Ahad, 20 Februari 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Bank Indonesia Wacanakan Rating Kredit UMKM

Posted: 20 Feb 2011 01:34 AM PST

PADALARANG - Bank Indonesia (BI) mewacanakan akan memberlakukan rating kredit untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendorong intermediasi sehingga nanti bank tidak ragu lagi untuk membiayai sektor ini.

"Ini bagian dari upaya kita mendorong intermediasi, untuk menghilangkan asymmetric information. Sehingga kita sedang merintis upaya rating maupun credit scoring, supaya bank itu tidak ragu lagi nantinya membiayai kredit UMKM, apabila sudah bisa melihat risiko di sektor itu" ungkap Peneliti Utama Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI Suhaedi di acara workshop wartawan ekonomi di Hotel Mason Pine, Bandung, Sabtu (19/2/2010).

Lebih lanjut dia menambahkan nanti dalam rating kredit UMKM ini akan ada database yang penting memberikan gambaran tentang resiko UMKM tersebut. "Nantinya ada semacam database, yang penting memberikan gambaran gimana sih profil risiko dari UMKM," tambahnya.

Dia juga menjelaskan dengan adanya rating ini bank memiliki pemahaman dan mitigasi resiko yang lebih bagus sehingga tingkat kredit macet (non performing loan/NPL) bisa terkendali.

"Iya, intermediasi akan lebih terdorong. Kedua, bank-bank akan lebih memiliki pemahaman dan mitigasi risiko lebih bagus. Dengan mitigasi yang lebih bagus diharapkan NPL bisa terkendali," imbuhnya.

Namun ketika ditanya kapan akan dilaksanakan dia mengatakan kalau ini masih dalam proses pembangunan sistem dan dirinya belum mengetahui kapan bisa terealisasi. "Masih dalam proses pembangunan sistemnya. Perlu kerja sama dengan instansi terkait lainnya," pungkasnya.(wdi)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lusi Tetap Ngotot Tak Mau Buka Jahitan Mulut

Posted: 20 Feb 2011 01:27 AM PST

JAKARTA - Eet dan Lusi, dua warga RT 16/09, Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, yang melakukan aksi jahit mulut masih menjalani perawatan di IGD RS UKI, Jakarta Timur.

Pantauan okezone di lokasi, Minggu (20/2/2011), keduanya sedang tertidur dalam satu kamar dengan posisi tempat tidur yang bersebelahan.

Eet (45) sudah menjalani operasi pembukaan jahitan di mulutnya, sedangkan Lusi (53) belum bersedia dibuka jahitannya. Belum jelas mengapa Lusi masih enggan membiarkan jahitan di mulutnya di buka.

Keduanya hingga saat ini dalam keadaan tak sadarkan diri dan terus dalam pengawasan dokter.

Eet dan Lusi dibawa ke rumah sakit siang tadi sekira pukul 12.20 WIB. Kondisi keduanya semakin memprihatinkan. Seorang warga menuturkan, siang tadi napas Eet dan Lusi sudah terengah-engah. Tak ingin mengambil risiko, keduanya langsung dilarikan ke RS.
(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan