Khamis, 2 Jun 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


PM Jepang Bebas dari Mosi Tidak Percaya

Posted: 02 Jun 2011 04:01 AM PDT

TOKYO - Perdana Menteri Jepang Naoto Kan akhirnya bebas dari ancaman mosi tidak percaya dari pihak Parlemen Jepang. Sebanyak 293 anggota parlemen memberikan suara menolak pemberian mosi tidak percaya, sementara 152 lainnya menerima.


Sebelumnya pihak oposisi mengajukan mosi tidak percaya pada hari Rabu 1 Juni kemarin dan membutuhkan suara mayoritas untuk mewujudkan hal tersebut di parlemen. Namun pihak oposisi seperti tidak mendapatkan dukungan besar. Demikian diberitakan CNN, Kamis (2/6/2011).


Mosi tidak percaya itu diusulkan atas kinerja pemerintah dalam hal ini Perdana Menteri Naoto Kan, yang dianggap gagal menangani krisi nuklir yang dipicu oleh gempa dan tsunami yang melanda Maret lalu. Bila saja mosi tersebut disetujui, Kan diharuskan mengundurkan diri dalam waktu 10 hari.


Nyatanya, hari ini dirinya bisa bernafas lega karena mosi tidak percaya itu tidak berhasil diloloskan. Sebelumnya partai oposisi, yakni Partai Liberal Demokrat mengajukan mosi tidak percaya bersama dengan dua partai kecil lainnya.  


Meskipun Partai Demokrat Jepang yang mengusung Kan masih berkuasa di parlemen, tetap saja banyak para pejabat partai yang khawatir atas kepemimpinan Kan.


Gempa berkekuatan 9,0 skala richter dan disertai tsunami memang memporakporandakan Jepang. Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi mengalami kebocoran dalam bencana ini. Sekira 80 ribu warga langsung dievakuasi pasca kebocoran reaktor dari PLTN tersebut.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

India Perkuat Aparat Keamanan Afghanistan

Posted: 02 Jun 2011 03:04 AM PDT

NEW DELHI - Menteri Pertahanan India AK Anthony menyatakan pihaknya akan memperkuat kemampuan Aparat Keamanan Afghanistan.

Kepastian ini diutarakan India setelah Anthony melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Afghanistan Abdul Rahim Wardak.

India dan Afghanistan saat ini memang menjadi mitra yang cukup dekat. Keadaan Afghanistan yang saat ini masih dalam proses pembangunan dan rekonstruksi, membuat kedua negara memperluas kerja sama mereka. Demikian diberitakan TOLOnews, Kamis (2/6/2011).

Kedua negara itu juga akan memerangi terorisme yang ada di kawasannya. Kunjungan Wardak ke India menandakan adanya sebuah kerja sama bilateral antardua negara itu.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) menyambut baik kesediaan India yang membantu Afghanistan dalam membangun kemampuan di bidang keamanan.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan