Rabu, 13 Mac 2013

Republika Online

Republika Online


Rengginang Pak Sis, Oleh-Oleh Gurih dari Borobudur

Posted: 13 Mar 2013 06:26 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak kenal dengan rengginang? Camilan renyah dan gurih asli Pulau Jawa terbuat dari beras ketan itu sangat akrab dengan lidah Kita.

Makanan ringan tradisional ini ternyata juga lama menjadi oleh-oleh khas di Borobudur. Salah satu label produk yang mendapat nama tenar di daerah ini adalah "Rengginang Pak Sis", yang pabriknya terletak di Dusun Tingal Wetan RT 06 RW 02 Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

San pemilik usaha ini, Sisriyanto (55 tahun), mulai menekuni bisnis rengginang pada pertengahan 1992. "Awalnya, saya hanya mencoba-coba, dan baru menemukan rasa yang pas enam tahun setelahnya,"tuturnya.

Kini, rengginang buatannya menjadi salah satu buruan para wisatawan yang berkunjung ke Borobudur. Meski khas Borobur, regginang Pak Sis begitu terkenal sehingga daerah pemasaran produknya bahkan merambah sampai ke Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Demak, dan beberapa daerah di Jawa Timur.

Apa istimewanya rengginang Ini? Rupanya untuk menghasilkan rengginang renyah, enak dan gurih, ada beberapa proses yang harus dilakukan.

Pertama, beras ketan mesti direndam di dalam air selama enam jam. Selanjutnya ketan dikukus lalu diberi bumbu dan rasa saat masih setengah matang. Beberapa bahan bumbu yang ia gunakan antara lain berupa garam, gula, dan terasi atau ebi.

Setelah matang, ketan hasil rebusan tadi lalu dicetak, kemudian dijemur selama tiga hari (dalam kondisi cuaca normal). Rengginang yang sudah kering akhirnya digoreng di dalam minyak panas.

Dengan tenaga kerja yang hanya berjumlah 17 orang karyawan, Sis mampu mengolah 132 kg beras ketan setiap harinya. Kapasitas produksi rata-rata yang dihasilkan sebanyak 800 bungkus yang masing-masingnya berisi 20 keping rengginang.

"Satu bungkusnya saya jual seharga Rp 4.250 untuk distributor, dan Rp 7.500 buat wisatawan yang langsung datang ke sini," ungkap Sis.

Keistimewaan lain, Pria yang hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat SMP itu, merancang sendiri peralatan industri di pabrik sederhananya, yang terletak bersebelahan dengan rumahnya.

Peralatannya beragam, mulai dari alat pengukus berukuran besar, sampai ruang oven yang digunakan untuk mengeringkan rengginang di kala cuaca mendung.

"Saya sempat memikirkan bagaimana mengirit biaya produksi, sampai akhirnya tercetus ide untuk membuat sendiri alat-alat tersebut," kata bapak dua anak itu.

Ngomong-ngomong soal rasa, cukup mantap bahkan harganya sepertinya terlalu bersahaja untuk camilan satu ini

Lewat Topi, Pria Pun Bisa Memesona

Posted: 13 Mar 2013 05:47 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Tak ada yang lebih stylish daripada seorang pria yang menggunakan topi keren dan trendi. Tidak peduli apakah ia sedang memancing, menghadiri acara olahraga atau tampil di kesempatan formal.

Aksesoris khusus kepala ini adalah satu jurus ideal untuk menguatkan figur busana Anda, namun memilih topi yang pas bisa jadi urusan cukup rumit. Mengenakan topi yang tidak cocok dengan pakaian bisa meruntuhkan penampilan alih-alih memberi kesan fantastis yang seharusnya diinginkan.

London School of Attraction memberikan tips fesyen sederhana untuk Anda, para pria penggemar topi. Satu yang perlu dipahami, topi yang keren bisa berarti dua, terlihat bagus dan terlihat istimewa.
 
Berikut rekomendasi dari London School of Attraction untuk Anda, para penggemar topi, atau bagi yang baru memulai mencoba bereksplorasi dengan toko.

Saat ini tren seputar topi tak jauh dari tiga bentuk, Fedora, Flat Cap dan The Beanie atau topi rajutan berbahan wool dengan figur membulat.

Fedora:  Paling pas mengenakan topi ini pada saat cuaca cerah kaya sinar matahari. Topi ini bakal tampil oke dengan celana pendek dan kaus, namun dia juga bisa dikenakan bersama jaket tipe pin-strip untuk memberi sentuhan rock 'n' roll. Jadilah anda tampil kasual namun smart.

Untuk mencapai efek maksimal, sedikit tarik topi fedora anda ke belakang.

Flat Cap:  Topi jenis ini cocok untuk mempermak penampilan 'easy going'. Pakai topi ini bila Anda mengenakan jins dengan jaket jas atau dengan kaus berleher rendah, dia akan memberi sentuhan akhir yang mantap. Kecuali Anda sangat percaya diri dan berada dalam acara kreatif yang membebaskan warna, sebaiknya jangan jauh-jauh dari warna abu-abu gelap atau coklat.

The Beanie :
Topi bisa menambah aksen gaya dan cocok bagi mereka yang cenderung suka 'edgy look' tampilan yang seksi, keren tapi juga 'chaos' secara bersamaan. Gunakan topi Beanie warga abu-abu atau biru dengan jaket kulit hitam, jins dan T-Shirt.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan