil yang lebih baik untuk ke depannya.
(fir)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan