Sabtu, 29 Oktober 2011

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Ragam Cara Cegah Tulang Keropos

Posted: 29 Oct 2011 03:14 AM PDT

Lifestyle » Fit and Beauty » Ragam Cara Cegah Tulang Keropos
Sabtu, 29 Oktober 2011 - 17:14 wib

DALAM keadaan normal, seseorang akan kehilangan 0,9 persen tulangnya setiap tahun. Namun pada wanita setelah mengalami menopause di usia 40–50 tahun,akan terjadi kehilangan tulang 2–4 persen per tahun akibat menurunnya hormon estrogen.

Sementara pada pria, akan terjadi pada usia 50–60 tahun dengan terjadinya andropause akibat berkurangnya hormon testosteron. Simak beberapa cara mencegah tulang keropos, berikut ini:

Konsumsi kalsium yang cukup

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, perlu diperhatikan produk pangan yang disantap. Salah satu sumber kalsium yang cukup baik adalah susu. Dua gelas susu sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Kalsium juga banyak terdapat di kacang kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang lainnya.

Banyak terpapar vitamin D

Vitamin ini mampu memelihara kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dari sistem pencernaan, serta mengurangi pembuangannya dari ginjal. Kebutuhan vitamin D yang normal per hari adalah 400 mg. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan (salmon dan sarden), kuning telur, hati, susu, keju, dan produk olahan susu lainnya.

Rutin olahraga

Olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih tulang adalah dengan melakukan olahraga yang memberikan gaya tekan pada tulang, gaya renggang, dan gaya pelintir. Gaya tersebut dapat merangsang pertumbuhan tulang sehingga tulang menjadi sehat. Anda dapat mencobanya dengan bersepeda, joging, jalan kaki, atau naik turun tangga.

Selalu hidup sehat

Selain dengan mengonsumsi kalsium, vitamin D, dan berolahraga, akan lebih baik bila Anda mencoba hidup sehat dengan menghentikan kebiasaan merokok. Rokok, kopi, alkohol, teh, dan minuman bersoda dapat menghambat penyerapan kalsium. Sebaliknya, konsumsilah makanan bergizi yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

(Koran SI/Koran SI/ftr) Full content generated by Get Full RSS.

Ingin Tetap Bercinta, Alasan Jane Fonda Olahraga

Posted: 29 Oct 2011 02:40 AM PDT

Lifestyle » Fit and Beauty » Ingin Tetap Bercinta, Alasan Jane Fonda Olahraga
Sabtu, 29 Oktober 2011 - 16:40 wib

Fitri Yulianti - Okezone

JANE Fonda mengajak wanita seusianya untuk tetap bergerak aktif dalam rangka berhubungan seks. Caranya lewat olahraga dan gaya hidup sehat.

Aktris 73 tahun tersebut tahu bahwa tidak semua orang masih tertarik bercinta seiring bertambahnya usia. Karena itu, ia menganggap penting untuk wanita seusianya tetap sehat dan aktif.

"Anda harus menginginkan seks, tapi banyak orang tidak demikian. Seks hal yang menyenangkan," katanya, seperti dilansir Showbizspy, Sabtu (29/10/2011).

"Anda memang tidak harus menginginkan seks ketika usia semakin tua, tetapi jika Anda menginginkan seks, Anda harus tetap bergerak aktif. Anda harus tetap sehat dan merasa baik tentang diri Anda," imbuhnya.

Wanita yang telah menikah tiga kali ini sebelumnya mengatakan, ia kini lebih menikmati seks meski sudah tua. Ia juga menandaskan lebih bahagia berkat gaya hidup aktif dan pemahaman tentang kehidupan.

"Saya sudah di atas 70 tahun dan secara fisik tidak merasa begitu baik karena saya sakit. Tapi, saya bahagia berkat seks yang lebih baik dan saya mengerti kehidupan yang lebih baik. Saya tidak ingin menjadi muda lagi," tegasnya.

Wanita dengan julukan Ratu Olahraga ini mulai meluncurkan video olahraga pada 1980-an. Sejak itu, ia memfokuskan aktivitas pada kampanye sehat dengan melakoni diet sehat. Jane mengungkapkan beberapa hal yang menurutnya membuatnya terlihat menarik di usia tua.

"Aku berutang 30 persen pada gen, 30 persen kehidupan seks yang baik, 30 persen karena olahraga dan gaya hidup sehat dengan nutrisi tepat, dan 10 persen sisanya saya ucapkan terima kasih kepada dokter bedah plastikku," tutup pemilik 24 video kebugaran ini.

(ftr) Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan