Ahad, 20 Februari 2011

Sindikasi celebrity.okezone.com

Sindikasi celebrity.okezone.com


Pajak Nol Persen karena Minimnya Film Lokal

Posted: 20 Feb 2011 10:29 AM PST

JAKARTA - Rencana pemerintah untuk tidak mengenakan pajak kepada film lokal karena pemerintah ingin meningkatkan produksi film nasional.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, mengungkapkan dalam rapat kabinet akhir tahun 2010 lalu dirinya telah melapor kepada Presiden SBY mengenai lesunya produksi perfilman nasional.

Dalam catatannya, mulai tahun 1992 terdapat 41 tahun film nasional. Tahun 1998 karena krisis moneter drop menjadi hanya 11 film. Yang terparah di tahun 2001 yang hanya terdapat empat film saja. "Gairah perfilman saat itu seperti tidak ada," katanya, dalam jumpa pers di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, Minggu (20/2/2011).

Kemudian tahun 2004, pemerintah mulai menangani masalah ini secara serius dan melalui pemikiran serius, pergerakan serius. "Kita undang presiden, wapres, duta besar, kita ajak nonton film. Dan sekaarang di tahun 2010 film kita sudah mencapai hingga 70-an lebih. Tahun ini (2011-red) akan ada 100 film. Dari 100 itu banyak yang sudah bagus, dengan tema kepahlawan, bela negara, film anak-anak, tentang kebangsaan, religius, dan masih banyak juga film pocong2, itu perkembangan film kini," paparnya.

Selain itu, selesainya undang-undang perfilman juga ikut mendorong meningkatnya jumlah produksi film. "Tinggal dikerjakan," ujarnya.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Rabu, Menbudpar Panggil Importir Film Asing

Posted: 20 Feb 2011 10:03 AM PST

JAKARTA - Setelah tidak mengenakan pajak terhadap film lokal, pemerintah akan tetap mengenakan pajak terhadap film asing, hanya saja pemerintah berjanji tidak akan memberatkan.

Sampai saat ini belum terdapat kesepakatan antara pemerintah dan distributor film asing mengenai angka berapa persen pajak yang akan dikenakan.

Untuk itu, pemerintah melalui kementerian kebudayaan dan pariwisata berencana memanggil importir film-film asing ke kantor kementerian kebudayaan dan pariwisata, Rabu 23 Februari besok.

"Sedangkan film import, kita bahas. Habis itu hari Rabu kita akan undang importir film. Negeri ini milik kita semua, ajaklah, para eksportir dari sana, berpikir tentang Indonesia, apa yang terbaik," ungkap Menbudpar, Jero Wacik Minggu (20/2/2011).

Jika mendapatkan titik temu, maka kebijakan pajak film asing nanti akan menjadi satu paket dengan film lokal yang rencananya akan tidak dikenakan pajak.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan