Khamis, 6 Jun 2013

detikcom

detikcom


Banyak Narkoba Jenis Baru, BNN Sosialisasi Pencegahan ke Pelajar

Posted: 06 Jun 2013 01:03 PM PDT

Jumat, 07/06/2013 03:03 WIB

Jakarta - Perkembangan jenis narkoba begitu pesat, Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat hampir tiap tahun muncul narkoba jenis baru. Kemunculan narkoba bentuk baru ini tentulah sangat berbahaya bagi masyarakat yang awam.

Untuk mencegah hal tersebut BNN selalu melakukan sosialisasi terutama untuk kalangan pelajar. Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah penyalahgunaan narkoba bagi masyarakat.

"Banyaknya jenis baru dari narkoba, bukan tidak mungkin si penjual akan bilang bahwa ini suplemen supaya lebih banyak yang tertarik", ujar Kasie Rehabilitasi BNN Retno, dalam siaran persnya kepada detikcom, Kamis (6/6/2013).

Retno menjelaskan, upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba merupakan hal paling penting dalam pemberantasan narkoba. Sebab Indonesia dianggap pasar yang basah bagi para produsen dan bandar-bandar narkotika.

"Kita berharap, dengan pemahaman dan pengetahuan bahaya narkoba, para pelajar dapat membentengi dirinya dan menjauhi narkotika", imbuhnya.

Menurutnya, selain upaya pemberantasan melalui para penyelidik dan kepolisian, kegiatan sosialisasi ini juga akan terus dilaksanakan di berbagai tempat di seluruh Indonesia dalam rangka mewjudkan program indonesia bebas narkoba.

"Pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika sekarang ini sudah masuk pada tingkat SMP. Kira-kira 1 dari 5 siswa itu sudah pernah mencoba. Maka pencegahan harus sejak dari dini", pungkasnya.

Sedang Bermain Ayunan, Bocah 3 Tahun Diculik. Selengkapnya di "Reportase Pagi", pukul 04.28 - 05.30 WIB, hanya di TRANS TV

(rvk/mpr)


Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

Pengelola PRJ: Mindahin PRJ Itu Tidak Gampang

Posted: 06 Jun 2013 12:02 PM PDT

Jakarta - Pemprov DKI berencana untuk memindahkan lokasi Pekan Raya Jakarta (PRJ) dari JIExpo Kemayoran ke Lapangan Silang Monas. Apa tanggapan pihak JIExpo selaku pengelola PRJ saat ini?

"Itu kan masih wacana, pemda mau pindahkan karena pemda berpikir kalau pemda ingin memberikan yang lebih bagus untuk masyarakatnya. Cuma untuk memindahkannya tuh nggak gampang, seperti yang saya sampaikan tadi, untuk membuat satu pameran UKM itu nggak gampang, pemerintah mau nggak siapin APBDnya, duite Sopo? yang mau dateng siapa?" ujar Direktur Marketing JI Expo Ralph Scheunemann kepada wartawan di arena PRJ, Kamis (6/6/2013).

Meski menilai tak mudah, Ralph mengatakan pemindahan PRJ ke lokasi lain bukanlah hal tidak mungkin. Asalkan pemprov DKI mau memberikan anggaran penuh bagi penyelenggaraan PRJ di lokasi lain seperti Monas.

"Saya nggak bilang itu tidak mungkin. Itu bisa asal ada dukungan dan budget dari pemerintah. Apalagi dikatakan mau gratis dan lain lain, jadi pihak swasta yang mau jalankan dari mana?" tuturnya.

Seandainya PRJ pindah ke Monas tahun depan, JIExpo tetap menggelar pameran. Ralph setuju dengan rencana pemprov yang ingin PRJ lebih banyak diisi oleh UKM.

"Seandainya pindah kita juga akan membikin acara sendiri tetep jalan bersama, bahkan kalau pemerintah mau bikin konsentrasi untuk UKM malah bagus. Disini bagus, disitu bagus itu yang saya sampaikan ke Pak Ahok. Tapi kan harus nentuin tempat, untuk tempat saya bisa bilang itu urusan kedua, bisa pindah ke lapangan banteng, atau Ancol, Ancol mau nggak tuh ngasih tempat? kan saham DKI besar," paparnya.

Ralph juga menilai pameran UKM itu akan hidup jika dibarengi dengan pameran lainnya. Sebab selama ini pameran yang hanya fokus pada UKM sepi peminat.

"Saya rasa UKM itu hidup kalau you bikin pameran stand alone UKM ngga ada yang mau dateng. Itu saya juga ngomong sama Pak Ahok kalau bikin pameran itu nggak gampang, dengan kombinasi yang menarik ini, dengan mereka-mereka yang swasta ini itu mendukung mereka secara tidak langsung, pengunjung datang melakukan transaksi," katanya.

"Coba saja bikin pameran UKM sendiri you bisa lihat deh siapa yang mau datang kalau isinya hanya sorry to say kerak telor gitu tok, kaya Inacraft itu cuma lima hari itu saja cuman ibu-ibu yang datang. Karena itu sudah saya bilang ini adalah pameran yang bagus," tutupnya.

Sedang Bermain Ayunan, Bocah 3 Tahun Diculik. Selengkapnya di "Reportase Pagi", pukul 04.28 - 05.30 WIB, hanya di TRANS TV

(mpr/mpr)

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan