Ahad, 22 Mei 2011

Republika Online

Republika Online


Ini Dia Penemu Minuman Segar, Bubble Tea

Posted: 22 May 2011 08:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Bubble tea adalah minuman yang menyegarkan. Teh segar yang dicampur dengan jelly warna hitam kemudian diblender. Tahukah Anda siapa penemu minuman ini?

Banyak spekulasi beredar di internet soal siapa yang menemukan bubble tea. Tapi di antara spekulasi itu ada satu gerai teh dan pemiliknya yang umumnya diterima sebagai penemu minuman maknyuss ini.

Anda bisa menemukannya kalau Anda singgah ke Chun Shui Tang tea house di Taichung, Taiwan. Pendiri Chun Shui, Liu Han-Chieh, dikenal di negaranya sebagai perempuan yang menemukan bubble tea.

Bagaimana ceritanya: Menurut Han-Chieh, ide membuat bubble tea datang padanya di awal 1980-an. Ia mengunjungi Jepang dan di sana ia melihat banyak minuman kopi yang diseduh dingin. Padahal, kopi kan terkenal karena diseduh panas atau hangat.

Han-Chieh kemudian mencoba minuman teh yang disajikan dingin. Pada 1988, manajer pengembangan perusahaannya, Lin Hsiu Hui, saat rapat membuka makanan pencuci mulutnya. Makanan itu adalah puding khas Taiwan yang terbuat dari tepung tapioka dengan rasa manis.

Hui, iseng, menyampur potongan puding itu ke dalam es teh Assamnya dan meminumnya. Inilah, sepanjang sejarah, cikal bakal minuman bubble tea yang terkenal dan banyak gerainya di pertokoan.

"Semua orang di rapat itu menyukai campuran teh dengan puding tapioka itu. Kami memutuskan mencoba menjualnya di gerai teh kami. Hasilnya fantastis. Teh kami ludes dalam waktu singkat," kata Hui.

Bahkan setelah 20 tahun, kini bubble tea menyumbang pemasukkan 80-90 persen di gerai teh Hui dan menjadi minuman kebanggaan Taiwan. Sekarang, kedai bubble tea bisa ditemui di sudut-sudut jalan di Taiwan. 'Virusnya' menyebar ke Jepang, Korsel, Cina, bahkan Indonesia.

Tapi ada yang berbeda dengan gerai bubble tea milik Hui. Bila sekarang banyak gerai yang memblender teh tersebut, maka Hui lebih memilih mengaduknya secara manual. Ini, kata dia, untuk membangkitkan rasa khas dari teh dan campurannya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Apa Itu Tang Kwe?

Posted: 22 May 2011 06:30 PM PDT

Tang Kwe atau sering juga disebut Tangkue adalah manisan yang dibuat dari Labu Putih atau Bligo.

Bligo sendiri adalah jenis labu besar, berkulit sangat keras tetapi dagingnya renyah dan banyak mengandung air. Warna kulitnya hijau gelap dengan daging buah berwarna putih bening.

Setelah dikupas dan dipotong dadu panjang seperti telunjuk, daging labu kemudian dimasak dengan gula, dan dikeringkan. Sedemikian rupa sehingga didapat manisan Tangkue yang garing dan manis sekali.

Tang Kwe, dapat dibeli di supermarket besar atau dipasar tradisional khususnya di toko yang menjual aneka manisan.

Halaman ini kerja sama Republika Online dengan Natural Cooking Club.  

Resep di blog Anda ingin tampil di sini? Silakan kirim link-nya ke alamat email hikmah@rol.republika.co.id

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan