Khamis, 9 Mei 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Sekjen PBB bicara dengan Menlu AS-Rusia soal Suriah

Posted: 09 May 2013 07:59 PM PDT

PBB, New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kamis (9/5), mengadakan pembicaraan telepon secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengenai Suriah.

Ban mengatakan PBB siap membantu mewujudkan penyelesaian damai di negara Arab tersebut.

Mereka membahas pernyataan yang belum lama ini dikeluarkan mengenai Suriah selama kunjungan Kerry ke Moskow, kata Juru Bicara Ban, Marti Nesirky kepada wartawan.

Kerry dan Lavrov pada Selasa (7/5) sepakat di Moskow untuk mendorong Pemerintah Suriah dan oposisi bersenjata guna menemukan penyelesaian politik bagi konflik mereka dan menyelenggarakan konferensi perdamaian internasional.

Ban juga telah mengadakan kontak pada kamis dengan Lakhdar Brahimi, Utusan Khusus Gabungan PBB-Liga Arab untuk Suriah, kata Nesirky sebagaimana diberitakan Xinhua.

"Sekretaris Jenderal dengan kuat mendorong semua pihak agar meraih peluang ini," kata Nesirky. Ia menambahkan PBB dan Brahimi akan meningkatkan upaya mengenai masalah itu.

Pada Rabu (8/5), Ban dan Brahimi, masing-masing mengeluarkan pernyataan untuk menyambut baik kesepakatan AS-Rusia mengai upaya mencari penyelesaian politik bagi krisis Suriah.

Brahimi juga telah menyeru Amerika Serikat dan Rusia agar melaksanakan kepemimpinan dan bekerja sama guna menggagas proses bagi penerapan Deklarasi Jenewa, yang dikeluarkan pada 30 Juni 2012 untuk melakukan langkah penting dalam proses politik pimpinan orang Suriah dengan tujuan mengakhiri kerusuhan di Suriah.

Menurut PBB, sebanyak 4,25 juta orang telah kehilangan tempat tinggal dan lebih dari 1,4 juta di antara mereka mengungsi ke negara tetangga --Turki, Lebanon dan Jordania-- akibat konflik yang telah menewaskan lebih dari 70.000 orang sejak krisis Suriah meletus pada Maret 2011.

Krisis tersebut belakangan berubah menjadi bentrokan bersenjata.

PBB memperkirakan sebanyak 6,8 juta orang di dalam Suriah sangat memerlukan bantuan kemanusiaan --hampir separuh di antara mereka anak kecil.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Petir lukai lebih dari 40 orang di Jerman

Posted: 09 May 2013 07:12 PM PDT

Berlin (ANTARA News) - Satu sambaran petir telah melukai sedikitnya 43 orang di sebuah pesta di timur laut Jerman, kata media lokal, Kamis.

Petir menyambar sekelompok pohon dan kemudian menghantam kotak listrik dekat sebuah danau di desa Dabel.

Insiden itu terjadi ketika sekitar 500 orang berkumpul di sana untuk merayakan Hari Ayah di Jerman.

Sebanyak 38 orang telah dirawat di rumah sakit karena luka bakar dan syok.

Tujuh orang mengalami luka parah. Beberapa helikopter terlibat dalam operasi penyelamatan, demikian laporan RIA Novosti.


Penerjemah: Askan Krisna

Tiada ulasan:

Catat Ulasan