Jumaat, 3 Mei 2013

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Kebakaran Los Angeles Meluas Cepat

Posted: 04 May 2013 02:30 AM PDT

Kebakaran Los Angeles Meluas Cepat

Sabtu, 4 Mei 2013 | 09:30 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Kebakaran di area Los Angeles, California, Amerika Serikat, meluas dari semula 10 hektare langsung menjadi 18 ribu hektare dalam waktu kurang dari setengah hari, Jumat (3/5/2013) waktu setempat, atau Sabtu (4/5/2013) pagi waktu Indonesia. Ledakan luas area kebakaran ini mengancam 4.000 rumah warga.

Api mulai muncul Kamis (2/5/2013) pagi waktu setempat, dan merusak 15 rumah warga, 15 bangunan luar, dan lima properti komersial, tanpa ada kerusakan total maupun korban jiwa. Namun perkembangan kebakaran yang berlipat kali dalam waktu sangat cepat membuat otoritas kota setempat memerintahkan evakuasi wajib pada Jumat sore bagi warga County Ventura di kawasan elite Hidden Valley.  Lokasi wilayah ini berada di sisi barat laut Los Angeles.

Api yang menjalar cepat karena udara kering dan angin kencang, pada hari kedua kebakaran mengancam lebih dari 300 properti komersial dan 50 bangunan lain. Kebakaran yang kerap disebut 'Kebakaran Musim Semi' sudah hampir masuk level di luar kendali County Ventura. Lebih dari 950 titik kebakaran telah terjadi dan hanya 20 persen yang bisa ditangani aparat setempat.

Pemerintah Federal menyediakan alokasi untuk menutupi 75 persen biaya pemadam kebakaran tersebut, menurut Badan Manajemen Darurat Federal. Kebakaran di County Ventura ini diperkirakan akan terus menjalar sampai ke Samudra Pasifik, menyeberangi Pacific Coast Highway yang memisahkan Pegunungan Santa Monica dengan laut.

 

Editor :

Palupi Annisa Auliani

Pesawat Pengisi Bahan Bakar Amerika Jatuh di Kirgistan

Posted: 04 May 2013 12:27 AM PDT

Pesawat Pengisi Bahan Bakar Amerika Jatuh di Kirgistan

Sabtu, 4 Mei 2013 | 07:27 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com - Sebuah pesawat pengisi bahan bakar milik Amerika Serikat jatuh di Kirgistan tak lama setelah lepas landas, Jumat (3/5/2013). Tiga awak pesawat belum diketahui nasibnya.

"Status dari tiga anggota awak tidak diketahui," ujar siaran pers Air Expeditionary Wing (AEW) 376 Amerika Serikat.  Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat pengisi bahan bakar KC-135 Angkatan Udara Amerika Serikat.

Keterangan dari Public Affairs Transit Center di Manas, berlokasi di dekat Bishkek, Kirgistan, pesawat ini dalam perjalanan menuju pusat transit ini. The Manas Transit Center adalah pangkalan udara Amerika Serikat yang menjadi pusat penyediaan pasokan kebutuhan pasukan Amerika Serikat yang bertugas Afganistan.

Pesawat diduga jatuh di kawasan pegunungan antara Chorgolu dan Cholok-Aryk, dua desa di wilayah Chuysky di kawasan utara Kirgistan. Pemadam kebakaran dan tiga ambulans sudah merespons kabar jatuhnya pesawat ini. Penyebab jatuhnya pesawat masih diteliti.

Perdana Menteri KirgistanJantoro Satybaldiev mengadakan pertemuan darurat sehubungan dengan kecelakaan itu, seperti dikutip oleh media pemerintah. Puing-puing pesawat tersebar di area dalam radius satu kilometer. Saksi mata disebut melihat ada parasut mengembang ketika pesawat jatuh, dan saksi lain menyatakan terlebih dahulu melihat ledakan yang merusak separuh badan pesawat. 

 

Editor :

Palupi Annisa Auliani

Tiada ulasan:

Catat Ulasan