Sabtu, 9 April 2011

Republika Online

Republika Online


Pendampingan Orang Tua Kunci Sukses Hadapi UN

Posted: 09 Apr 2011 11:12 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengimbau para orang tua memberikan perhatian lebih kepada anaknya yang akan ikut Ujian Nasional (UN) 2011. Kepala Disdik DKI Jakarta, Taufik Hadi Mulyanto, menyebut salah satu kunci kesuksesan siswa dalam menghadapi UN selain belajar adalah pendampingan orang tua.

Ia menyatakan, sepekan menjelang UN, setiap orang tua harus meningkatkan perhatian kepada anaknya. Dengan begitu, sang anak bisa terpacu dari segi psikologis dan emosional. Sehingga yang bersangkutan bisa lebih siap dan tenang, serta terpacu menghadapi UN.

Dampaknya berpengaruh terhadap rasa kepercayaan dirinya dalam mengerjakan soal UN. "Orang tua harus terus mendampingi anaknya agar dapat bimbingan eduktif. Semakin dekat hari pelaksanaan UN, bimbingan orang tua harus semakin meningkat," kata Taufik, Ahad (10/4).

Pelaksanaan UN tingkat SMA dimulai tanggal 18 sampai 21 April mendatang, SMK pada 18 sampai 20 April, SMP 25 hingga 28 April, dan SD dihelat 10-12 Mei mendatang. Sebanyak 122.139 siswa Di DKI Jakarta akan mengikuti UN tingkat SMA. Terdiri sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 53.937 siswa, madrasah aliyah (MA) 4.679 siswa, sekolah menengah kejuruan (SMK) 63.382 siswa, dan SMA luar biasa (SMALB) sebanyak 141 siswa.

Kunci kelancaran siswa dalam mengerjakan soal UN, kata Taufik, tidak semata penguasaan pada materi mata pelajaran. Tapi, aspek nonteknis, seperti kondisi psikologis siswa juga berperan besar dalam kelancaran mengerjakan soal. "Salah satu kesuksesan siswa dalam menghadapi UN selain belajar adalah pendampingan orang tua. Hal ini harus diketahui para orang tua," katanya.

Menurut dia, dengan persiapan matang maka tumbuh dalam diri siswa kepercayaan untuk mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, jika muncul bocoran soal maupun jawaban maka tak akan terpengaruh. "Saya harap siswa lulus dengan mengedepankan cara-cara jujur. Tidak malah sibuk mencari bocoran soal, apalagi bocoran jawaban," harap Taufik.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

WNA Australia Terpidana Seumur Hidup Bakal Menikah di LP Kerobokan

Posted: 09 Apr 2011 11:08 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Martin Eric Stephen (34), terpidana seumur hidup kasus penyelundupan 8,9 kg heroin ke Bali berencana akan melangsungkan pernikahannya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Denpasar, Kerobokan Kuta, Bali. "Rencananya akan dilangsungkan proses pemberkatan pernikahan Martin pada Senin (11/4) di gereja dalam lapas, mungkin sekitar pukul 10.00 Wita," kata Kepala Lapas Denpasar Siswanto melalui telepon genggamnya, Ahad.

Siswanto mengatakan, sebelumnya terpidana seumur hidup itu sudah mengajukan permohonan untuk bisa menikahi wanita yang juga asal Australia. Calon istri Martin tersebut diketahui bernama Christine. "Sudah dua bulan yang lalu Eric mengajukan permohonan untuk menikah di lapas, dan baru bulan ini akan direalisasikan," ujarnya.

Siswanto mengatakan, di Lapas kelas II A Denpasar ini sudah tiga kali melaksanakan prosesi pernikahan para narapidana. "Dengan rencana pernikahan Martin ini berarti sudah ketiga kalinya di Lapas ada kegiatan prosesi pernikahan," ungkapnya.


Martin Eric Stephen merupakan terpidana seumur hidup kasus penyelundupan 8,9 kg heroin ke Bali dari Australia.

Saat itu Martin ditangkap ada 17 April 2005 di Bandara Ngurah Rai Bali bersama delapan anggota Bali Nine lainnya, yakni Tan Duc Tanh, Mattew James Norman, dan Michael William Czugaj yang juga merupakan terpidana seumur hidup.

Sementara rekan Martin lainnya yakni Rena Lawrence merupakan terpidana 20 tahun, serta Myuran Sukumaran, Andrew Chan, dan Schott Anthony Rush yang merupakan terpidana mati.

Eric dijatuhi hukuman seumur hidup oleh PN Denpasar pada 14 Februari 2006 dan dikuatkan oleh putusan Pengadilan Tinggi Denpasar pada 27 April 2006. Mahkamah Agung menolak kasasi Martin pada 6 September 2006.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen