Ahad, 4 Mac 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Mitt Romney Menang Kaukus Washington

Posted: 04 Mar 2012 03:13 AM PST

WASHINGTON - Bakal calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Parti Republik berhasil menang dalam kaukus di Washington. Romney unggul atas lawannya Rick Santorum dan Ron Paul.


Dengan sebagian besar hasil suara sudah dihitung, Romney dikabarkan menang dengan 36 persen suara. Sementara Rick Santorum dan Ron Paul hanya mendapatkan 25 persen.


Kandidat calon presiden ini nantinya akan mempersiapkan diri untuk Super Tuesday pada 7 Maret mendatang. Super Tuesday ini akan memperlihatkan 10 negara bagian melakukan pemilihan suara dalam menentukan kandidat Presiden AS dari kubu Partai Republik.


"Saya merasa senang menang di Kaukus Washington. Terima kasih untuk para pendukung atas dukungannya hari ini," ucap Romney seperti dikutip Associated Press, Minggu (4/3/2012).


"Hasil ini membuktikan bahwa Washington menginginkan pengusaha konservatif yang mengerti sektor swasta," lanjutnya.


Bakal calon dari Partai Republik memerlukan dukungan 1.114 delegasi suara, yang nantinya dinyatakan sebagai kandidat calon presiden dari Partai Republik. 


Capres Republik ini nantinya akan bertarung dengan Presiden Barack Obama untuk meraih kursi presiden November mendatang. Saat ini Romney menjadi sosok yang memimpin suara dari delegasi Partai Republik.


Sementara menjelang Super Tuesday pekan depan, Romney, Santorum, dan Paul terus mempersiapkan diri untuk berkampanye di Ohio. Hal serupa juga dilakukan oleh mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich yang akan berkampanye di kampung halamannya Georgia. 


Gingrich menilai Georgia adalah wilayah yang harus dimenangkannya bila masih ingin melanjutkan kampanye presiden. Tetapi sayangnya, Gingrich dan Santorum tidak dapat berkampanye di Virginia, karena tidak memenuhi tenggat waktu yang ditentukan. Ini tentunya menjadi keuntungan besar bagi Romney.

(faj)

Dituduh Tidak Adil, Iran Kecam Menlu Inggris

Posted: 04 Mar 2012 02:02 AM PST

TEHERAN - Penghitungan suara pemilu parlemen memang masih belum selesai. Tetapi Menteri Luar Negeri Inggris William Hague menuduh pemilu itu tidak adil. Komentarnya pun menuai kecaman.


"Pernyataan dari Menteri Luar Negeri Inggris menunjukan sikap intervensi dan tentunya mengecewakan negarawan di Inggris, karena sikap tidak bersahabatnya dengan Iran," ujar Menteri Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast seperti dikutip Trend, Minggu (4/3/2012).


Mehmanparast menuduh Hague mencoba menutupi partisipasi massa yang besar dalam pemilu Iran. Menurutnya Hague berusaha menimbulkan citra bahwa pemilu parlemen di Iran tidak berlangsung adil dan bebas.


Sebelumnya Hague mengecam cara pemilu parlemen Iran dilaksanakan. Baginya pemilu yang berlangsung Jumat 2 Maret itu, tidak adil dan bebas.


Mehmanparast pun menolak keras klaim ini. Dirinya pun mengeluarkan peringatan keras atas komentar dari Hague tersebut.


"Kami sarankan para pejabat Inggris untuk menghindari kesalahan yang sebelumnya kerap dilakukan. Mereka melupakan realitas dan proses aktif dari demokrasi yang berlangsung di Iran," tegasnya.

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan