Jumaat, 15 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Jangan Remehkan Diabetes, Bisa Picu Kebutaan

Posted: 15 Feb 2013 05:16 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC---Karena obesitas telah menjadi problem mendunia, salah satu konsekuensi seriusnya adalah –penyakit Diabetes tipe 2- juga menjadi pandemi. Dan terdapat kekhawatiran yang meningkat sehubungan dengan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan diabetes, termasuk penyakit mata, karena jika dibiarkan tanpa perawatan, bisa menyebabkan kebutaan.

Susan Viitale adalah ahli epidemiologi yang menemukan kecendrungan global yang berbahaya ini. "Ini adalah kecenderungan yang menakutkan melihat jumlah yang terus meningkat dan masalah penglihatan juga meningkat karena diabetes," kata Viitale seperti dilansir voaindonesia.com.

Penyebab utama kebutaan karena diabetes ini adalah kondisi yang disebut diabetic retinopathy.

Ini disebabkan oleh pembuluh darah di retina, bagian mata yang mengubah cahaya menjadi impuls-impuls saraf yang membuat kita bisa melihat. Pada sebagian orang, pembuluh-pembuluh darah itu membengkak dan bocor, dan ada juga yang mengalami pertumbuhan pembuluh darah abnormal di permukaan retina. Kebanyakan penderita diabetic retinopathy ini tidak menyadari hal ini sampai pandangan mereka menjadi kabur.

"Perubahan terjadi sedikit demi sedikit, dan itu tidak berdampak pada penglihatan. Kita mungkin tidak merasakan apa-apa awalnya, sampai kita merasakan ada sesuatu yang tidak beres, dan saat itu penyakit itu mungkin sudah sangat parah," papar Viitale.

Jerry Fishman menderita diabetic retinopathy. Ia mengatakan kedua retinanya membengkak sebegitu besarnya sehingga membuatnya tidak mungkin untuk melihat dengan jelas.

Dr. David Friedman dari Johns Hopkins School of Medicine di Baltimore memimpin studi mengenai kebutaan dari tahun 1999 sampai 2002 dan dari 2005 hingga 2008. Ia mengatakan, "Faktor utama penyebab meningkatnya kebutaan adalah apabila seorang menderita diabetes selama 10 tahun atau lebih."

Para peneliti itu juga melihat pada data yang menunjukkan bahwa orang mulai mengidap diabetes pada usia yang lebih muda.

Santap Sajian Kahyangan Teppanyaki dengan Panorama Langit

Posted: 15 Feb 2013 04:01 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Lebih dari 39 tahun, Kahyangan tetap berusaha menjaga mutu dan kualitas restoran andalannya, Japanese Shabu-Shabu dengan suasana istimewa di ketinggian Jakarta. Bagi pecinta santapan Jepang tak ada salahnya memanjakan diri dan menikmati sajian istimewa dari salah satu restorannya.

Apalagi baru-baru ini, Kahyangan membentangkan sayapnya dengan membuka Kahyangan Teppanyaki Restaurant yang berada satu lantai dengan restaurant shabu-shabunya. Sesuai dengan namanya yaitu Kahyangan yang berarti 'negeri di langit', desain restoran memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan gedung-gedung dan langit di tengah Jakarta dari lantai 28 Gedung Wisma Nusantara.

Bisa dibayangkan, bukan cuma makan enak tetapi juga memperoleh pengalaman visual mengesankan. Kahyangan Teppanyaki Restaurant bisa memuat sekitar 70 orang dan menawarkan 4 ruangan Teppanyaki yang masing-masing berkapasitas 10 orang.

Dalam ruangan teppanyaki ini, Anda bisa melihat keahlian para chef dalam mempersiapkan hidangan teppanyaki secara langsung untuk menghadirkan suasana makan yang intim dan interaktif.

Khusus satu ini, Khayangan memboyong pakar dari aslanya langsung, Koki Eksekutif Jepang, Hidemaro Hodaka yang sudah mempunyai pengalaman memasak selama 35 tahun. Ia didapuk untuk mengontrol dan mengkreasikan semua hidangan teppanyaki agar sesuai dengan standar dan kualitas yang terbaik.

Ragam menu yang disajikan siap untuk menggugah selera Anda dalam paket a la carte atau set menu. Paket set menu yang paling popular adalah The Premium yang terdiri dari 9 set menu yang sudah terdiri dari appetizer berupa Canadian Lobster Sashimi, Wagyu Roll, Shisamo Hokkaido (Grilled Pregnant Fish). Toro Wasabi Stick (Grilled Tuna Belly Skewer), Kimchi dan masih banyak lagi yang disajikan berbeda-beda setiap harinya.

Tak ketinggalan. Anda akan mendapatkan salad dan sup yang berbeda-beda juga setiap harinya sebelum Anda masuk ke dalam set menu yang akan dihidangkan berikutnya.

Soal kualitas, Anda tak perlu ragu.  Kahyangan Teppanyaki Restaurant menyuguhkan daging premium pula yaitu Japanese Ohmi Beef, Wagyu M9+, US Prime Beef, dan juga beberapa hidangan seafood seperti Sea Bass, Live Canadian Lobster, Alaskan King Crab, King Prawns, Foei Gras, Salmon, dan lain-lain.

Salah satu faktor lagi yang membuat  Kahyangan Teppanyaki Restaurant spesial dan berbeda adalah bumbu-bumbu istimewa berupa Homemade Wasabi, Black Pepper Sauce, Fonzu Sauce, dan yang terakhir yaitu Himalayan Rocksalt yang rasanya begitu unik dan dapat membuat Anda ketagihan, terutama serbuk kristal garam dari pegunungan Himalaya tersebut dengan rasa asin yang lebih ringan dan sedikit manis.

Tiada ulasan:

Catat Komen