Isnin, 23 Januari 2012

Republika Online

Republika Online


Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel

Posted: 23 Jan 2012 09:34 AM PST

SPORTKU.COM - Koleksi kartu Michael Jordan milik Davi Immanuel. Mengenai latar belakang Davi menyukai kartu basket bisa disimak pada artikel Koleksi Kartu Davi Immanuel.

Dari 600 kartu yang berhasil Davi kumpulkan [300 kartu diantaranya adalah kartu Michael Jordan. Dan di antara 300 kartu tersebut, hanya ada 30-40 kartu Jordan yang memiliki tempat spesial di hati Davi], ada tiga kartu Michael Jordan andalan yang menjadi kebanggaan Davi [foto 3]. Ketiga kartu tersebut antara lain:

1. Kartu Michael Jordan Epic Signature [foto 4]
Kartu ini merupakan kartu yang langka. Tidak sedikit orang yang ingin mengkoleksi seluruh set-nya. Namun sayangnya kartu tersebut hanya cetak sebanyak 23 buah. Perihal tersebutlah yang membuat kartu tersebut mempunyai nilai jual tinggi.

Value market kartu Jordan Epic Signature tersebut sudah mencapai $8000 saat ini [harganya sudah naik berkali-kali lipat dibanding dengan harga yang dulu dibeli Davi].

Walaupun Davi bisa mengambil untung dengan menjual kartu tersebut, sayangnya Davi belum ingin melepasnya. Sekilas market value kartu yang beredar memang terdengar menggiurkan, namun Davi masih belum bisa merelakan kartunya tersebut ke pasaran.

Di antara deretan koleksi mega star Michael Jordannya itu, kartu versi MJ Epic Signature berwarna dasar putih dengan ornamen gold bergambar Jordan idolanya, menjadi kartu termahal yang pernah dimiliki Davi.

2. Kartu Exquisite Serial Number 
Bagi Davi, kartu ini merupakan salah satu kartu masterpiece, karena kartu ini merupakan salah satu kartu seri Exquisite. Selain itu serial number dari kartu ini adalah #23 [sesuai dengan nomer Jersey Michael Jordan].

Khusus untuk sport card, apabila nomer seri kartu tersebut sesuai dengan nomer jersey pemain yang bersangkutan, maka biasanya kartu tersebut berpotensi untuk berharga lebih mahal ketimbang nomer seri lain.

"Seperti kartu Exquisite Serial Number ini banyak diburu kolektor karena dirasa spesial pada nomer serinya. Sebenarnya kolektor lain banyak yang punya kartu lebih bagus, tapi kebetulan saja saya punya kartu ini", tutur Davi dengan bangga.

Kemudian kartu versi Exquisite itu sempat ditawar dengan nilai $9000. Namun sampai saat ini belum juga dilepas oleh Davi ke pasaran walaupun ia bisa mengambil untung berkali-kali lipat [karena Davi membelinya ketika value kartu tersebut masih belum berharga $9000].

3. Kartu Rookie Michael Jordan [foto 6]
Kartu ketiga favorit Davi ini merupakan kartu edisi tahun 2009 dimana terdapat tanda tangan Michael Jordan pada kartu tersebut. Kartu tersebut terbilang unik dan langka bagi para kolektor pada umumnya dan khususnya bagi Davi.

Di majalah Beckett, kartu Rookie ini termasuk kartu yang istimewa. Dari 10.000 kartu Michael Jordan yang beredar di pasaran, hanya ada 23 kartu yang dianggap bersejarah dan berhubungan erat dengan dunia kartu basket. Kartu Rookie Michael Jordan tersebut merupakan kartu yang berada di urutan pertama dari 23 kartu MJ yang bersejarah, versi majalah Beckett.

Kartu Rookie MJ tersebut merupakan kartu Michael Jordan rookie pertama yang diakui secara official di NBA [artinya tidak dibuat secara nasional di Amerika]. "Seperti kartu Jordan Rookie dengan seri lain ini dicetak secara nasional, oleh karenanya para kolektor menganggap kartu ini bukan termasuk kartu rookie," jelas Davi sambil mengangkat kartu Rookie seri lainnya.

Kepada tim Sportku.com Davi mengaku bahwa kartu Michael Jordan Rookie yang dibeli sekitar ribuan dollar beberapa waktu silam, era ini mengalami akumulasi harga hingga berkali-kali lipat. Putaran harga kartu tersebut masih di bawah $10.000.

Kisaran harga di edaran untuk kartu Michael Jordan dari mulai yang termurah adalah US $2 dan yang termahal bisa mencapai US $100.000. Kartu Rookie Michael Jordan dengan grade 10 [grade tertinggi] bisa mencapai harga $ 100.000. Sedangkan kartu yang Davi miliki baru memiliki grade 7,5.

Ketiga kartu Michael Jordan di atas merupakan kartu yang paling spesial dan favorit bagi Davi karena mempunyai nilai-nilai prestisius tersendiri. Namun selain dari ketiga kartu tersebut masih banyak lagi kartu-kartu Jordan yang tidak kalah  menarik.

Selain tiga kartu [Kartu MJ Epic Signature, MJ Exquisite Serial Number, dan MJ Rookie] yang menjadi pujaan Davi, terdapat pula beberapa kartu-kartu hebat lain yang patut disorot seperti:

1. Kartu Michael Jordan versi Triple Autograph
Kartu ini memiliki kemasan keren bergambar LeBron James, Michael Jordan, dan Kobe Bryant bersama-sama dalam satu kartu tersebut. Dahsyatnya, ada dua kartu yang singgah di Indonesia dari total 15 kartu yang beredar di dunia. Davi-pun berhasil mendapatkan salah satunya.

2. Kartu Michael Jordan Jambalaya
"Sewaktu saya membeli kartu ini masih dengan harga terjangkau sekitar $400 - $700. Sedangkan pada fase sekarang ini sudah mencapai 3-4x lipat dari harga sebelumnya di market. Perbandingan tingkat kesulitan untuk mendapatkan kartu ini dalam pack adalah 1 : 720 pack.

3. Kartu Michael Jordan Autograph [pack first release]
Kartu ini merupakan kartu jenis autograph pertama kali yang dirilis di dalam pack. Probabilitas untuk memperoleh kartu ini dalam bentuk pack adalah 1 : 340.500. Bisa dibayangkan bila masing-masing pack bernilai $2, maka berapa banyak uang yang harus anda relakan untuk mendapatkan kartu tersebut.

"Kartu ini saya sayang-sayang dan tersimpan dalam box tersembunyi karena bentuk kartunya oval. Jadi agak sulit bila disimpan dalam magnet seperti kartu-kartu biasanya. Kartu ini bergaransi asli karena memiliki sertifikat COA yang menandakan keaslian kartu ini," tambah Davi.

4. Kartu Michael Jordan Versi Jersey
Kartu ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan jersey card MJ pertama yang dibuat oleh upper deck. Perbandingan untuk mendapatkan kartu ini 1 : 2500 pack.

5. Kartu Michael Jordan Versi Jersey Autograph
Kartu versi Jersey dan Autograph Icon Michael Jordan ini merupakan produksi upper-deck yang pertama kali. Kartu ini sempat menjadi primadona dari sebagian kartu Jordan dan dibandroll dengan harga $10.000 pada tahun 1999.

6. Kartu Michael Jordan Final "Last Shot"
Kartu ini merupakan kartu hasil produksi tahun 1998, berdasarkan momen Michael Jordan ketika ia membuat tembakan terakhir, sehingga membuat Buls meraih cincin juara sekaligus menyabet label "Three-peat" kali kedua bagi Bulls.

7. Kartu Michael Jordan dan Scottie Pippen [foto 2]
Merupakan salah satu kartu yang memiliki nilai historis lebih tinggi. "Kartu ini bersejarah karena menurut saya Jordan dan Pippen merupakan tandem terbaik di NBA," tukas Davi.

Kartu-kartu koleksi yang selama ini dikumpulkan Davi tersusun rapih di kantor, dengan maksud memudahkan Davi bila ingin menilik kartu-kartu koleksinya. 

Semua kartu terjaga dengan baik karena semakin lama akan semakin sulit mencari kartu Jordan yang bagus dan rare. Selain market value kartu tersebut yang tergolong mahal, supply kartu-kartu tersebut juga semakin sedikit di pasaran.

"Saya merawat kartu-kartu saya dengan baik, dan bagi saya merawat kartu-kartu tersebut tidak terlalu sulit kok. Cukup dengan menyimpan rapih, melihatnya dan memperhatikan kondisi setiap kartu-kartu tersebut. Namun intensitas saya melihat kartu-kartu tersebut hanya bila ada kesempatan saja," terang Davi.

Dari sekian kartu yang terkumpul, masih ada kartu yang masih menjadi buronan Davi sebagai inceran pelengkap koleksi. Kartu tersebut adalah kartu Michael Jordan Jersey dengan autograph dan hanya cetak 23 edisi kartu.

Harga kartu tersebut masih dalam kategori sangat tinggi/mahal. "Ya doakan saja agar saya bisa mendapatkan kartu itu. Sampai saat ini saya belum bisa mendapatkan kartu tersebut karena harganya yang tinggi," tutup Davi usai menerangkan koleksi-koleksi hebatnya.

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Kartu Michael Jordan dengan gabungan pemain lain

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Kartu Michael Jordan dengan gabungan pemain lain

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Tiga kartu favorit Davi

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Tiga kartu favorit Davi

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Kartu Versi Epic Signature

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Kartu Versi Epic Signature

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Jenis Exquisite Limited Logos Michael Jordan

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Jenis Exquisite Limited Logos Michael Jordan

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Kartu Michael Jordan Rookie yang menjadi andalan Davi

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Kartu Michael Jordan Rookie yang menjadi andalan Davi

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Dominasi koleksi kartu Michael Jordan dianggap Davi sebagai investasi

Koleksi Kartu Michael Jordan Davi Immanuel - Dominasi koleksi kartu Michael Jordan dianggap Davi sebagai investasi

Full content generated by Get Full RSS.

Awas, Bahaya Gizi Ganda !

Posted: 23 Jan 2012 08:27 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Transisi gizi menyebabkan terjadinya masalah gizi ganda. Di satu pihak, masih banyak anak yang kekurangan gizi. Namun di lain pihak prevalensi kegemukan semakin meningkat.

Masalah transisi gizi terjadi karena banyak hal yang tidak bisa terkontrol lagi. Misalnya seperti urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, perkembangan teknologi, perubahan pola kerja, transportasi, proses pengolahan makanan, dan masih banyak lagi.

"Ini semua mengubah pola makan kita, asupan gizi juga menjadi berubah," ujar Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinis Indonesia, Prof Razak Thaha dalam Seminar Pangan dan Gizi di Jakarta, Kamis, (19/1).

Kegemukan terjadi karena konsumsi makanan yang tidak terkontrol, dan banyak mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi garam, gula, kurang buah juga bisa menyebabkannya. "Apalagi ditambah kurangnya aktivitas fisik," ujarnya.

Pola kerja yang semakin pasif, mudahnya transportasi, dan berbagai fasilitas instan juga bisa menyebabkan kegemukan. "Karena mereka jadi hidup lebih enak dan manja," katanya. Padahal, kegemukan ini bisa menjadi pemicu utama meningkatnya penyakit-penyakit tidak menular yang ada di dalam tubuh, seperti kanker misalnya.

Sebaliknya, di satu tempat yang sama pun bisa juga terjadi anak yang mengalami kekurangan gizi. Kekurangan gizi ini banyak terjadi sejak anak tersebut masih menjadi janin di dalam kandungan.

Akibatnya, berat badan bayi saat ia lahir sangat rendah, prevalensi stunting tinggi, dan pada akhirnya membuat sang anak rentan terhadap penyakit juga. "Sama dengan kegemukan resikonya, bisa memicu penyakit degeneratif ataupun penyakit yang tidak menular lainnya," kata Razak.

Untuk mencegah jangan sampai terjadi permasalahn gizi ganda ini, menurutnya cara yang paling tepat adalah dengan pemenuhan gizi seimbang. "Terutama pada seribu hari pertama kehidupan anak," tegasnya.

Dengan pemenuhan gizi seimbang, meningkatkan pengetahuan, memperbaiki sikap dan perilaku menjadi bergaya hidup sehat, bisa efektif dalam mencegah kasus gizi ganda seperti ini. Gizi seimbang mencakup makan makanan yang beraneka ragam, pola hidup bersih, pola hidup aktif dan olahraga, serta memantau kesehatan secara teratur.

Pemenuhan gizi seimbang ini, perlu dilakukan sejalan dengan siklus hidup, mulai dari ibu hamil hingga nanti saat lanjut usia.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Komen