Sabtu, 25 Februari 2012

Republika Online

Republika Online


Ingin Tubuh Ideal Pasca Melahirkan, Ikuti Yuk Tipsnya...

Posted: 25 Feb 2012 08:26 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Merupakan hal yang wajar jika terjadi kenaikan berat badan yang tak terkendali setelah kehamilan. Tentunya semua Ibu  ingin mengembalikan bentuk tubuh idealnya seperti saat masih gadis dan menjadi beautifull Mom.

Semua butuh proses Anda, dan tentunya kesabaran dan perjuangan tanpa mengurangi gizi dan nutrisi untuk si kecil. Hati-hati! Salah program dan langkah pelangsingan tubuh, Anda dapat membahayakan diri dan si kecil. Jangan terbuai dengan obat-obat pelangsing instan.

Kesuksesan program pelangsingan ini tidak hanya sampai pada Anda mendapat kembali tubuh ideal, tapi tentunya sukses dalam ksesehatan dan menyusui. Diet dapat Anda lakukan saat bayi berusia 6 bulan.


Berikut berapa tips sederhana yang bisa membantu Anda:

  1. Berikan ASI dengan teratur pada si kecil karena hal ini dapat mempercepat proses penyusutan rahim, ditambah lagi jika Anda bersedia memberikan ASI saat malam hari.
  2. Mengurus si kecil sendiri, jangan langsung diberikan kepada baby sitter.
  3. Mengatur kembali pola makan Anda, Makan 3x sehari dan tepat waktu.
  4. Lakukan senam ringan dengan melakukan gerakan menaikkan kedua kaki perlahan-lahan setinggi 45 derajat, tahan hingga hitungan ke-3 dan rebahkan perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini selama 10 menit sebanyak 3x sehari. Gerakan ini akan mengencangkan kembali otot perut dan rahim Anda.
  5. Olahraga teratur lari ritmik, 15 detik lari 15 detik jalan, lakukan selama 20 menit sehari. Kalori yang dibakar jauh lebih banyak dibanding dengan kita berlari selama 30 menit.

Yuk, Intip Khasiat Lidah Buaya

Posted: 25 Feb 2012 06:36 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Lidah buaya, mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Komponennya dengan bentuk gel yang sebagian besar adalah air mencapai 99.5% jumlah total, serta dengan total padatan terlarut hanya 0,49 %, lemak 0,067 %, karbohidrat 0,043 %, protein 0,038 %, vitamin 0,49 %, vitamin C 3,476 mg (Furnawanthi, 2002). Sedangkan kandungan gizi yang tinggi di dalamnya adalah vitamin C.

Berikut beberapa kandungan lidah buaya dan manfaatnya:

Mengurangi gula dalam darah.
Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah. Selain itu, Menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, manfaat lidah buaya telah hipoglikemik. Yaitu dapat mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada orang dengan diabetes.

Obat antiseptic & obat luka bakar
Tanaman lidah buaya daun dan akarnya mengandung saponin dan flavonoid, di samping itu daunnya mengandung tanin dan polifenol (Hutapea, 2000). Saponin ini mempunyai kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk menyembuhakan luka terbuka, sedangkan tanin dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar. Flavonoid dan polifenol mempunyai aktivitas sebagai antiseptic (Harborne, 1987).

Obat pencahar
Karena lidah buaya lateks (kuning jus diekstraksi dari lapisan luar daun) mengandung molekul dengan efek pencahar yang kuat (disebut "anthranoids"), tanaman bisa efektif dalam kasus-kasus sembelit. Manfaat ini juga diakui oleh WHO dan ditunjukkan dalam beberapa penelitian.

Regenerasi kulit
Kaya antioksidan (flavonoid, vitamin C, beta-karoten), lidah buaya akan memiliki anti-penuaan. Sebuah studi yang dilakukan di Turki 2009, menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu regenerasi jaringan kulit. Selain itu dapat memudarkan bekas luka dan garis garis putih/merah akibat kehamilan atau strecth mark, merawat luka kecil akibat teriris pisau dan tergores serta memudarkan bintik-bintik kehitaman pada kulit.

Membantu pencernaan
Penelitian telah menunjukkan gel lidah buaya mampu mengusir dan membinasakan racun dan bahan asing lainnya yang biasanya menempel pada usus. Racun dan benda asing yang menempel pada usus sangatlah berbahaya sebab mengakibatkan akumulasi limbah sehingga dapat memblokir saluran usus dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan limbah dan membantu dalam pengaturan asam. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari menderita gangguan pencernaan dan juga dapat membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi normal

Tiada ulasan:

Catat Komen