Jumaat, 4 Januari 2013

Republika Online

Republika Online


Seafood Bisa Sembuhkan Gigi Sensitif?

Posted: 04 Jan 2013 08:40 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Lem alami yang digunakan kerang untuk menempel di bebatuan diklaim dapat menjadi alternatif menyembuhkan gigi sensitif. 

Sekresi lengket makhluk laut tersebut telah mengilhami para ilmuwan untuk membuat senyawa serupa untuk memperbaiki gigi yang rusak.

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (5/1), tiga dari empat orang memiliki gigi sensitif terhadap panas, dingin, makanan manis atau asam. Kondisi ini terjadi akibat lapisan enamel luar dan dentin lembut di dalam gigi mengalami kerusakan dan merangsang saraf di dalamnya.

Permen sugar free dan pasta gigi tertentu diklaim dapat mengurangi rasa ngilu yang diakibatkannya. Namun keduanya tidak benar-benar menyembuhkan gigi sensitif.

Peneliti dari China Anhui Medical University Quan-Li Li tengah mencari suatu zat yang dapat mengembalikan baik enamel maupun dentin pada saat yang sama.

Mereka terinspirasi dari lem yang dikeluarkan kerang untuk menempel di bebatuan. Mereka menciptakan bahan dari polidopamine yang dicampur dengan kalsium dan fosfat. 

Terobosan datang setelah penelitian tahun lalu yang menunjukkan gigi manusia sama kuatnya dengan gigi hiu. Penelitian ini dapat membantu desain gigi palsu yang kuat.

Para ilmuwan membuat penemuan yang mengejutkan setelah membandingkan struktur mikro gigi manusia dan hiu. Gigi hiu memiliki interior dentin yang elastis dan lapisan luar enamel yang keras. Sedangkan manusia memiliki enamel yang jauh lebih lembut.

Penemuan ini akan membantu peneliti untuk membuat desain gigi palsu yang lebih kuat dari hari ini. "Seseorang akan bisa mendapatkan gigi palsu yang terbuat dari bahan alami dan lebih kuat," ujar peneliti dari University of Duisburg-Essen, Matthias Epple, di Jerman.

Hilangkan Lemak, Ini Dia Cara yang Gampang (2)

Posted: 04 Jan 2013 06:34 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Belum ada yang menemukan cara pasti untuk menghilangkan lemak. Tapi dengan meningkatkan metabolisme Anda melalui latihan, Anda dapat mengurangi timbunan lemak di tubuh.

Tips berikut yang dikutip dari Men's Fitness bisa menjadi panduan Anda:

Hitunglah kalori
Satu kilogram lemak di tubuh itu sama dengan 3.500 kalori. Bakar setidaknya 500 kalori per hari dengan olahraga dan makan yang benar. Maka Anda bisa menghilangkan setengah kilo per minggunya.
   
Jangan terburu-buru
Semakin cepat menurunkan berat badan, semakin kecil kemungkinan untuk bisa mempertahankan bentuk badan tersebut. Rasa lapar membuat Anda menyimpan lemak lebih banyak. Dan juga, kebanyakan yang hilang dari tubuh adalah unsur air, bukan lemak.

Perhatikan gula
Asupan gula harian yang direkomendasikan adalah 90 gram, yaitu sekitar 15 persen dari asupan energi harian Anda. Di sebagian minuman soda terdapat setidaknya 7 sampai 10 persen gula dan di susu cokelat biasa terdapat sekitar 6 persen gula. Begitu juga dengan bir yang mempunyai lebih 100 kalori per kalengnya. Jadi, mulai jauhi bir dan minuman ringan!
   

Hindari liposuction
Prosedur ini hanya mengambil lemak pada bagian atas saja, bukan lemak bagian dalam yang merupakan sumber dari penyakit di tubuh. Walaupun sel-sel lemak yang disedot keluar itu sudah hilang, bukan berarti tubuh Anda tidak akan membuat lagi yang baru.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan