Rabu, 13 Mac 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Putra Pekerja Rel Kereta itu Kini Pimpin Gereja Katolik

Posted: 13 Mar 2013 04:16 PM PDT

BUENOS AIRES - Kardinal Jorge Mario Bergoglio adalah seorang putra dari pekerja rel kereta api. Namun saat ini, pria berusia 76 tahun itu telah menjadi Pemimpin Gereja Katolik, menggantikan Paus Emeritus Benediktus XVI yang mundur dari jabatannya.

Sejumlah kardinal sudah memprediksi, Bergoglio atau yang saat ini menyandang nama Paus Francis itu adalah sosok yang akan menggantikan Benediktus. Pria sederhana itu dikabarkan memiliki dedikasi yang tinggi dalam isu-isu sosial dan selalu berkomitmen menghapuskan kemiskinan di dunia ini.

Lahir di Buenos Aires 17 Desember 1936, Bergoglio adalah seorang putra dari pekerja rel kereta api. Bergoglio menjadi seorang pemuka agama dari Ordo Jesuit pada saat berusia 32 tahun, tepat setelah dirinya meninggalkan studinya di bidang kimia. Demikian, seperti diberitakan Guardian, Kamis (14/3/2013).

Bergoglio berbeda dengan kardinal-kardinal lain di Vatikan, hal itu disebabkan karena dirinya tidak ternodai isu skandal. Pria yang menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires pada 1998 silam itu juga ingin menciptakan reformasi di Curia.

Sebagai seorang pemuka agama, Bergoglio mengecam keras pernikahan sejenis yang dilegalkan negaranya pada 2010 lalu. Bergoglio berpendapat bahwa seluruh bocah di dunia ini berhak diasuh oleh ayah dan ibu yang berpendidikan. Meski demikian, Bergoglio memiliki pandangan yang sedikit pragmatis terhadap kontrasepsi. Menurutnya, kontrasepsi masih diperbolehkan bila ditujukan untuk menghindari penyakit.

Pria yang hafal rute-rute bus di Argentina itu sering disebut sebagai seorang ekumenikal, Bergoglio sangat mendukung dialog lintas agama. Meski tampil sebagai sosok yang sederhana, Bergoglio pun tidak luput dari kontroversi. Bergoglio dituduh terlibat dalam insiden penculikan.

Menurut buku "El Silencio" karangan seorang jurnalis Argentina, Horacio Verbitsky, Bergoglio dikabarkan menarik perlindungannya terhadap dua pastor. Jurnalis Argentina itu mengaku mendapatkan bukti dari salah satu korban penculikan itu, Orlando Yorio, yang meninggal dunia pada tahun 2000.

Meski demikian, Bergoglio menepis tuduhan itu dan menegaskan bahwa dirinya membantu kelompok anti-pemerintah yang mengecam pemerintahan diktator di negara tersebut. Sayangnya, banyak pihak di Argentina yang kurang mempercayai bantahan Bergoglio.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Paus Francis I Berikan Doa untuk Paus Emeritus Benediktus

Posted: 13 Mar 2013 04:00 PM PDT

VATIKAN - Beberapa saat setelah terpilih sebagai Paus yang baru, Jorge Mario Bergoglio yang kini dikenal sebagai Paus Francis I memberikan pernyataan pertamanya. Dalam pernyataannya Paus Francis meminta dukungan dan doa.

Pada pidato pertamanya sebagai Paus pada Rabu 13 Maret malam waktu Vatikan atau pagi dini hari waktu Indonesia, Paus Francis I memberikan rasa terima kasihnya setelah terpilih. Dirinya juga berterima kasih kepada Paus Emeritus Benediktus ke XVI.

"Saya berdoda untuk Paus Emeritus Benediktus XVI. Mari berdoa bersama untuknya, bahwa Tuhan akan selalu melindunginya," ujar Paus Francis I, seperti dikutip Associated Press, Kamis (14/3/2013).

Setelah itu, Paus Francis meminta umat Katolik untuk mendoakan yang lain. "Mari berdoa untuk dunia agar tetap terjalin persaudaraan. Harapan saya, perjalanan gereja mulai hari ini bisa membawa berkah," tuturnya.

Francis juga berdoa agar Tuhan bisa menjaga Paus agar dirinya bisa memimpin Gereja Katolik hingga beberapa tahun ke depan. Tentunya Paus Francis mengharapkan bisa memimpin gereja untuk membawa perdamaian di dunia.

"Saya memberikan pemberkatan untuk kalian dan seluruh dunia, kepada seluruh lelaki dan perempua serta niat baik. Berdoa untuk saya dan saya akan menemui kalian secepatnya," tutur Paus Francis yang berusia 76 tahun.

Setelah mengucapkan doanya, Paus pun pamit dan masuk kembali ke Kapel Sistina di Vatikan. Dirinya pun sempat mengucapkan selamat tidur kepada warga yang menunggu terpilihnya Paus.

Bergoglio menjadi Paus pertama yang berasal dari benua Amerika dan menjadi Paus pertama yang berasa dari luar Eropa lebih dari milenium pertama. Kardinal Argentina itu memilih nama Francis, berdasarkan nama seorang pendeta Italia yang hidup dalam kesederhanaan.

Kardinal Argentina ini diketahui berasal dari imigran kelas menengah yang berasal dari Italia. Paus Francis dikenal sebagai sosok yang sederhana dan rendah hati, bahkan sempat menolak kemewahan yang pernah dinikmati Kardinal Argentina sebelumnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan